Bio Farma Terus Kembangkan Life Science

0
150
Corporate Secretary Bio Farma M Rahman Rustan ( berdiri) sedang memberikan penjelasan kepada media tentang industri vaksin dan life science di Ciwidey Minggu (19/3/2017) / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung-Bio Farma Terus Kembangkan Life Science.      Ternyata pasar kesehatan di negara berkembang terus meningkat 14 persen sampai 20 persen, bahkan tahun lalu mencapai 30 persen. Sedangkan di Amerika atau negara-negara maju turun karena memang pasar farmasi lebih meningkat di negara berkembang. Di negara berkembang seperti Indonesia adalah market farmasi paling tinggi dengan populasi tertinggi ke empat terpadat di dunia. Hampir 63 triliun belanja kesehatan, ada dua negara berkembang yang perkembangannya mencapai dua digit yakni Vietnam dan Indonesia.

“Jadi negara kita jangan hanya jadi negara konsumen saja, kita harus mampu mandiri,harus mengurangi ketergantungan impor termasuk obat-obatan. Kalau kita lihat lagi di Amerika kecil pengembangan global farma marketnya,Eropa juga kecil, justru di negara berkembang termasuk di Indonesia yang sangat tinggi. Ternyata produk-produk yang besarnya adalah produk Life Sciencenya,”ujar Corporate Secretary Bio Farma M Rahman Rustan kepada awak media dalam acara Media Gathering dan Workshop Media di Glamping Lake Side Ciwidey Kabupaten Bandung , Minggu (19/3/2017)

Lebih lanjut M Rahman memaparkan, life Science adalah suatu inovasi yang lebih baik, dan memberikan kontribusi sesuatu yang akan besar kedepannya. Tahun 2030 diperkirakan akan beralih dari era digital yang akan berkembang biologikal.

“Jadi life science akan menjadi suatu gelombang baru untuk inovasi dan akan meningkatkan ekonomi dari era digital ke era biologikal,”ujar Rahman.

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang bisa dijadikan atau dikembangkan menjadi produk biofarmasetikal dan farmasi. PT Bio Farma sebagai produsen vaksin nasional tidak saja memproduksi vaksin tapi juga melakukan penelitian Melalui Forum Riset Life Science Nasional (FRLN).

“Dengan mengembangkan life science diupayakan dapat mewujudkan kemandirian produk nasional, guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Caranya dengan diselenggrakan tiap tahun. Biasanya di selenggarakan tiap bulan Agustus tahun ini sudah tahun yang ke 7. Kita sama-sama keroyokan dan bersinergi dengan perguruan tinggi, lembaga riset dan penelitian untuk mengembangkan produk-produk baru,”pungkasnya.

Comments

Komentar Disini