1000 Pohon dari Fave Hotel Solo Untuk Merbabu

0
275

Destinasi Bandung – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan Favehotel Solo kembali mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility ( CSR ) melalui penanaman 1000 pohon di daerah rawan longsor tepatnya di dukuh Selo tengah, Rt/Rw 02/01 desa Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 28 November 2015 dimulai dari pukul 07.00 wib.

Kegiatan ini bertepatan dengan pelaksanaan hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2015.

Event kali ini diadakan bersamaan dengan perayaan ritual Petri masyarakat desa Selo yang dikenal dengan nama “TUK BABON” dimana acara ini merupakan merupakan acara tahunan warisan dari nenek moyang yang tetap dilestarikan hingga saat ini.

CSR Fave Hotel Solo
CSR Fave Hotel Solo

Ritual Petri Tuk ini digelar sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan anugerah berupa “Air” sebagai kebutuhan vital umat manusia.

Dalam ritual ini nanti ada penyembelihan hewan kambing, ayam betina,tumpengan dan kesemua prosesi ini dilaksanakan di lokasi Tuk Babon. Tuk Babon sendiri berasal dari kata Tuk yang artinya sumber air dan Babon berarti induk atau ibu. Acara diawali dengan prosesi ritual di area Tuk Babon dan pada puncak acara ini di meriahkan dengan tarian-tarian daerah.

Dalam kesempatan ini pula Favehotel bekerjasama dengan Perhutani Surakarta, Muspika kecamatan, Taman Nasional, Dinas Kehutanan, Dinas Pariwisata, Kepala Desa Selo beserta seluruh masyarakat desa Selo Khususnya para pemuda desa yang terhimpun dalam wadah karang taruna dengan nama Kompag Merbabu, yang secara bersama-sama akan melakukan kegiatan penanaman pohon di daerah rawan longsor ini. Penanaman 1000 pohon ini terdiri dari 4 spesies tanaman asli Indonesia, yaitu Glodhog pecut, Pereh, Kina dan ketapang.

General Manager Favehotel Solo, Oji Fahrurazzi dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan penanaman 1000 pohon ini merupakan bentuk keperdulian Favehotel Solo terhadap lingkungan disekitar Selo yang mana didaerah ini adalah daerah rawan longsor, disamping itu juga guna mendukung program pemerintah dalam menjaga kelestarian Alam “Go Green”, dengan keberadaan pohon yang ditanam akan dapat mengurangi efek pemanasan global dan menanggulangi bencana banjir, tanah longsor serta mengubah lahan kritis menjadi lahan produktif.

Kesan positif yang dapat diambil dari Kegiatan ini adalah melatih keperdulian kita terhadap lingkungan sekitar dengan menjaga, merawat dan tidak merusak alam demi kelangsungan hidup bersama.

Harapan kedepan kegiatan CSR peduli lingkungan dan alam akan dijadikan sebagai agenda rutin kegiatan tahunan Favehotel Solo.

Comments

Komentar Disini