Asik Sebentar Lagi Kota Bandung Punya Cable Car & LRT

0
85
Foto : facebook Ridwan Kamil

Destinasi Bandung- Kota Bandung terus berbenah untuk melengkapi infrastruktur agar terintegrasi transportasi massalnya. Setelah merampungkan teras cihampelas, Walikota Bandung Ridwan Kamil akan melakukan Ground Breaking proyek Cable Car dan LRT.

Menurut Emil sapaan akrabnya, dua proyek penting itu selangkah lagi terwujud menyusul rampungnya proses perizinan.

“Sudah saya tugaskan Pak Wakil untuk mengawal proses dokumen-dokumen prosedur perizinan. Deadline dari saya minggu pertama Agustus harus groundbreaking dua-duanya. Dua-duanya berita heboh untuk warga Bandung,” ujarnya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (5/7/2017).

Nilai investasi kedua proyek itu mencapai Rp 1,5 triliun. Emil mengaku sempat pesimis dengan progres kedua proyek tersebut lantaran terganjal masalah perizinan. Namun, seiring berjalannya waktu proses administrasi telah rampung.

“Saya juga agak males kalau optimistis bari henteu (tapi tidak terealisasi). Nah kemarin mah hasil laporan dokumen izin sudah beres rata-rata dua-duanya,”katanya.

Lebih lanjut Dia mengatakan, proyek cable car ini akan didanai sepenuhnya oleh investasi dari sektor swasta, yakni PT Aditya Dharmaputra Persada. Artinya, proyek itu tak akan menyedot APBD Pemkot Bandung.

“Cable car menurut Perpres (Peraturan Presiden) bisa penunjukkan langsung selama full investasi,”ujarnya.

Rute pertama yang akan dikerjakan oleh tim konstruksi adalah jalur Gelap Nyawang menuju Cihampelas. Sebagian konstruksi akan terintegrasi dengan Teras Cihampelas. Proyek itu juga akan difasilitasi gedung parkir yang mampu menampung banyak kendaraan.

“Kalau (nilai investasi) cable car sekitar Rp 200 juta kalau tidak salah. Pokoknya nanti ongkosnya tidak jauh dari angkot,” ucapnya.

Sementara itu, lanjut Emil, untuk proyek LRT tahap pertama akan dibangun sepanjang 8 kilometer dengan delapan stasiun pemberhentian. Rutenya dari Stasiun Bandung hingga Alun-Alun Bandung.

“Nilai investasinya Rp 1,3 triliun. Tiketnya murah sekitar Rp 7.000. Maksimal panjangnya 8 km. Stasiunnya ada delapan,”pungkasnya.

Comments

Komentar Disini