Curug Tilu Leuwi Opat, Untuk Anda yang Senang Petualang

0
84
Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung- Curug Tilu Leuwi Opat, Untuk Anda yang Senang Petualang. Kawasan Bandung Raya kini menjadi salah satu favorit tujuan wisata alam terutama wisata air terjunnya atau biasa di sebut curug. Bagi Anda yang ingin menikmati curug atau air terjun di kawasan Bandung patut di coba untuk mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Destinasi wisata di kawasan Parongpong Bandung Barat ini merupakan perpaduan kawasan wisata yang sangat lengkap, karena banyak spot yang bisa dinikmati bersama keluarga, rekan bisnis, maupun rekan komunitas. Kawasan wisata ini sangat beragam pikihannya, mulai dari curug (air terjun), leuwi (sungai), goa, dan hutan alami yang memiliki luas lebih dari 5 hektar.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Curug Tilu leuwi opat ini berbatasan langsung dengan kebun pinus dilewati oleh aliran sungai yang menuju Curug Cimahi dari hulu Danau situ Lembang.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Keadaan alamnya yang masih sangat asri menjadikan tempat wisata di Bandung yang satu ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Bandung dan juga luar Bandung yang ingin berlibur menikmati keindahan alam.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Nama Curug Tilu Leuwi Opat sendiri memiliki arti air terjun yang terpecah menjadi tiga aliran. Tiap-tiap aliran memiliki tinggi yang terlihat bertingkat-tingkat sehingga membentuk sebuah pemandangan yang sangat indah dari bawah.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Di kawasan wisata Curug Tilu ini tidak hanya terdapat satu curug, tetapi ada 3 curug lainnya lagi. Jadi ada 4 buah curug di sini. Curug tersebut letaknya tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya. Sehingga Anda bisa mengunjungi kesemua curug itu dalam sekali berkunjung.

Curug Tilu Leuwi Opat ( Citulang) / Destinasi Bandung

Selain itu ada juga sungai atau Leuwi yang tidak kalah indahnya dengan air terjunny. Untuk mencapai Curug utama yakni Curug Tilu anda di haruskan berjalan dengan trek yang cukup keren, dengan menyusuri sungai dan juga hutan dengan durasi sekitar 40 menit. Lelah anda akan terbayarkan dengan suasana curug yang masih asri dan alami ditambah dengan gemericik air yang sangat jernih.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Sebelum kita menuju ke curug Tilu, anda akan di suguhkan dengan melintasi 4 curug lainnya dan Leuwi atau sungai di kawasan ini, seperti :

Curug Cilaki

Curug ini adalah curug yang paling kecil diantara ketiga curug lainnya. Disini Anda dapat menikmati hijaunya pemandangan alam yang ada akibat lebatnya pepohonan yang ada di sekeliling curug. Disini Anda dapat merasakan suasana yang sangat tenang, udara yang sejuk, dan pemandangan curug yang sangat indah.

Curug Citulang

Curug ini adalah curug dengan aliran air yang paling tinggi. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang ada di sini sambil merasakan sejuknya air jernih yang mengalir dari atas curug. Air dari curug Citulang muncul dari akar pohon sehingga airnya sangat jernih dan dingin.

Curug Aseupan

Curug ini berada pada ketinggian diantara dua buah ngarai yang ada di kawasan wisata alami curug tilu. Keberadaannya membentuk Aseupan (kukusan tradisional Sunda yang bentuknya menyerupai kerucut) sehingga dinamakan demikian. Curug ini sepintas mirio dengan Grand Canyon yang ada di Pangandaran.

Curug Ceret

Curug ini Curugnya tidak terlalu besar, tapi dipenuhi dengan rumpu-rumput hijau yang indah adalah salah satu ciri khas dari Curug Ceret.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Selain Curug , dikawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini terdapat beberapa aliran sungai yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Beberapa sungai bisa Anda jadikan tempat bermain air dan berenang karena airnya cukup jernih dan dangkal. Sedangkan sungai dengan aliran yang cukup deras biasanya digunakan sebagai tempat olahraga arum jeram.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Leuwi Kacapi

Sungai ini biasannya digunakan para pengunjung sebagai tempat piknik dan berfoto. Pemandangannya sungainya yang cukup indah membuat sungai ini jadi salah satu spot favorit bagi para pengunjung yang datang.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Leuwi atau Leuwi Gentong adalah sungai yang paling dangkal. Kedalamannya hanya satu sampai dua meter dan airnya juga sangat jernih. Disinilah para pengunjung bisa berenang atau bersantai di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan alam.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Leuwi Bagong

Leuwi Bagong memiliki kedalaman yang relatif sedang. Kedalamannya mencapai hingga 4 meter dengan arus yang tidak terlalu deras. Para pengunjung biasanya menggunakan sungai ini sebagai tempat bermain rakit.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Leuwi Baeud

Sungai ini adalah sungai yang paling dalam. Kedalamannya mencapai hingga 20 meter. Para pengunjung dilarang untuk berenang di tempat ini. Biasanya para pengunjung hanya datang untuk melihat-lihat pemandangannya sambil mengambil beberapa foto selfie disini.

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

 

Goa Toke dan Goa Lalay

Tidak hanya sungai dan air terjun saja, di kawasan wisata ini Anda juga bisa mengunjungi objek wisata alam lainnya yaitu dua buah Goa yang bernama Goa Toke dan Goa Lalay. Untuk bisa mencapai kedua Goa ini, dibutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan karena jalan yang harus dilewati cukup ekstrim.

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Curug Tilu terbilang cukup lengkap, disini sudah tersedia berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan

Masjid
Parkiran yang cukup luas
Toilet yang cukup bersih
Kantin atau warung tempat makanan dan minuman
Berbagai wahana permainan
Camping Ground
Beberapa wahana seru yang bisa Anda mainkan diantaranya:

Arum Jeram
Paint Ball
Shaking Bridge
Panjat Tebing
Perahu Rakit
Camping
Outbond
Flying Fox

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat terletak di daerah Ciwangun Parongpong, Kabupaten Bandung.

Alamat: Jl. Ciwangun Indah Cam, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kab. Bandung

Curug Tilu Leuwi Opat / Destinasi Bandung

Letaknya berdekatan dengan beberapa objek wisata di Bandung lainnya seperti Curug Pelangi dan Ciwangun Indah Camp (CIC). Anda juga bisa mengunjugi beberapa tempat wisata di lembang lainnya seperti Dusun Bambu.

Untuk bisa sampai di lokasi, Anda bisa mengikuti rute berikut ini:

Jika Anda dari arah Cimahi, Anda bisa memulai perjalanan ke arah Jl. Kolonel Masturi. Berkendaralah menuju ke arah Parongpong. Tidak begitu jauh Anda akan menemui jalan masuk ke lokasi yang berada di sebelah kiri jalan. Masuk ke dalam gerbang yang bertuliskan Gerbang Wana Wisata Ciwangun Indah Camp (CIC). Teruskan perjalanan sejauh 4 Km hingga sampai di lokasi Curug Tilu.

Jika Anda dari Bandung, Anda bisa berangkat dari terminal Ledeng. Ambillah jalan ke arah kiri menuju Jl. Sersan Bajuri – Kampung Gajah. Teruskan perjalanan Anda ke arah Jl. Kolonel Masturi – Parongpong. Anda akan melewati Universitas Advent, setelah lewat univ tersebut, ambil jalan ke arah Ciwangun Indah Camp. Selanjutnya sama seperti sebelumnya.
Untuk tiketnya, pengunjung di kenai biaya Rp. 10.000/orang sudah termasuk asuransi. Parkir motor: Rp. 2.000, Parkir mobil: Rp. 5.000. Jam operasional : 06.00-18.00 WIB
Kontak: 081222246821

Comments

Komentar Disini