Ini 10 Kesalahan Lifestyle dan Make-Up yang Bikin Wajah Lebih Tua

0
157
Net

Destinasi Bandung- Penuaan dini sangat di khawatirkan oleh kaum hawa. Penuaan dini terjadi karena berbagai faktor, terutama pengaruh umur. Produksi kolagen mulai menurun dan kulit cenderung mengalami dehidrasi. Namun, bagaimana jika Anda mengalami penuaan padahal usia Anda belum mencapai 30? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa faktor yang dapat membuat kulit menua, diantaranya adalah gaya hidup, pola makan, serta skincare yang dipakai! Karenanya, penting bagi Anda untuk mengenali hal apa saja yang membuat kulit lebih mudah mengalami penuaan.

Dua pakar kecantikan ternama yakni Florie White selaku makeup artist para bintang Hollywood serta Dr. Stefanie Williams, pakar dermatologi dan direktur medis di European Dermatology London mengungkap beberapa faktor yang membuat kulit Anda mengalami penuaan dini seperti di lansir dari Vemale.com

1. Memakai heavy foundation

Seringkali, kerutan, bintik noda, dan berbagai masalah wajah lainnya ditutupi dengan aplikasi foundation. Sayangnya, pemakaian foundation yang berlebihan justru tak baik bagi keremajaan kulit. Florrie White menganjurkan bahwa sebaiknya Anda lebih mengutamakan perawatan kulit dengan memaksimalkan pemakaian produk anti-aging skincare untuk menghidrasi kulit dengan baik.

Dengan demikian kesehatan kulit wajah akan semakin membaik dan akan tampak flawless tanpa perlu mengusapkan heavy foundation. Menurutnya, titik penuaan wajah sebaiknya ditutup dengan mengaplikasikan concealer saja, karena membuat kulit tampak lebih muda dan bercahaya.

Nah, Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan Concealer 2 Light Beige dari LOLLIPOPS. Kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi sebagai anti-aging. Selain itu, produk ini juga mampu membuat kulit tampil lebih sempurna dengan cara menetralkan masalah kulit kemerahan, jerawat, dan warna yang tidak merata.

2. Konsumsi karbohidrat berlebihan

Dr. Stefanie Williams mengungkap bahwa konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi juga berkontribusi pada penuaan dini. Pasalnya, makanan berkarbohidrat tinggi mengandung kadar gula lebih yang menyebabkan gula darah dan insulin naik secara drastis. Kondisi ini mengakibatkan adanya peradangan pada kulit.

Sebagai konsekuensinya, kulit akan melepaskan protein penting pada kulit seperti kolagen untuk melawan radikal bebas. Makin banyak kolagen yang dilepaskan, maka kulit pun akan lebih mudah mengalami pengeriputan. Oleh karena itu, jagalah konsumsi karbohidrat dan gula Anda secara seimbang.

3. Pemakaian warna eyeliner yang salah

Ternyata, salah memilih warna eyeliner juga dapat membuat wajah cantik Anda terlihat menua. Yap, menurut White, sebaiknya Anda menghindari pemakaian eyeliner dengan warna new black karena ini akan membuat warna kulit terlihat sangat kontras. Bahkan, eyeliner dengan warna hitam pekat juga akan semakin mempertegas kerutan di area mata.

Sebaliknya, pilihlah eyeliner dengan warna cokelat yang bisa mempertegas mata tanpa membuat kulit di sekitarnya terlihat kontras. Oleh karena itu, Anda bisa coba mengaplikasikan Liquid Liner dari BOURJOIS. Produk satu ini memiliki intensitas warna pekat yang dikombinasikan dengan kuas ramping. Dengannya, Anda bisa melukis eyeliner setipis mungkin.

4. Berlebihan dalam membersihkan wajah

Membersihkan wajah dengan menggunakan harsh cleanser, scrub, atau berbagai produk kimia eksfoliasi kulit lainnya ternyata bisa jadi musibah pada keremajaan kulit Anda. Menurut Dr. William, sebaiknya Anda membersihkan wajah dari debu, polusi, makeup, dan minyak berlebih cukup dua kali saja dalam sehari.

Selain itu, berhati-hatilah dalam memilih jenis produk cleansing. Cleansing dengan bahan yang aktif yang terlalu kuat akan menghilangkan kandungan minyak alami wajah yang membuatnya jadi mudah kering dan keriput.

Cobalah untuk menggunakan Every Month Cleansing Foam – Avocado Butter dari ETUDE HOUSE. Cleansing foam satu ini memiliki kandungan ekstrak walnut yang mampu menutrisi kulit. Kemudian, kandungan vitamin B dan E di dalamnya juga bagus untuk merelaksasi wajah sekaligus menjadi antioksidan pencegah penuaan.

5. Tak memperhatikan tampilan alis

Bila warna alis Anda mulai memudar, pastikan Anda mengaplikasikan teknik modern untuk membuatnya kembali tampak ‘tebal’. Menurut White, alih-alih menggunakan pensil alis, ada baiknya Anda menggunakan powder brow yang mampu menutup setiap celah warna alis yang memudar.

Dengan begitu, Anda akan berhasil membuat ilusi volume cantik pada alis. Jangan ragu untuk menyapukan NYX brow kit . Produk satu ini menghadirkan dua gradasi pilihan warna menarik yang bisa Anda sesuaikan dengan warna alis, eyeliner, dan kulit wajah.

6. Lemah dalam mengendalikan stres

Menurut Dr. Williams, tingginya kadar stres dan kurangnya waktu tidur akan membuat hormon kortisol naik selama berhari-hari. Tak main-main, kulit pun bisa terkena imbasnya dengan mengalami penuaan dini.

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres. Mulai dari konsumsi makanan sehat dan berolahraga lebih rutin. Hal penting lainnya adalah berusahalah untuk tetap rileks dalam menghadapi masalah hidup. Anda dapat membantu tubuh dan pikiran kembali rileks dengan aromaterapi, massage, ataupun mandi dengan menggunakan sabun yang memiliki aroma menenangkan seperti Aroma Fresh Body Wash 200 ml dari IASO.

Produk sabun mandi berbentuk gel ini mampu menghasilkan busa melimpah tanpa membuat kulit kering. Body wash ini diperkaya dengan madu, gingseng, dan ekastrak bekatul yang membuat kulit jadi lembab, halus, dan kenyal. Aroma terapi alami yang dipancarkannya pun akan membuat pikiran Anda jadi lebih fresh dan stres akan ikut berkurang.

7. Konsumsi lemak ‘baik’

Bahan makanan dengan lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun mengandung polyphenolic antioxidants yang bagus untuk kulit.

Oleh karena itu, Dr. William sangat menganjurkan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak baik seperti kacang, minyak zaitun, ikan, minyak kelapa, termasuk lemak hewan organik. Semua ini akan berperan untuk menjaga kekencangan dan keindahan kulit. Namun, hindari produk lemak dari minyak biji bunga matahari, jagung, dan kedelai karena justru dapat mengakibatkan efek peradangan pada kulit.

8. Keseringan memakai bulu mata palsu

Siapa sih, yang tidak tertarik untuk bikin bulu mata jadi lebih lentik? Tak heran kalau Anda pun jadi sering menggunakan bulu mata palsu. Namun, menurut Florrie kebiasaan ini justru harus mulai diubah.

Daripada sibuk memakai bulu mata palsu, Florrie lebih menganjurkan untuk melentikkan mata dengan eyelash curler dan pemakaian maskara. Bagaimana kalau Anda mencoba menggunakan Eyelash Curler dari MASAMI SHOUKO ?

Penjepit bulu mata ini didesain khusus untuk menjangkau setiap helai bulu mata hingga ke pangkal agar terlihat lebih lentik terangkat. Dalam satu kemasannya, tersedia 1 bantalan isi ulang yang bisa digunakan jika bantalan lama bulu mata telah kotor.

9. Memakai produk skincare dengan nutrisi berlebihan

Ada anggapan bahwa makin tinggi kandungan nutrisi pada sebuah pelembab dan cleanser, maka akan semakin bagus pula untuk kondisi kulit. Mitos ini dibantah keras oleh Dr. Williams. Menurutnya, pasien yang datang ke kliniknya justru seringkali mengalami masalah radang kulit hingga kulit berjerawat karena pemakaian produk skincare dengan nutrisi berlebihan.

Menurutnya, kebutuhan nutrisi kulit setiap orang pasti berbeda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan produk tertentu, pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli dermatologi. Pihak medis akan memberikan rekomendasi produk terbaik bagi kondisi kulit Anda.

10. Salah memakai shade dark lipstick

Tampil lebih gothic memang terkadang menarik. Namun, kesalahan memilih shade dark lipstick ternyata akan membuat bibir Anda jadi terlihat lebih tipis. Menurut White, bila memang Anda ingin tampil beda dengan shade lebih gelap, cobalah untuk memilih berry atau plum tone.

Anda bisa mencoba menggunakan Creamy Lust Lipstick dari MAKEOVER yang memiliki shade raisin plum. Lipstik satu ini memiliki warna yang lebih solid dan tekstur lebih matte sehingga memberikan warna lebih pekat pada bibir. Kandungan Jojoba oil di dalamnya juga sangat efektif untuk melindungi bibir dari pecah-pecah yang bikin tampilan dull.

Tak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mengubah beberapa gaya make-up dan lifestyle yang lebih oke untuk kulit. Jika bukan Anda yang peduli pada keremajaan kulit sejak dini, siapa lagi?

Comments

Komentar Disini