Jokowi Tetapkan 1 Juni Libur Nasional & Hari Lahir Pancasila

0
96
Foto : Galamedianews

Destinasi Bandung-Bertepatan dengan hari lahir Pancasila Presiden Jokowi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari Lahir Pancasila dan libur nasional. Keputusan Presiden (Keppres) itu langsung ditandatangani Jokowi pada acara Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Jln. Asia-Afrika, Kota Bandung, Rabu (1/6/2016).

“Dengan ucapan syukur terhadap Allah, mengucap bismillah, dengan Keputusan Presiden, 1 Juni ditetapkan, diliburkan dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila,”ujarnya.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, sebagai sebuah bangsa, Indonesia semestinya bersyukur memiliki Pancasila. Pasalnya, bangsa lain sedang mengalami yang namanya kegelisahan karena banyaknya konflik dan goyahnya tatanan-tatanan kenegaraanya.

“Indoensia menjadi referensi bagi negara lain dan semua itu terjadi karena kita mempunyai Pancasila,” tutur Jokowi.

Jokowi menyebut, pengakuan itu secara tidak langsung datang dari pimpinan negara besar dunia. Itu terjadi ketika dirinya menceritakan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim dunia terbesard an memiliki 17 ribu pulau.

“Kebhinekaan ini tidak menjadi penghalang bagi Indonesia untuk menjadi negara demokrasi dan membangun perdamaian serta toleransi. Kenapa itu bisa terjadi, karena kita memiliki Pancasila,” terang Jokowi.

Sebagai bangsa, lanjut Jokowi, masyarakat Indonesia harus beryukur memiliki Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah negara. Pancasila merupakan fundamen yang digali oleh Bapa Bangsa, Bung Karno dan pendiri lainnya.

“Pancasila yang lahir 1 Juni, kemudian dalam perkembangannya melahirnya Deklarasi Jakarta dan rumusan final pada 18 Agustus 1945. Dengan dasar negara Pancasila, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak optimis. Kita harus optimistis menyongsong masa depan, percaya diri atasi permasalahan yang ada dalam mencapai tujuan. Dan kita harus yakin dalam kompetisi global kita bisa keluar sebagai pemenang,”pungkasnya.

Comments

Komentar Disini