Kebumen Surganya Destinasi Wisata Tersembunyi di Jawa Tengah Jalan - jalan Kebumen

0
117

Destinasi Bandung- Kebumen Surganya Destinasi Wisata Tersembunyi di Jawa Tengah. Jika ingin berlibur ke daerah Jawa Tengah, Anda tidak boleh melewatkan untuk singgah di kota Kebumen. Karena Kebumen memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata pantai, wisata goa, air terjun, gunung, wisata sejarah dan wisata kulinernya. Beberapa waktu yang lalu tim Destinasi Bandung di undang oleh Manajemen Meotel Kebumen Hotel untuk menikmati keindahan destinasi wisata yang ada di Kebumen. Dalam edisi ini kami akan mengulas beberapa tempat wisata yang ada di Kebumen.

Kebumen adalah sebuah kota Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan makanan khas Lanthing serta pengasil sarang walet. Kebumen berbatasan langsung dengan Banjarnegara, Samudera Hindia, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Purworejo.Berikut ulasannya :

Pantai Logending / Destinasi Bandung

Pantai Logending

Pantai Logending atau juga sering disebut dengan pantai Ayah merupakan salah satu wisata andalan di Kebumen. Jadi wajar kalau pantai ini cenderung ramai dibandingkan beberapa pantai lain di Kebumen

Pantai ini juga merupakan muara dari Sungai Bodo yang memisahkan Kabupaten Kebumen dan Cilacap Pemandangan muara sungai dapat dinikmati dengan fasilitas perahu yang disediakan oleh nelayan dengan tarif sewa tertentu.Selain dibatasi oleh muara Sungai Bodo, pantai ayah pada bagian selatannya dibatasi oleh bukit yang berisi pohon jati dan batu-batu besar. Diatas bukit terdapat sebuah rumah dengan pagar pembatas yang dari rumah tersebut dapat melihat laut dan kampung nelayan di sekitar pantai.Pantai logending dapat dikatakan sebagai pantai yang terlengkap di antara pantai-pantai lain di Kebumen karena selain diapit oleh dua bukit atau gunung pantai ini juga menjadi lahan bagi para nelayan.Hal ini terlihat dari puluhan kapal nelayan yang tiap harinya berjejer di pantai itu dan terdapat tempat penangkaran ubur-ubur serta tempat pelelangan ikan (TPI) yang beroperasi tiap hari. Selain pemandangan lautnya pantai logending juga terkenal dengan hutan mangrove yang mengelilingi wilayahnya.

Pantai Menganti / Destinasi Bandung

Pantai Menganti

Pantai Menganti memiliki jajaran pohon kelapa khas pesisir pada umumnya. Pantai Menganti juga mempunyai tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang dikenal dengan sebutan Tebing Bidadari. Suasana yang khas adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan banyak batu karang besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil melepaskan pandangan ke arah samudera merupakan suatu kepuasan bagi pengunjung. Satu objek yang perlu dikunjungi saat sampai di pantai Menganti adalah menara mercusuar dan Tanjung Karangbata. Letaknya di timur – tenggara pantai Menganti. Di Tanjung Karangbata yang rindang ini akan melihat luasnya Samudera Hindia dan sebuah pulau karang. Disini juga disediakan saung untuk berteduh dari terik matahari. Dari Tanjung Karangbata juga terlihat pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan pantai Pecaron di sebelah timur. Selain itu yang tidak kalah menariknya adalah Jembatan Merah yang menjorok kelaut. Warna jembatan yang merah menyala sangat cocok untuk mengabadikan foto. Jika musim penghujan tiba, tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter. Perbukitan akan menghijau menambah indah pantai ini. Pantai Menganti termasuk pantai berpasir putih.

Pantai Lembupurwo / Destinasi Bandung

Pantai Lembupurwo

Guratan bergaris-garis nan bergelombang memahat lembut gumuk-gumuk pasir yang menemani laguna hijau dengan paduan reflektif langit membiru dan awan putih berarak. Disini Anda bisa mendapati laguna pasir yang begitu indah dan deretan cemara laut yang rindang meneduhkan tepian pantai bersama semilir angin samudera Indonesia. Di ujung timur Kebumen, di Pantai Lembupurwo, Anda harus nikmati kerennya pantai ini. Pantai Lembupurwo berada di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit, Kebumen. Pantai ini berpasir hitam, tapi pantai ini cukup eksotis. Pantai ini memiliki sebuah Laguna, yakni telaga payau di dekat pantai yang dipisahkan oleh hutan cemara udang. Laguna yang juga merupakan muara Sungai Wawar ini ditumbuhi pohon bakau dan pohon cemara yang rimbun serta hijau. Selain itu, Pantai Lembupurwo juga memiliki fenomena unik lainnya, yakni berupa Gumuk Pasir yang masih aktif. Gumuk Pasir di pantai ini memiliki ketinggian yang jauh berbeda dengan pantai lainnya di Kebumen.

Benteng Van der Wijck / Destinasi Bandung

Benteng Van der Wijck

Benteng berwarna merah ini merupakan sebuah peninggalan Belanda yang terletak di desa Sidayu kecamatan Gombong. Dibangun pada abad ke-19. Benteng ini merupakan salah satu saksi bisu sejarah Indonesia yang sangat panjang. Luas Benteng Van der Wijck ini sekitar 3.606 m² dengan tinggi mencapai 9,6 meter. Benteng ini lebih berfungsi sebagai pos logistik daripada benteng pertahanan. Benteng ini sempat menjadi menjadi sekolah anak-anak Euroasia, interniran tawanan perang dan markas beberapa kesatuan militer. Benteng ini juga pernah di pakai untuk shooting film laga The Raid 2. Tiket masuk benteng seharga Rp 25.000. Untuk atraksi wisata, pengelola Benteng Van Der Wijck menawarkan perjalanan naik kereta mini di atas atap benteng. Sebagai taman rekreasi keluarga, kata Erik, ada berbagai atraksi lain, seperti kolam renang (water park), kereta mini, kereta kencana keliling kompleks benteng, terapi ikan, becak air, kincir raksasa, komidi putar, dan mandi bola.

Goa Jatijajar / Destinasi Bandung

Goa Jatijajar

Goa jatijajar merupakan sebuah goa yang dibentuk selama ribuan tahun oleh proses alam yang menakjubkan yang menjadikan tempat petualangan yang fantastis yang berada di perut bumi. Goa ini terletak di 21 kilometer arah selatan gombong dan berada di 42 KM dari kebumen kota. seperti halnya tempat wisata di indonesia lainya, goa jatijajar juga mempunyai cerita yang melegenda, dahulunya goa ini ternyata sebagai tempat bertapa Raden Kamandaka yang kemudian sampai sekarang menjdai kisah cerita lutung kasarung. Bisa dilihat dari bentuk bebatuan yang berada di dalam goa tersebut yang identik dengan bentuk kera. masuk kedalam goa ini serasa masuk kedalam dinosaurus yang besar mengingat pintu masuk yang bentuknya seperti mulut dinosurus dan anda akan terpesona melihat eksotiknya pemandangan di dalam gua tersebut. Disekitaran gua juga terdapa taman yang desrbut dengan taman kera karena terdapat banyak patung kera di taman tersebut.

Bukit Pentulu Indah / Destinasi Bandung

Bukit Pentulu Indah

Ingin lihat panorama indah dari ketinggian? Main yuk ke Bukit Pentulu Indah, Anda bisa melihat sunrise epic yang beralaskan kabut eksotis dengan background Gunung Sindoro dan dan Gunung Sumbing -si kembar yang selalu menjadi incaran para pecinta hiking. Dan asiknya lagi, untuk sampai lokasi tidak harus susah-susah payah karena bukit Pentulu Indah hanya memiliki ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Tempat ini recommeded deh buat para pecinta sunrise. Selain itu di lokasi inipun ada Rumah Hobbit seperti di New Zealand yang pas untuk foto selfie.

Untuk menikmati Bukit Pentulu Indah, disarankan datang pada sore hari atau pagi-pagi sekali karena pemandangan yang lebih mempesona bisa didapat pada waktu tersebut. Pada pagi dan sore hari, sengatan matahari tidak akan terlalu kuat. Pada saat-saat tersebut jugalah kegiatan berfoto kamu bakal lebih seru sebab hasil foto lebih bagus.

Batik Kebumen / Destinasi Bandung

Batik Kebumen

Kampung Batik Kebumen dipamerkan di galeri di Jalan Karang Sambung, Kebumen. Keunggulan batik Kebumen yang masih belum dilirik padahal memiliki potensi yang besar. Kebanyakan perajin batik Kebumen itu masih mau memproduksi batik tulis klasik yang pembuatannya cukup rumit tetapi harga jualnya juga tidak terlalu tinggi. Ini keunggulan yang dimiliki para perajin Kebumen. Selain itu, warna-warna alami khas Kebumen seperti campuran warna biru, hitam, kuning dan sogan kehijau-hijauan juga menjadi keunikan lain batik Kebumen. Beberapa motif yang banyak dicari dan menjadi andalan, antara lain Kawung Jenggot yang unik dan langka, Srikit, Jagatan Kebumen atau Sekar Jagad, Beras Utah, Ukel, Limaran, Kopi Pecah, Kepundungan. Harga kain batik Kebumen mulai dari Rp80.000 untuk batik kombinasi sampai Rp200.000. Untuk batik tulis dengan bahan sutra ATPM harganya mulai Rp600.000.

Roemah Martha Tilaar / Destinasi Bandung

Roemah Martha Tilaar

Rumah ini memang berhubungan dengan Martha Tilaar pendiri Martha Tilaar Group. Rumah di Jalan Sempor Lama Nomor 28 ini adalah rumah masa kecil Martha. Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan tua yang dibangun tahun 1920 itu kini menjadi indah dengan cat putih dan krem yang mendominasi bangunan. Ditambah pohon mangga yang sudah tua di sudut-sudutnya, rumah itu menjadi teduh. Martha tinggal bersama keluarga besarnya di rumah tersebut hingga usia 10 tahun. Menjelajahi Roemah Martha Tilaar serasa kembali bernostalgia di zaman Belanda. Setelah memasuki halaman depan rumah yang luas, pengunjung langsung disambut suasana hangat di dalam rumah. Di teras tersedia kursi yang nyaman untuk duduk-duduk. Di dindingnya terpasang foto-foto lama, peta lama, dan beberapa artikel tentang daerah tujuan wisata di Gombong. Memasuki ruang tengah, terdapat ruang tamu dan altar untuk leluhur Martha yang berasal dari keturunan Tiongkok. Foto-foto keluarga yang sudah tua, seperti kakek buyut, kakek, nenek, ayah, ibu, dan saudara-saudara Martha terpampang di dinding. Ada empat ruang tidur untuk orangtua dan anak-anak. Di teras belakang terdapat ruang makan dan halaman belakang yang luas dan rindang yang menjadi tempat anak-anak bermain. Di kanan kiri rumah utama terdapat paviliun yang merupakan kamar tidur anak-anak. Suasana di setiap ruangan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Lantai rumah pun masih asli.Untuk menyemarakkan Roemah Martha Tilaar pengelola membuat beragam program rutin dan program tahunan, seperti pengembangan budaya lokal, peningkatan kegiatan usaha, pemberdayaan perempuan, dan pelestarian lingkungan. Selain itu Roemah Martha Tilaar menyediakan penginapan dan juga Coffee Shop yang asik nongkrong terutama di malam hari.

Musem Geologi KarangSambung / Destinasi Bandung

Museum Geologi Melange KarangSambung
LIPI KarangSambung Atau Yang Sering Disebut Sebagai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merupakan sebuah situs geologi antik yang berada di daerah Kecamatan Karangsambung, Kebumen,. Sebuah kota kecil di pegunungan yang dahulu ternyata merupakan lantai samudera purba yang kini muncul di permukaan tanah, bahkan kini sudah Menjadi Pegunungan. Karangsambung ini memiliki kekayaan fosil dan bebatuan alam yang sangat melimpah. Bahkan para Geolog meyakini kalau Karangsambung dulunya merupakan lantai samudra, ini Merupakan Bukti Evolusi Tektonik Sejak Lebih dari 120 Juta tahun yang lalu. Area bebatuan Di Karangsambung ini merupakan sebuah mini Geologi Indonesia yang sangat langka. Area Karangsambung sendiri ditetapkan sebagai sebuah kawasan cagar alam Geologi Nasional tepat pada Tanggal 10 November 2006 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Luas dari museum geologi tersebut kini sekitar 22.150 meter persegi yang membentang masuk kedalam tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo dan juga kabupaten Banjarnegara. Namun Area Yang Paling luas berada di Kebumen. Museum Geologi Karangsambung berlokasi di jalan raya Timur karangsambung KM.19 Kebumen Jawa Tengah

Comments

Komentar Disini