Biofarma Berbagi Pengetahuan Vaksin kepada Maroko dan Tunisia

0
27
Biofarma / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung-Biofarma Berbagi Pengetahuan Vaksin kepada Maroko dan Tunisia. Bio Farma dipercaya untuk berbagi pengetahuan mengenai produksi vaksin kepada institusi riset dari Maroko dan Tunisia diadakan di Bandung, dalam program “Strengthening Indonesia-Morocco – Tunisia Development Cooperation Through Reverse Linkage Program” yang akan dilaksanakan tanggal 27-30 Agustus 2018. Program ini merupakan inisiasi untuk langkah kerjasama lebih lanjut untuk pengembangan produksi vaksin.

Bambang Heriyanto, Corporate Secretary Bio Farma menyampaikan, Maroko dan Tunisia merupakan anggota dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI), sehingga dalam jangka panjang perlu mempersiapkan diri untuk kemandirian produksi vaksin di negara anggota OKI.

Pada tanggal 14 Mei 2018 yang lalu, telah diselenggarakan Launching Reception and Workshop on the OIC Centre of Excellence on Vaccines and Biotechnology Products yang dihadiri oleh kedutaan besar anggota negara OKI di Jakarta, negara Anggota OKI, Sekjen OKI, lembaga terkait OKI antara lain IDB (Islamic Development Bank), COMSTECH dan SESRIC, Kementerian dan Menteri Terkait di Indonesia, Partner di bidang kesehatan seperti Badan Kesehatan Dunia (WHO), World Bank, UNICEF, GAVI, ADB (ASEAN Development Bank), serta Konsorsium Riset Indonesia dan Direktut Utama Bio Farma, M. Rahamn Roestan dipercaya sebagai narasumber.

“Pada 27-30 Agustus 2018 nanti, Bio Farma akan menjelaskan materi tentang manajemen produksi vaksin. Program ini dapat terealisasi atas dukungan dari BAPPENAS, Islamic Development Bank (IDB) bekerja sama dengan Kemenkes, Badan POM,”ujar Bambang.

Bambang menambahkan, kegiatan berbagi pengetahuan yang didukung oleh BAPPENAS adalah upaya pihaknya dalam pelaksanaan kebijakan nasional, agar kerjasama pembangunan dapat berjalan dengan upaya kerjasama ekonomi, kegiatan ini untuk menjembatani Bio Farma melakukan kerjasama dengan Maroko dan Tunisia.

Sementara itu Head of Corporate Communications PT Biofarma ,N. Nurlaela Arief mengatakan, dalam rangkaian ulang tahun Bio Farma ke 128 tahun, yang diawali pada 6 Agustus 2018, sejumlah acara telah disiapkan yaitu ; penanangan Officer Development Program (ODP), Peresmian Competency and Potency Assessment Bio Farma (Compass Bio), Launching Contact Centre 1500810, Sosialisasi Budaya Perusahaan, Pilar Perusahaan Smart, Sharp, Synergy (3S), Pengenalan pasaukan digital Bio Farma (Biodigitroops) serta puncaknya adalah pengenalan vaksin baru yaitu Inactivated Polio Vaccine (IPV), yaitu vaksin polio yang disuntikan.

“Seperti pada tahun sebelumnya Bio Farma juga menyelenggarakan Simposium Nasional Forum Riset Lifescience pada 13 September 2018 di Jakarta dengan mengambil tema ; Keberlanjutan Riset dan Inovasi Bidang Lifescience di Indonesia,”pungkasnya.

Comments

Komentar Disini