Kementrian Agraria Sosialisasikan Pelayanan Cepat di CFD Dago

0
550
Mentri Agraria dan tata ruang Ferry Mursidan Baldan Wakil Gubernur Jabar Dedy Mizwar saat memeberikan sertifikat di CFD Dago / destinasi bandung

Destinasi Bandung- Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional kembali melakukan sosialisasi pentingnya pengakuan hak atas tanah (sertifikasi) kepada masyarakat di Jawa Barat. Dimana, sejumlah Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) di wilayah Bandung Raya Jawa Barat, memanfaatkan kegiatan Car Free Day (CFD) Dago, Bandung, Minggu (1/11/2015) untuk mempercepat pelayanan prima dan cepat terhadap masyarakat.

“Itu prinsipnya untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan ada kebutuhan (masyarakat) yang harus direspon,” tutur Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan, yang didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar seusai memberikan sertifikat kepada masyarakat pada Pelayanan Pertanahan bagi Warga se-Bandung Raya saat pelaksanaan Car Free Day, di Bandung, Minggu (1/11/2015).

Menurut Ferry , awalnya BPN RI telah meresmikan pelayanan akhir pekan (weekend service) terhadap masyarakat. Selanjutnya, setiap Kantor Wilayah BPN mengembangkan program mempercepat pelayanan yang hadir di pusat perbelanjaan, CFD hingga kegiatan pelayanan pada malam hari.

“Jadi ada konter-konter banyak melakukan percepatan pelayanan dari segi waktu,” ujar Ferry.

Ferry menambahkan, ada empat Kantor BPN yang sudah membuka pelayanan di CFD yakni Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Dengan kehadiran itu, Ferry berharap pelayanan Car Free Day Service, mampu memberikan kemudahan masyarakat Bandung Raya dalam mengurus sertifikasi tanah.

“Ada kebutuhan yang harus direspons. Di awal kami sudah launching pelayanan weekend service. Kemudian kantor-kantor melanjutkan,” kata Ferry.

Masyarakat sedang mengurus sertifikat tanah di mobil keliling BPN Bandung
Masyarakat sedang mengurus sertifikat tanah di mobil keliling BPN Bandung / destinasi bandung

Menurut dia, pelayanan seperti ini tengah menjadi bagian dari strategi setiap kantor pertanahan di seluruh Indonesia. Seluruh kantor wilayah (Kanwil) membuka inisiatif untuk pelayanan yang menyentuh masyarakat secara langsung.

Oleh karena itu, kata dia, di manapun, kapanpun warga Bandung Raya dapat menghampiri dan mendaftarkan serta mencari informasi soal sertifikasi tanah melalui Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah atau Larasita, sesuai domisilinya.

“Kami telah merancang pelayanan paling lama 70 hari, 70 jam dan 70 menit seperti yang telah dilakukan Kantor BPN Kota Surabaya Jawa Timur. Dia menambahkan, program itu guna mempercepat pelayanan berkaitan dengan sertifikasi akan hadir di seluruh Indonesia,”pungkasnya.

Acara yang di pandu oleh Joe P Project ini berlangsung cukup meriah dan di hadiri oleh pengisi acara diantaranya penampilan grup band Mat Bitel dan penyanyi sudah malang melintang di belantika musik nasional Dewi Gita.

Comments

Komentar Disini