Indahnya Mata Memandang di Situ Sisanti

0
821
Situ Sisanti / destinasi bandung

Destinasi Bandung- Perlu refreshing untuk menyegarkan pikiran, akibat stres karena kesibukan aktivitas sehari-hari? Coba anda kunjungi danau situ sisanti. Danau yang terletak di desa Cibeureum Kecamatan Kerta Sari Kabupaten Bandung ini akan menghipnotis setiap pengunjung yang datang dengan keindahannya. Karena airnya yang tenang, jernih dan bersih juga udaranya yang sejuk ditambah dengan pemandangan pepohonan hijau yang terhampar luas disekelilingnya. Sehingga akan membuat anda merasa betah berlama-lama ditempat ini.

Situ sisanti merupakan sebuah danau buatan yang di bangun pada tahun 2001 dan dikelola oleh Perhutani. Memiliki luas 7 hektare dan kedalaman 1 sampai 3 meter, berlokasi di lereng gunung Wayang.

Situ Sisanti / destinasi bandung
Situ Sisanti / destinasi bandung

Menurut juru kunci tempat ini, Mang Atep “Dahulunya Situ Sisanti adalah rawa, yang dialiri sumber mata air terakhir dari tujuh sumber mata air. Sumber mata air pertama bernama Citarum, ke dua Cikahuripan, ke tiga Cihaniwu, ke empat Cisadane, kelima Cikoleber, ke enam Cikawedukan dan yang terakhir sumber mata air Sisanti atau yang disebut hulu sungai citarum, ke enam sumber mata air lainnya masih berlokasi diarea sekitar Situ Sisanti di lereng gunung wayang, itu alasannya danau ini dinamakan Situ Sisanti, karena dialiri air dari sumber mata air Sisanti”, Ujarnya.

Situ Sisanti / destinasi bandung
Situ Sisanti / destinasi bandung

Sumber mata air Sisanti atau Hulu sungai Citarum sendiri terletak di ujung sudut danau Situ Sisanti. Sumber mata air Sisanti merupakan sumber mata air yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Karena diyakini tempat ini pernah menjadi tempat petilasan atau persinggahan Eyang Dipati Ukur. Jadi, jika danau Situ Sisanti dikunjungi wisatawan untuk berlibur, maka sumber mata air Sisanti biasa dikunjungi untuk berziarah.

Situ sisanti / destinasi bandung
Situ sisanti / destinasi bandung

Disini disediakan tempat-tempat peristirahatan, warung, mushola, toilet dan tempat parkir. Rute untuk menuju Situ Sisanti dari pusat kota Kota Bandung yaitu lewat jalur jalan Ciwastra, lalu kearah Ciparay, lanjut ke Pacet, lalu ke Cibeureum dan Kertasari. Di sepanjang jalan ini, anda akan disuguhi hijaunya pemandangan perkebunan warga dengan udaranya yang sejuk.
Biaya untuk masuk ke Situ Sisanti sebesar Rp.20.000.00,- per motor atau Rp. 10.000.00,- per orang dan biaya parkir untuk sepeda motor Rp.3000.00,- mobil Rp.5000.00, dan Bus Rp.25.000.00,-

keterangan : Tim tidak di izinkan untuk mengambil gambar di area sumber mata air Sisanti atau area bekas petilasan Eyang Dipati Ukur.

Comments

Komentar Disini