Google Berikan Wifi Gratis di Jakarta dan Kota Besar di Indonesia

0
31

Destinasi Bandung-Google Berikan Wifi Gratis di Jakarta dan Kota Besar di Indonesia. Google memastikan membawa salah satu layanan mereka ke Tanah Air. Ini merupakan salah satu usaha Google dalam memberikan akses ke internet kepada sekitar 100 juta lebih penduduk Indonesia yang belum terhubung ke dunia maya.

“Google station akan datang ke Indonesia,” Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia. Dalam presentasinya, ia menjelaskan bahwa uji coba pertama segera diterapkan di Jakarta.

“Menyusul Surabaya, dan kemudian beberapa kota besar lainnya.” Sementara ini, Google menargetkan kota utama di pulau Jawa, disusul Denpasar sebagai kota di pulau lainnya.

Sebenarnya, Google memang sudah menjelaskan rencana ini sejak bulan September tahun lalu. Target pertama mereka sama dengan pertama kali mereka menerapkannya di India, yaitu di stasiun kereta, sesuai namanya Google Station.

Tony belum menjelaskan secara rinci seperti apa implementasi Google Station untuk Indonesia, dan kepastian tanggal implementasinya. Terkait pengadaan Wi-Fi publik ini, Google menggandeng CBN dan Fiberstar. CBN adalah perusahaan TIK yang menyediakan layanan internet, data center, komputasi cloud dan TV interaktif. Sementara FiberStar juga merupakan perusahaan penyedia infrastruktur dan layanan TI.

Saat ini, Google Station telah ada di 140 kota di India. Untuk merealisasikan proyek ini, Google bekerja sama dengan Kereta Api India. Menurut India Today, inisiatif Google RailTel ini diluncurkan pada Januari 2016. Diharapkan, tahun depan, sudah akan tersedia internet gratis di 400 stasiun.

Dalam program Google Station di India, RailTel, badan dari pemerintah India, akan menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi sementara Google akan memasang infrastruktur nirkabel dan menyediakan dukungan teknis.

Head of Connectivity, Google India, Gulzar Azad menjelaskan, untuk membuat program ini realistis secara finansial, mereka membuat proses login yang didukung oleh iklan. Azad juga menjelaskan, program ini adalah proyek ekosistem untuk Google.

Artinya, tujuan utama Google adalah untuk meningkatkan adopsi internet broadband. Menurutnya, semakin banyak orang yang bisa menggunakan internet, semakin baik dampaknya pada perekonomian. Namun, Google juga telah menyiapkan model bisnis, dan mereka menyatakan keterbukannya kepada pemain industri terkait di Indonesia untuk ikut serta dalam pengembangan Google Station. Mereka menyebutkan, gratis untuk pengguna, dan Google memiliki model bisnis dengan mengandalkan iklan.

Comments

Komentar Disini