Jamu Jago Gelar Final Pemilihan Ratu Jamu Gendong

0
224
.

Destinasi Bandung- Jamu Jago Gelar Final Pemilihan Ratu Jamu Gendong . Sejak lama jamu gendong merupakan rekan kerja dan ujung tombak dari Jamu Jago, yang ikut berperan besar dalam kesuksesan Jamu Jago yang telah menjadi jagonya jamu selama hampir 100 tahun. Oleh karena itu secara berkala Jamu Jago melakukan pembinaan kepada para jamu gendong. Dalam rangka memberikan apresiasi kepada para penjual jamu gendong, Jamu Jago mengadakan Acara Pemilihan Ratu Jamu Gendong 2016.

Acara tersebut pertama kali diadakan di tahun 1987 di Semarang. Acara tersebut pernah beberapa masa vakum dan kemudian diadakan kembali secara rutin sejak tahun 2008. Sejak tahun 2011, tidak hanya pemilihan Ratu Jamu Gendong tetapi ditambah dengan pemilihan Jamu Gendong Teladan untuk para ibu jamu gendong yang berusia 37 55 tahun. Tahun 2016 adalah kali ke 7 Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan yang secara rutin digelar dan sudah menjadi acara yang sangat ditunggu oleh para jamu gendong.

Gelar Ratu Jamu Gendong merupakan kebanggaan mereka, yang diraih dengan kompetisi ketat dan bersaing secara positif dengan sesama penjual Jamu gendong dari seantero Nusantara. Disamping mendapat hadiah, mereka juga akan menjadi Duta Jamu Jago, yang akan selalu ikut didalam event bersama Jamu Jago berskala nasional.

Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan tahun 2016 secara resmi dimulai pada 28 September 2016, dengan diadakannya rangkaian audisi yang digelar di 6 kota yaitu Cikampek (28 September 2016), Jakarta (2 Oktober 2016), Bandung (5 Oktober 2016), Cirebon (12 Oktober), Semarang (19 Oktober 2016), dan Solo (23 Oktober 2016). Total peserta jamu gendong dari seluruh Indonesia yang mendaftar mengikuti audisi di tahun 2016 sejumlah 596 dan setiap audisi dipilih 3 finalis Ratu Jamu Gendong dan 3 finalis Jamu Gendong Teladan.
Pada acara audisi ratu jamu Gendong dan Jamu gendong Teladan, Jamu Jago menggandeng BPOM untuk memberikan penyuluhan kepada peserta yang semuanya penjual jamu gendong.

Para peserta menjalani proses penyaringan awal dimana para jamu gendong dinilai berdasarkan pengetahuan bahan jamu, kemampuan menyeduh jamu, kemampuan menjual jamu, pengetahuan produk Jamu Jago, kemampuan memasak jamu, etika, dan penampilan menarik.

Tujuan utama dalam event ini adalah memberikan apresiasi kepada Jamu Gendong dan memberikan edukasi kepada para Jamu Gendong.Jamu gendong tetap melestarikan dan mempertahankan warisan budaya memelihara kesehatan dengan menggunakan bahan alami asli Indonesia.
Memberikan kesempatan bagi Pemenang untuk menjadi Duta Jamu Jago.

Acara final Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan 2016 diadakan di Halaman Museum Mandala Bhakti Semarang, yang akan dibuka secara resmi oleh Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah. Dalam acara ini, akan datang juga beberapa pejabat pemerintahan setempat yaitu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Semarang, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah. Acara Final Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan diadakan 17 – 20 Desember 2016 dimana selama 4 hari tersebut, para finalis akan menjalani proses karantina untuk pembinaan dan melakukan touring ke pusat produksi Jamu Jago.

Selain itu, pada acara puncak final Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan 2016 yang akan dimeriahkan oleh kesenian khas Semarang serta Grup Gamelan Pelangi. Jamu Jago menyediakan booth seduhan jamu yang dinamakan Roemah Djamoe by Jamu Jago. Roemah Djamoe akan menjamu setiap tamu undangan, dengan seduhan jamu dan jamu segar khas ramuan Jamu Jago. Para Undangan juga dapat melihat sejarah Jamu Jago, Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan dan pemasaran produk Jamu Jago dari masa ke masa.

Comments

Komentar Disini