Gojek Latih Ratusan Istri Mitra Driver di Jawa Barat Untuk Jadi Merchant GoFood

0
124

Destinasi Bandung-Gojek Latih Ratusan Istri Mitra Driver di Jawa Barat Untuk Jadi Merchant GoFood. Gojek menggelar program pelatihan kewirausahaan Cerdik Berwirausaha yang ditujukan bagi para istri mitra driver GoRide dan GoCar. Program ini merupakan suatu langkah awal yang dikembangkan Gojek untuk terus meningkatkan keberlangsungan pendapatan mitra dan keluarganya melalui ekosistem Gojek. Program ini telah digelar di beberapa kota di wilayah Jawa Barat dan Banten, termasuk Bandung, Bekasi, Cirebon, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Serang.

Keputusan untuk mengikutsertakan usaha kuliner para istri mitra ke dalam ekosistem GoFood diambil terutama karena dampak positif yang diberikan oleh layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut. Menurut hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menyatakan ada dampak positif dari teknologi Gojek yang langsung terlihat pada performa bisnis partner UMKM GoFood. Hal ini tercermin dari bagaimana 72% responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen partner (GoBiz); dan 93% responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi GoBiz.

Head Consumer Engagement West Java Gojek, Alvin Sobari mengatakan, “Sebagai super-app pilihan utama masyarakat Indonesia, Gojek terus memberikan solusi bagi semua pihak yang ada di dalam ekosistemnya untuk hidup lebih baik. Fokus kami pada kesejahteraan mitra tidak hanya terbatas pada inovasi yang kami lakukan pada platform kami. Kami percaya bahwa keluarga mitra memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan cara menambah wawasan kewirausahaan dan juga keterampilan memasak, maka dari itu kami meluncurkan program Cerdik Berwirausaha Bareng Gojek.”

Alvin juga menjelaskan, bahwa setelah menjalani pelatihan, Gojek juga langsung mendaftarkan para istri mitra ke dalam ekosistem GoFood dan GoPay. Kegiatan pelatihan memasak dan kewirausahaan tahap pertama di Bandung dimulai pada tanggal 17 Oktober 2019, setelahnya tim Gojek di kota lain juga menjalankan menjalani pelatihan serupa. Hingga kini, jumlah total peserta pelatihan kewirausahaan dan memasak di Bandung, Bekasi, Cirebon, Karawang, Tasikmalaya, dan Serang berjumlah 350 orang istri mitra.

Beberapa hal yang menjadi keunggulan dari program Cerdik Berwirausaha diantaranya adalah, kehandalan dari narasumber dalam program tersebut. Sebagai contoh, pengajar yang menyampaikan pelatihan tentang memasak adalah Syafril Ramadhan, atau yang akrab dipanggil Chef Rama adalah alumni dari acara televisi pencarian bakat memasak skala nasional.

“Selain memberikan pelatihan dan memonitor perkembangan usaha para istri mitra selama tiga bulan, Gojek juga turut aktif mendukung dengan cara membuatkan promo banner dalam aplikasi GoFood yang menampilkan pilihan menu yang telah dikurasi secara khusus oleh Chef Rama. Untuk promo banner ini telah berjalan sejak tanggal 18 November 2019 dan akan terus berjalan sampai dengan dua minggu,” tambah Alvin.

Alvin juga menambahkan, Gojek berharap dengan mengikutsertakan usaha kuliner para istri mitra dalam ekosistem GoFood adalah teknologi kami bisa membantu mereka dalam lingkup mengembangkan skala bisnisnya. “Tren positif ini terlihat dari para partner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung dengan GoFood secara nasional termasuk di Jawa Barat rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung,” jelasnya.

Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Anak Mitra – Belajar Bareng Gojek

Selain program pelatihan kewirausahaan, Gojek juga percaya bahwa kesejahteraan dapat terbantu bila mendapatkan akses ilmu pengetahuan. Oleh karena hal tersebut Gojek juga memberikan akses kursus Bahasa Inggris untuk anak-anak mitra Gojek dan GoCar bernama Belajar Bareng Gojek

Gojek menggandeng Lembaga Bahasa Inggris ELTI Gramedia, lembaga yang memiliki keahlian dalam pengajaran Bahasa Inggris yang kemudian juga membuatkan modul pembelajaran yang dinamakan GoEnglish.

“Saat ini sudah Sebanyak 800 anak jumlah anak mitra Gojek yang berpartisipasi dalam kegiatan kursus Bahasa Inggris adalah. Antusiasme para peserta program ini luar biasa, dan sejauh ini kita sampai meningkatkan kuota peserta sampai dua kali lipat di beberapa kota yang menjalankan program ini,” ujar Alvin.

Comments

Komentar Disini