Gelar Budaya Sawala Pilgub Jabar Kasepuhan Adat Dukuh

0
64

Destinasi Bandung-Gelar Budaya Sawala Pilgub Jabar Kasepuhan Adat Dukuh. Bertempat di Kasepuhan Adat Dukuh Cikelet Kabupaten Garut, Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, kembali menggelar gelar Budaya dalam rangkaian kegiatan Sawala Pilgub Jabar 2018 Bersama masyarakat Adat. Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Dr. Yayat Hidayat, M.Si. memberikan apresiasi kepada masyarakat kasepuhan adat dukuh pada saat acara gelar budaya sawala Pilgub Jabar. Apresiasi diberikan karena pengetahuan masyarakat kasepuhan adat dukuh seputar Pilgub Jabar 2018 begitu luar biasa, seluruh pertanyaan yang disampaikan oleh Heri Suherman (sekertaris KPU Jabar) dijawab dengan benar. Meskipun akses menuju kasepuhan adat dukuh cukup sulit karena jalan yang berbatu, tidak mengurangi pengetahuan masyarakat adat seputar Pilgub Jabar 2018. Dalam sambutanya di gelar budaya Sawala Pilgub Jabar (Minggu, 1 April 2018), Yayat berharap antusiasme masyarakat pada acara gelar budaya sawala Pilgub Jabar dibuktikan juga dengan kehadiran mereka di Tempat Pemungutan Suara pada saat hari pencoblosan. Beliau juga memohon doa dan dukungan dari masyarakat kasepuhan adat dukuh semoga Pilgub Jabar 2018 berlangsung dengan lancar dan hasilnya dapat di terima oleh semua pihak baik yang menang maupun yang kalah serta hasil Pilgub Jabar memberikan manfaat terutama bagi kasepuhan adat dukuh. Dalam hal ini Yayat menyinggung mengenai akses jalan menuju kasepuhan adat dukuh yang masih berbatu, semoga siapa pun yang terpilih dapat membuat akses jalan ke kasepuhan adat dukuh menjadi lebih baik.

Sementara itu, Dekan Fikom Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si. dalam sambutanya mengungkapkan semoga acara gelar budaya sawala Pilgub Jabar bukan sekedar acara seremonial semata, melainkan menjadi sarana silahturahmi antara KPU, Akademisi dan Kasepuhan adat untuk tetap menjaga nilai nilai kesundaan. Dadang menambahkan Unpad sebagai lembaga yang menjaga marwah kesundaan kini telah hadir di Pangandaran, dengan adanya Unpad di Pangandaran semoga dapat mempermudah masyarakat kasepuhan adat dukuh untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Dadang juga berharap, pelaksanaan Pilgub Jabar bukan hanya tanggungjawab KPU melainkan tanggungjawab seluruh masyarakat Jawa Barat termasuk masyarakat kasepuhan adat dukuh, dengan demikian Pilgub Jabar dapat menghasilkan pemimpin yang benar benar membangun Jawa Barat, kususnya membangun masyarakat kasepuhan adat dukuh.

Dadang menambahkan Kehadiran Universitas Padjadjaran dalam Sawala Pilgub Jabar 2018 adalah merupakan kontribusi nyata dari Unpad untuk turut serta mempersiapkan pembangunan di Jawa Barat, dimana ini merupakan implementasi dari Aliansi Strategis Unpad di Jawa Barat. Pilgub Jabar 2018 merupakan momentum bagi masyarakat jawa barat untuk menentukan pemimpin yang dianggap mampu membangun jawa barat, oleh karena itu Unpad hadir dengan sawala Pilgub Jabar di tengah tengah masyarakat adat. Kehadiran Unpad di masyarakat adat selain untuk memberikan bewara Pilgub Jabar sekaligus sebagai media silahturahmi dan media pembelajaran bagi Unpad untuk mempertahankan nilai nilai lokal kesundaan dalam muatan pembelajarannya.

Oleh karena itu, kesuksesan Pilgub Jabar 2018 merupakan tanggungjawab Unpad. Sukses bukan hanya dalam hal penyelenggaraan, melainkan sukses dalam melahirkan pemimpin Jawa Barat yang siap membangun Jawa Barat serta membawa Jawa Barat sebagai sentral pembangunan di Indonesia, sentral budaya di Indonesia sekaligus memperkenalkan kepada dunia nilai nilai Jawa Barat.

Acara gelar budaya sawala dilaksanakan di kasepuhan adat “luar”, dikarenakan kasepuhan adat “dalam” masih menjaga tradisi dan nilai nilai lokal. Acara berlangsung sangat meriah, masyarakat kasepuhan adat dukuh menampilkan budaya Terbang Sejak. Terbang Sejak merupakan kesenian karuhun masyarakat kasepuhan adat, mereka melantunkan puji-pujian kepada Allah SWT dengan iringan alat musik tradisional. Selain alunan puji-pujian, terbang sejak menampilkam debus. Haji Farid sebagai tokoh masyarakat kasepuhan adat dukuh menegaskan bahwa masyarakat kasepuhan adat dukuh mendukung program program pemerintah, salah satunya adalah Pilgub Jabar. Hal ini disampaikan Haji Farid kepada pimpinan KPU dan Unpad saat mereka mengunjungi kasepuhan adat “dalam” seusai gelar budaya sawala Pilgub Jabar 2018.(AAP).

Comments

Komentar Disini