Jelang Hari Raya Natal, Pendapatan Merchant Tokopedia Naik 40 %

0
47
Tokopedia

Destinasi Bandung-Jelang Hari Raya Natal, Pendapatan Merchant Tokopedia Naik 40 % . Berdasarkan data tahun lalu, CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan bahwa di setiap menjelang hari raya, seperti Natal atau Idulfitri, pendapatan merchant Tokopedia bisa meningkat hingga 40 persen.

Peningkatan ini menurutnya memberikan tantangan tersendiri bagi para pebisnis online. “Permintaan yang tinggi menjelang hari raya membuat merchant harus menghasilkan dan/atau mengirimkan lebih banyak produk ke pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia. Terkadang penjual harus menolak pesanan karena keterbatasan modal,” terang William.

Hal inilah yang melandasi diluncurkannya program Mitra Toppers pada semester dua 2016. Mitra Toppers adalah program yang memungkinkan perbankan dan lembaga keuangan lain bisa menyalurkan kredit usaha dan program pinjaman kepada merchant Tokopedia.

“Kami melalui Mitra Toppers membantu menyalurkan kredit ini kepada para pebisnis online dengan nilai pinjaman dari Rp 1 juta hingga Rp 18 miliar per merchant; sebagian besar mitra bahkan membebaskan agunan,” tandasnya. William juga menambahkan, Lewat rekam jejak bisnis digital dengan pertumbuhan transaksi yang tercatat, setiap pemilik bisnis online di platform Tokopedia bisa membangun kredibilitas mereka sendiri, terlepas dari tidak adanya toko fisik.

Fardy, pemilik Toko Gamotoys, adalah salah satu merchant Tokopedia yang sudah menikmati kemudahan program ini. “Penjualan saya di Tokopedia banyak, namun dana saya terbatas. Saya juga bingung bagaimana cara mendapatkan pinjaman untuk modal tambahan. Lalu saya mengetahui dari website Tokopedia mengenai Mitra Toppers. Program ini ternyata memberikan penawaran yang menarik dan beragam pilihan pinjaman,”katanya.

Fardy kemudian mencoba mengajukan pinjaman, Selain mudah sekali persyaratannya, dana bisa cair hanya dalam beberapa hari. Produktivitas, penjualan dan reputasi toko saya akhirnya meningkat setelah mendapat pinjaman dari Mitra Toppers. Sangat membantu sekali, apalagi ketika ada hari-hari besar.

Jutaan merek lokal pun kini berhasil meraih triliunan rupiah per bulannya bersama Tokopedia. Mereka berasal dari berbagai daerah yang tadinya tidak terdengar sekarang bisa mengepakkan sayap ke seluruh penjuru Indonesia.

“Misi kami adalah memastikan siapa saja masyarakat Indonesia dapat menikmati akses pemerataan ekonomi secara digital, baik dalam mencari dan menemukan produk kebutuhan mereka dengan harga terbaik yang transparan, juga kesempatan mereka memulai dan membangun mimpi, serta usaha mereka lewat Tokopedia,”pungkasnya.

Comments

Komentar Disini