Gabung Yuk Ke Komunitas Benua Balantik

0
27

Destinasi Bandung-Gabung Yuk Ke Komunitas Benua Balantik. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Barat hingga saat ini sudah banyak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Selain itu banyak juga yang mengalami kondisi stagnan ataupun jalan ditempat. Berdasarkan hal tersebut, maka tak lepas daripada konsep usaha atau bisnis yang diusung oleh masing-masing penggiat bisnis maupun komunitas bisnis sebagai naungannya.

Seperti di ketahui UMKM merupakan satu pondasi kuat sebagai penopang ekonomi negara. Karena pola bisnis yang dijalankan ternyata tepat menjadi ketahanan usaha/ekonomi dalam berbagai hal. Tak mau ketinggalan, negara kita Indonesia pun sangat memberikan perhatian serius terhadap pengelolaan bisnis UKM melalui lembaga pemerintah. Institusi swasta seperti perbankan misalnya, juga tak ketinggalan melihat potensi sebagai satu kekuatan terhadap produk dan layanan komunitas ini.

Salah satu komunitas UKM di Jawa Barat yang sedang berkembang adalah Benua Balantik. Komunitas UKM yang merupakan mitra binaan Universitas Padjadjaran ini adalah kumpulan dari UKM di Jawa Barat yang sebagian besar saat ini didominasi oleh UKM Bandung. Komunitas ini bekerjasama dengan beberapa inkubator bisnis, pemerintahan, serta komunitas lainnya. Sehingga jaringan usaha dikomunitas ini terbangun dan terbentuk untuk mensejahterakan bersama.

Komunitas ini didirikan atas dasar keinginan untuk meningkatkan kapasitas usaha di setiap UKM agar lebih maju dan dapat bersinergi dengan UKM lainnya sehingga terjalin sistem mutualisme dalam komunitas ini. Ketersediaan informasi bagi pelaku UKM di Indonesia khususnya di Jawa Barat baik informasi pasar maupun informasi kegiatan-kegiatan positif untuk dapat memajukan usaha yang dijalankan. Perlunya perhatian terhadap UKM tersebut maka Komunitas ini membantu para pelaku UKM untuk dapat mempertahankan produknya dan membantu perekonomian keluarga dengan produknya tersebut.

Benua Balantik sendiri didirikan dari sebuah komunitas UMKM di Kota Bandung pada tahun 2015 dengan nama Balantik. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini terus tumbuh dengan peningkatan jumlah anggota yang signifikan, hal ini terlihat dari jumlah UMKM pada satu tahun berjalan bisa mencapai 100 pengusaha. Hinnga saat ini anggota komunitas ini sudah mencapai 180 anggota yang terdiri dari produk makanan, minuman, handycraft, fashion, jasa dan kecantikan.

Pada Tahun 2017, komunitas yang terus tumbuh ini memutuskan untuk membuat perusahaan distribusi yang dapat membantu meningkatkan akses pasar para anggotanya, sehingga pihak manajemen pun mendirikan Benua Balantik Indonesia sebagai cara untuk memberi jalan distribusi para pengusaha di Indonesia.

Bagi para UKM yang menjadi anggota komunitas Benua Balantik ada beberapa keuntungan yang didapat seperti produk para anggota akan dipasarkan secara online maupun offline, mendapatkan jaringan usaha lebih luas, mendapatkan informasi seputar produknya, diikutsertakan produknya pada pameran-pameran nasional dan Internasional, mendapatkan pelatihan seminar dan workshop, mendapatkan Kartu Anggota,katalog produk, Investor dan akses permodalan.

Untuk menjadi anggota Komunitas Benua Balantik Syarat dan Ketentuannya yakni mengisi formulir Pendaftaran, WNI, mempunyai produk barang / jasa dan sudah berjalan, melampirkan foto produk serta harga reseller dan bersedia memasarkan produk anggota lain kepada buyer.

Komunitas Benua Balantik berlokasi di Bale Motekar Unpad Jalan Banda No.40 Bandung Jawa Barat atau bisa dilihat websitenya di www.benuabalantik.com. Instagram @benuabalantik Line : @xyq6996o HP : 0812 812 00 649

Comments

Komentar Disini