ASUS ZenFone 5, Kameranya Raih Angka 93 untuk DxOMark Photo

0
18

Destinasi BandungASUS ZenFone 5, Kameranya Raih Angka 93 untuk DxOMark Photo . Dalam sebuah perhelatan bertajuk #Backto5 yang digelar di Jakarta, ASUS resmi membawa smartphone unggulannya yang telah dinantikan oleh banyak pecinta gadget ke pasar Indonesia. Melalui seri ZenFone 5 terbarunya, ASUS berkomitmen untuk menghadirkan perangkat dengan segudang teknologi paling mumpuni yang pernah ada di Tanah Air.

Tak perlu diragukan, ASUS ZenFone 5 hadir sebagai smartphone paling canggih saat ini yang dimiliki oleh ASUS. Selayaknya sebuah masterpiece, perangkat ini diciptakan dengan kesempurnaan, mulai dari desain hingga fitur-fitur unggulan untuk memuaskan pengguna yang haus akan teknologi mutakhir.

“Nama ZenFone 5 untuk pengguna di Indonesia mungkin terdengar seperti romantisme masa lalu yang kembali digaungkan-gaungkan,” ucap Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia. “Namun percayalah, ASUS ZenFone 5 tidak hanya mengandalkan romantisme masa lalu semata, tetapi lebih dari yang Anda bayangkan. Perjalanan Backto5 merupakan sebuah pencarian akan kesempurnaan,” ucapnya.

Mahakarya dalam Desain dan Bentuk
ASUS ZenFone 5 dibuat dengan sekumpulan inovasi tinggi dari para engineer yang bekerja tidak hanya dengan skill yang tinggi, tetapi juga dengan passion luar biasa. “Oleh karena itu, kami dengan bangga dan penuh percaya diri memperkenalkan sebuah kesempurnaan terbaru dari ASUS untuk para pengguna di Indonesia,” sebutnya.

Sebuah mahakarya sudah sepatutnya dibuat dengan bentuk yang paling indah dan memukau. ASUS menyuguhkan hal itu dalam desain ZenFone 5, yang diciptakan dengan sangat elegan menggunakan material berbahan kaca yang spesial yang dibuat dengan nano molding technology (NMT), melapisi body berbahan allumunium alloy aeorspace grade di bawahnya.
Layar smartphone ini memiliki resolusi Full HD+ yakni 2.246 x 1.080 piksel. Secara keseluruhan luas penampang layarnya adalah 6,2 inci yang dikemas dalam tubuh 5,5 inci. Dibandingkan dengan smartphone full full lainya ZenFone 5 ZE620KL mempunya aspek rasio 19:9 dengan screen to body ratio 90 persen. Artinya smartphone ini hampir tidak memiliki bezel sama sekali dan terlihat sangat indah dengan notch di atasnya.

Beragam Teknologi Artificial Intelegent (AI)
Sejak pertama kali diperkenalkan pada khalayak, ASUS ZenFone 5 digadang-gadang sebagai smartphone dengan segudang kecanggihan di dalamnya. Termasuk di antaranya adalah adanya teknologi kecerdasan tiruan (artificial intelegent) pada setiap fitur-fiturnya.

“Artificial Intelegent (AI) melekat pada setiap fitur di ZenFone 5, seperti misalnya pada kamera, baterai performa, hingga ringtone,” ucap Galip. “Semua teknologi AI ini kami hadirkan untuk memberikan suguhan pengalaman penggunaan yang luar biasa kepada Anda, serta ingin menunjukkan bahwa ASUS merupakan salah satu vendor smartphone terbaik dalam hal inovasi teknologi,” ucap Galip.

Sebagai contoh, ASUS menghadirkan teknologi Artificial Intelegent pada kamera ZenFone 5. Dalam pengertian yang lebih sederhana, teknologi AI Camera pada ZenFone 5 akan meningkatkan kualitas fotografi menjadi lebih baik lagi. AI akan memanfaatkan kamampuan hardware dan software yang telah ada untuk kemudian melakukan improvisasi yang lebih maksimal dalam aspek fotografi.

“Teknologi AI camera pada ZenFone 5 memuat beberapa teknologi turunan seperti AI Scene Detection yang dapat mengenali hingga 16 skenario momen ataupun objek pemotretan secara pintar. AI akan melakukan analisa pada objek foto untuk kemudian melakukan enhance secara otomatis pada setting kamera dengan algoritma yang dimiliki untuk mendapatkan hasil foto yang lebih sempurna,” papar Galip.

Sebagai contoh, Galip melanjutkan, semisal Anda ingin memotret objek dari dekat seperti dedaunan atau hewan peliharaan. Tanpa perlu pusing melakukan setting khusus pada kamera, teknologi AI akan mengenali objek apa yang Anda ingin foto untuk kemudian membuatnya hasil fotonya memiliki saturasi warna yang pas, tajam dan jelas.

Kameranya juga masih memiliki teknologi AI lain seperti Photo Learning dan Real Time Beautification. Fitur yang pertama, AI Photo Learning, akan mempelajari karakteristik dan keunikan hasil fotografi yang Anda buat, untuk kemudian menyesuaikan tone warna foto sesuai dengan karakteristik Anda ke depannya.

Sementara Real Time Beautification mampu secara pintar membawa keunikan wajah Anda, seperti misal warna kulit dan sebagainya. Untuk kemudian melakukan enhancement pada foto selfie yang diproduksi menjadi lebih baik lagi dengan meningkatkan tone warna kulit menjadi lebih bersih dan menarik.

“Kualitas hasil foto kamera ZenFone 5 juga kini diakui oleh DxOMark, lembaga pemeringkat kualitas kamera, lensa dan hasil foto terkemuka di dunia,” sebut Galip. “Untuk ZenFone 5, smartphone ini meraih angka 90 DxO Mark Mobile dan 93 DxO Mark Photo. Hasil ini sangat baik dibandingkan smartphone-smartphone yang beredar di pasaran pada umumnya,” sebutnya.

Selain pada kameranya, ZenFone 5 juga memiki AI pada perfomance yang dinamakan dengan AI Boost. Fitur tersebut berfungsi untuk mengoptimasi performa CPU menjadi lebih baik. Melalui sebuah test yang dilakukan secara internal, score benchmark Antutu ASUS ZenFone 5 tanpa menggunakan AI Boost adalah 126.813. Sementara ketika AI Boost dinyalakan performa meningkat drastis menjadi 142.945. Adapun perfoma untuk ZenFone 5Z merupakan yang tertinggi yakni mencapai 267.587 dalam kondisi standar dan mencapai 271.360 saat menggunakan AI Boost.

“ZenFone 5 juga memiliki AI Display. Ketika Anda tidak sedang menatap layar, display akan dimatikan. Tetapi ketika Anda melihat terus ke arah layar, display akan tetap menyala,” ujar Galip.

Dukungan Performa dengan Prosesor Mutakhir
ASUS ZenFone 5 dilengkapi dengan System on Chip (SoC) Snapdragon 636, yang menawarkan performa hingga 75 persen lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625. Prosesor tersebut didukung oleh RAM sebesar 4GB ditambah dengan kapasitas memori internal 64GB.

Prosesor terbaru Qualcomm untuk segmen performance tersebut memiliki set instruksi dan teknologi fabrikasi 14nm untuk membuatnya lebih efiesien dan hemat dalam hal performa. Ada 8 buah core prosesor yang siap dan cepat menjalankan perintah ataupun instruksi yang diberikan untuk memproses sebuah informasi.

Untuk urusan grafis, ZenFone 5 memiliki dukungan chipset Adreno 509 yang performanya meningkat 10 persen lebih baik dibandingkan versi 308. Sementara sang prosesornya sendiri memiliki peningkatan 40 persen performa lebih baik dibandingkan prosesor Snadragon 630.

“ASUS ZenFone 5 juga telah dilengkapi dengan dengan teknologi quick charge dan AI Charging untuk membuat masa pakai baterainya (lifespan) bertahan lebih panjang,” sebut Galip. “Dengan baterai sebesar 3.300 mAh, perangkat ini telah di-support adapter 18W untuk memaksimalkan proses pengisian baterainya,” ucapnya.

Adapun ZenFone 5Z merupakan smartphone dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 pertama di Indonesia. “Hadirnya prosesor flagship di ZenFone 5Z akan membuat pengguna bisa menikmati smartphone kelas tertinggi, dengan harga yang relatif terjangkau di kelasnya,” sebut Galip.

Di Indonesia, ZenFone 5 dan 5Z diresmikan pada 17 Mei dalam ajang #Backto5 #BacktoLive. ZenFone 5 akan dipasarkan di harga Rp3,999 juta di masa flash sale di JD.ID dan Lazada pada tanggal 30 Mei dan 6 Juni 2018. Setelah itu ia akan tersedia di harga normal Rp4,299 juta. Adapun untuk ASUS ZenFone 5Z akan tersedia setelah pertengahan Juni mendatang, di Rp6,499 juta (versi 6GB/128GB), dan Rp 7,499 (versi 8GB/256GB).

Comments

Komentar Disini