Bagi Penyuka Kopi Bisa Gabung Nih di Manual Brew Community

0
115
Manual Brew Community

Destinasi Bandung- Bagi Penyuka Kopi Bisa Gabung Nih di Manual Brew Community. Kopi merupakan salah satu minuman yang menjadi “Icon” Indonesia di dunia. Bukan tanpa alasan, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Jika sebelumnya minuman kopi dikenal sebagai minuman sesepuh atau orang tua, kini Kopi banyak di gemari oleh kalangan kawula muda.

Terkadang kita hanya meminum tanpa bisa mengetahui ilmu dalam membuat minuman kopi itu sendiri, tentunya jika ingin mengetahui itu semua harus pintar pintar berkenalan dengan Barista, atau pemilik Coffee Shop dan bisa juga masuk ke dalam Komunitasnya. Salah satunya komunitas yang ada di Kota Kembang Bandung yaitu Manual Brew Community.

Manual Brew Community adalah komunitas kopi manual yang didirikan di Bandung, disini anda bisa bergabung bersama orang-orang yang menyukai kopi. Anggota Manual Brew Community sendiri diantaranya pemilik Coffee Shop, Barista, Home Brewer atau bahkan orang-orang yang hanya menyukai Kopi.

Manual Brew Community

MBC belum ada regionalnya, dan baru ada di Kota Bandung dengan jumlah anggota sekitar 50 orang.

Manual Brew Community (MBC) dibentuk karena kesamaan hobi, yaitu sama-sama menyukai kopi. Sebagian besar penggagas komunitas ini adalah Owner Coffee Shop dan barista yang ada di Kota Bandung. Selain kumpul, MBC merupakan wadah untuk anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Kopi yang ada di Indonesia atau di dunia. Karena di komunitas ini anda bisa saling bertukar pikiran dan juga berdiskusi.

Manual Brew Community

Selain kegiatan tersebut, MBC memiliki program tahunan, yaitu mengadakan kompetisi tingkat nasional yang digelar di Kota Bandung.

Bandung Brewers Cup merupakan nama program tahunan di Komunitas ini. Event ini merupakan event sebagai ajang pemanasan sebelum ke event tingkat Internasional.

Manual Brew Community

Bandung Brewers Cup pertama kali diadakan pada Tahun 2015 dengan jumlah peserta 48 orang, dan event kedua pada tahun 2016 diikuti 54 orang. Peserta yang mengikuti event ini dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Purwakarta, Yogyakarta, Garut, Tasik, dan masih banyak lagi. Rencananya event tersebut akan diadakan kembali pertengahan tahun 2017.

Selain event tahunan, MBC mengadakan event bulanan yang bernama collective Cupping.

Event ini diselenggarakan rutin ke setiap kedai kopi, dan sistemnya berputar. Untuk yang ingin mengikuti event ini, peserta diwajibkan membawa kopi masing-masing dan tidak disediakan. Banyak keuntungan yang didapatkan dalam kegiatan tersebut, biasanya hasil kopi yang kita buat akan dinilai kelebihan dan kekurangannya, ngobrol dan berdiskusi bersama anggota MBC lainnya. Kegiatan ini baru digelar di Kota Bandung saja.

Manual Brew Community

Untuk anda yang penasaran atau memiliki kesamaan yaitu menyukai kopi manual, Manual Brew Community tidak ada agenda khusus untuk kumpul bareng atau kumpul rutin. Biasanya Manual Brew Community akan kumpul pada saat mendekati event Collective Cupping atau Bandung Brewers Cup.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, atau ingin mendaftarkan diri sebagai anggota Manual Brew Community bisa kepoin akun sosial media Instagramnya @manualbrewcommunity atau di webnya www.manulabrewcommunity.com. Bisa datang juga dan sering-sering kumpul bareng di event bulanannya, untuk mengetahui event bulanannya bisa dilihat di Instagram @collectivecupping

Comments

Komentar Disini