Kecepatan Internet 5G Mulai Dikomersilkan Tahun 2020

0
147

Bandung– Setelah jaringan 4G LTE mulai diterapkan, dunia kini mulai bersiap-siap untuk menyambut kehadiran teknologi jaringan kelima atau bisa disebut 5G. International Telecommunication Union (ITU) akhirnya sepakat mendefinisikan kecepatan maksimum Internet mobile generasi kelima tersebut dapat mencapai kecepatan maksimal 20 gigabit per detik (Gbps).

ITU merupakan organisasi terpisah dari PBB, yang mengatur masalah terkait dengan teknologi komunikasi global. Definisi ini diperlukan ketika 5G akan diperkenalkan sebagai produk untuk konsumen agar terdapat standar yang jelas.

Berikut beberapa definisi Internet 5G yang telah ditetapkan agar menjadi standar:

  • 5G atau kecepatan 20 Gbps akan cukup cepat untuk mengunduh film HD ukuran 8 GB dalam enam detik
  • Jaringan 5G diharapkan berjalan terus-menerus tanpa tiba-tiba drop out.
  • 5G dapat memungkinkan mobil tanpa sopir dan jalan raya terhubung untuk mengkomunikasikan informasi tentang kecelakaan mobil yang berada di depan dan akan menghentikan mobil sebelum terjadi tabrakan.
  • 5G dapat memungkinkan orang untuk mengontrol mesin berat dari jarak 5 mil jauhnya.
  • 5G dapat memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan iklan ke pelanggan di kawasan publik berdasarkan riwayat browsing mobile mereka.
  • 5G dapat memungkinkan orang menggunakan perangkat mobile untuk menemukan ruang parkir yang tersedia di kota, tanpa harus mendaftar untuk layanan tertentu.
  • 5G dapat memungkinkan dokter melakukan operasi jarak jauh, dengan mengendalikan robot di ruang operasi.

Banyak pihak terlibat dalam pengembangan 5G, termasuk pembuat ponsel pintar dan perusahaan telekomunikasi, yang berkata koneksi ini dapat dikomersialkan pada tahun 2020.

ITU menargetkan teknologi 5G telah diterapkan pada gelaran besar Olimpiade di PyeongChang, Korea, di mana menjadi momen pertama kalinya Internet 5G dikomersialkan.

Setelah itu, ITU ingin mulai menerapkan spektrum internasional untuk jaringan 5G pada 2019 sebagai bentuk persiapan untuk peluncuran global pada 2020.

Finalisasi standar atau definisi 5G akan diselesaikan pada konferensi teknologi radio ITU di Jenewa, Swiss, pada bulan Oktober 2015. Secara teknis 5G akan bernama resmi IMT-2020, mengikuti standar 3G atau IMT-2000, dan 4G untuk IMT-Advanced

Comments

Komentar Disini