Crowne Plaza & DLHK Kota Bandung Sosialisasi Program Kang Pisman

0
64

Bagikan Berita-Crowne Plaza & DLHK Kota Bandung Sosialisasi Program Kang Pisman. Crowne Plaza Bandung bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung menggelar sosialisasi dan pelatihan program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan sampah) di Pasteur Meeting Room pada Kamis, 7 November 2019. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Corporate Social Responsibility (CSR) hotel yang terletak di Jalan Lembong no.19 ini. Atas kepeduliannya terhadap isu lingkungan terutama sampah, Crowne Plaza Bandung pun turut melibatkan staff internal juga mengundang warga sekitar hotel untuk ikut serta agar program Pemerintah Kota Bandung ini dapat menyentuh lingkup yang lebih luas.

Program Kang Pisman adalah program pemerintah Kota Bandung dalam pengolahan sampah yang sudah berlangsung dari tahun 2018 dengan mengajak masyarakat dan komunitas untuk membangun kepedulian terhadap produksi sampah yang dihasilkan sehari-hari. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung giat mensosialisasikan bahwa perlunya kesadaran sejak dini untuk pengolahan sampah dan harus dimulai dari tingkat rumah tangga hingga industry.

Oleh karena itu DLHK sangat mendukung program CSR hotel Crowne Plaza Bandung yang berkaitan dengan Kang Pisman,
Permasalahan sampah memang tidak hanya dialami oleh rumah tangga saja, namun industri seperti perhotelan pun sangat erat kaitannya dengan produksi sampah yang tinggi. Adhi Cahyo selaku Chief Engineer Crowne Plaza Bandung menyampaikan “Untuk hotel bintang 5 seperti Crowne Plaza Bandung dalam sehari menghasilkan sampah organik rata-rata hingga 15kg dan untuk anorganik bisa mencapai 7kg per harinya. Jumlah sampah yang dihasilkan memang sangat bergantung dari tingkat okupansi hotel dan banyaknya acara yang berlangsung. Tentu dengan jumlah sampah yang dihasilkan kami merasa mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap lingkungan sekitar terutama terhadap Kota Bandung.”

Dengan tingginya produksi sampah yang dihasilkan, hotel yang memiliki total 270 kamar ini sangat terbuka dengan program pemerintah Kang Pisman yang juga dapat diaplikasikan untuk industri hotel. “Hasil akhir dari pengolahan sampah organik ala Kang Pisman ini dapat dimanfaatkan kembali oleh hotel yaitu sebagai pupuk alami untuk menyuburkan tanaman di area taman hotel dan sekitarnya. Selain itu dengan berkurangnya volume sampah yang dibuang pasti berkaitan juga dengan penghematan pengeluaran untuk budget sampah.” ujar Adhi.

Seperti pada pelatihan Kang Pisman ini, peserta juga diajarkan untuk mengolah langsung sampah organik dan anorganik dengan tujuan dapat dimanfaatkan kembali untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu tujuan program yang dijalankan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung adalah mengurangi volume sampah yang dikirim ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang seperti sudah diketahui bahwa TPA saat ini sudah penuh dan sudah melebihi batas, sehingga penting untuk melakukan tindakan pengurangan produksi sampah dengan memisahkan sampah organik dan anorganik, sehingga dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk organic, ecobrick dan lainnya.

Program CSR kedua di tahun 2019 ini dilaksanakan oleh Crowne Plaza Bandung dengan melibatkan kurang lebih 60 peserta yang terdiri dari staff internal dan juga warga sekitar. Crowne Plaza Bandung pun berkomitmen akan berperan aktif dalam menerapkan program Kang Pisman untuk menekan volume sampah yang dihasilkan setiap hari. Hal ini pun sejalan dengan program GreenEngage yang diinisiasi secara global oleh InterContinental Hotel Group kepada seluruh hotel yang bernaung di dalamnya termasuk Crowne Plaza Bandung. Program GreenEngage yang telah dilakukan Crowne Plaza Bandung diantaranya adalah penggunaan lampu LED untuk menghemat listrik, pemilihan bahan kimia yang ramah lingkungan, penggunaan sedotan berbahan kertas (paper straw) sebagai pengganti sedotan plastik, dan lain-lain.

Comments

Komentar Disini