Angkat Stunning Bandung, Mahasiswa Unpad Juara 1 Lomba Nasional

0
93
Founder & CEO Majalah PR Indonesia, Asmono Wikan (kiri) memberikan piagam penghargaan kepada Rianto (tengah) dan Putri Salma Suhardi (kanan)

Destinasi BandungAngkat Stunning Bandung, Mahasiswa Unpad Juara 1 Lomba Nasional . Dua mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Universitas Padjadjaran, Rianto dan Putri Salma Suhardi (Tim Astrajingga) berhasil menjadi juara 1 di ajang PR Indonesia Rookie Stars Competition yang diadakan Majalah PR Indonesia di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Acara yang berlangsung dari Rabu – Jumat, 23-25 Agustus 2017 ini merupakan salah satu rangkaian Jampiro#3 (Jambore Public Relations Indonesia ke-3) yang mengusung tema “Strengthening Public Relations for Our Nation”.

Kompetisi ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi public relations sebelum terjun ke dunia kerja. “Tujuan dari kompetisi untuk membentuk generasi PR baru yang siap berkarya dan berkontribusi bagi bangsa,” kata Asmono Wikan, founder dan Chief Editor Majalah PR INDONESIA
PR Indonesia Rookie Stars Competition adalah ajang kompetisi mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Indonesia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini para peserta harus melalui rute kompetisi yang lebih panjang dan kompetisi yang makin menantang.

Tahun ini peserta dituntut untuk mem-branding kota domisilinya dalam tiga tahap. Pada tahap pertama, peserta diharuskan membuat tiga media pitch untuk tiga segmen majalah yang berbeda, yaitu parenting, travel, dan bisnis. Dari tahap pertama ini, peserta diseleksi menjadi 20 tim. Pada tahap kedua, peserta diminta membuat social media plan mengenai kota yang telah dipilih. Pada tahap kedua ini hanya tujuh tim yang dipilih dan lolos menjadi finalis untuk berangkat ke Yogyakarta. Pada tahap ketiga, para finalis diharuskan merancang program kampanye yang mengangkat potensi kota yang telah dipilih dari babak pertama.

Tim Astrajingga mengusung kampanye Stunning Bandung yang menjadi sub-brand-nya Wonderful Indonesia. “Kami mengambil kampanye Stunning Bandung karena brand itu belum terlalu terkomunikasikan. Padahal, banyak potensi dari Kota Bandung yang bisa lebih dikembangkan jika Stunning Bandung dikomunikasikan dengan maksimal,” ucap Putri.

Tim Astrajingga awalnya tidak menyangka akan menjadi pemenang di kompetisi ini. “Kami tidak menyangka bisa menjadi juara 1, karena di tahap pertama saja ada 47 peserta yang mengikuti kompetisi ini. Tapi Alhamdulillah setelah berusaha keras kami bisa menjadi juara,” kata Rianto.

Pengambilan Kota Bandung sebagai bahan lomba juga inisiatif untuk lebih mengharumkan nama Kota Kembang ini. “Bandung itu kan kota yang ngangenin, jadi kita harus berusaha mencetuskan ide bagaimana supaya Bandung ini juga bisa lebih terkenal dan bisa menyaingi Yogyakarta bahkan Bali sekalipun,” tambah Rianto yang juga merupakan Ketua Perhumas Muda Bandung saat ini.

Sementara itu, Universitas Atmajaya Yogyakarta menjadi juara 2 dengan kampanye Yogyakarta Knows You Better dan Universitas Pelita Harapan menjadi juara 3 dengan kampanye #BanggaJadiOrangTangerang. Sedangkan finalis lainnya berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan Universitas Bakrie. Di final, tim Astrajingga Unpad merupakan satu-satunya wakil dari Jawa Barat.

Comments

Komentar Disini