Grab Perangi COVID-19 di Bandung Melalui Gerakan #KitaVSCorona

0
35

Destinasi Bandung- Grab Perangi COVID-19 di Bandung Melalui Gerakan #KitaVSCorona. Sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah pada Pada tanggal 16 Maret 2020.

Grab telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemik COVID-19 melalui gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk diantaranya
wilayah Bandung dan sekitarnya.

Bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung, Grab membagikan masker dan di 5 titik vital di kota Bandung, di antaranya Dago, Pasteur, Merdeka dan Asia Afrika.

Pembagian masker dan tersebut akan diprioritaskan terlebih dahulu bagi
masyarakat pengguna jalan yang melintasi daerah-daerah tersebut guna melindungi diri dari resiko terinfeksi virus.

“Gerakan #KitaVSCorona merupakan langkah awal kepada seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19. Langkah selanjutnya, kita telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan
untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra kami di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Bandung dan sekitarnya,” jelas Mawaddi Lubby, Partner Engagement Strategy Lead, Jawa Barat, Grab Indonesia.

Menurut Lubby, dasar pemilihan lokasi dimaksud merupakan hasil koordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung, sebab daerah-daerah tersebut
dinilai lebih ramai dilalui oleh pengendara dibanding daerah lainnya kendatipun adanya himbauan untuk Social Distancing dan beraktifitas dari rumah oleh Pemerintah Kota Bandung.

“Kami bersama Grab dan juga Dinas Perhubungan Kota Bandung peduli akan masyarakat, dan program ini sebagai bentuk empati Kami terhadap masyarakat. Mengingat bahwa saat ini pandemi COVID-19 sudah cukup mengkhawatirkan, dan sekarang juga masyarakat cukup sulit mendapatkan masker” ujar Kompol Bayu Catur Prabowo. S.H.,S.I.K., M.M., Kasat Lantas Polrestabes Bandung.

Di saat situasi tidak menentu seperti sekarang, masyarakat sangat membutuhkan alat kesehatan untuk mencegah penyebaran virus, sebab semua orang berpotensi untuk menjadi penyebar virus.

“Bayangkan saja kalau satu anggota keluarga pulang membawa virus, keluarga di rumah ada empat orang, lalu mereka berinteraksi dan tanpa sadar menularkan kepada orang lain, maka akan sulit
untuk dikendalikan” ucap Bayu.

Penyemprotan Desinfektan Kendaraan Mitra Pengemudi Di waktu yang sama, Grab juga menyediakan pos desinfektan gratis untuk Mitra Pengemudi. Program ini merupakan kerjasama dengan Stop Corner Car Wash Bandung untuk mengantisipasi penyebaran
virus Corona melalui Mitra Pengemudi maupun Penumpang Grab. Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer kepada beberapa bagian luar dan dalam kendaraan menggunakan cairan desinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida.
Menurut Mawaddi Lubby, proses desinfeksi (penyemprotan desinfektan) akan cukup efektif sebagai bagian dari upaya mengendalikan penularan COVID-19 jika rutin dilakukan.

“Melalui program ini, Grab ingin memberikan rasa aman yang lebih bagi mitra pengemudi maupun pelanggan. Kami
bekerjasama dengan Partner bisnis Grab yang terpercaya untuk menyediakan desinfektan untuk kendaraan Mitra Pengemudi, baik GrabBike maupun GrabCar. Dan program ini dirancang secara
gratis untuk 200 Mitra Pengemudi Grab melalui program GrabBenefit” ujarnya.
Ia menyebutkan bahwa program desinfektan ini diharapkan dapat rutin dilaksanakan selama beberapa waktu kedepan, setidaknya hingga pandemi COVID-19 mereda.

Selain itu, Grab juga menyediakan potongan harga layanan cuci atribut dan kendaraan secara bagi Mitra Grab.
Inisiatif diatas melengkapi berbagai inisiatif #KitaVSCorona yang telah diluncurkan secara nasional yang diantaranya terdiri dari:
1. Fitur Pemesanan Tanpa Kontak untuk layanan GrabFood dan GrabExpress: Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, kami telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak bagi pelanggan dan mitra pengemudi. Pelanggan GrabFood dan
GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah berikut:
● Informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan.
● Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.
● Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika
penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Edukasi pencegahan COVID-19 bagi mitra merchant GrabFood: Kami juga telah
melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20
detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan. Mitra pengantaran juga dihimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan
cairan desinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu.
3. Mitra Pengemudi dan pengiriman adalah tulang punggung platform kami. Kami juga telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis
kepada mitra pengemudi Grab jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19.
4. Menghubungkan masyarakat dan bisnis dengan GrabExpress: Dengan semakin
banyaknya bisnis yang mengimplementasikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah, kami memperluas jaringan GrabExpress kami melalui kerja sama dengan Ninja Xpress. Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman on-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan
Papua dengan tarif yang terjangkau.

“Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Kami akan memanfaatkan #KitaVSCorona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.” tutup Lubby.

Comments

Komentar Disini