Kenalkan Pariwisata Halal Lewat Radio Komunitas Se Bandung Raya

0
39

Destinasi Bandung- Kenalkan Pariwisata Halal Lewat Radio Komunitas Se Bandung Raya. Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung mengadakan kegiatan bertajuk “Sosialisasi Konsep Pariwisata Halal bagi Masyarakat Jawa Barat melalui Radio Komunitas”.

Sosialisasi dalam rangka KKNM – Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada Sabtu, (10/8/2019) di Aula Kantor KPID Jawa Barat, Malabar, Kota Bandung.

Dian Wardiana, dosen Unpad pembimbing kegiatan ini berharap adanya sosialisasi mampu mengenalkan pariwisata halal kepada masyarakat. Hal ini dapat membantu masyarakat untuk berwisata dengan tetap menjalankan kepercayaan yang mereka anut.

Seminar ini menghadirkan dua pembicara utama, yakni Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Jawa Barat Irianto Edi Pramono dan Kepala Seksi Standarisasi Produk Wisata dan Usaha Jasa Disparbud Yoharman Syamsu.

Dalam pemaparannya Irianto Edi Pramono menyerukan agar radio komunitas (rakom) menyiarkan konten yang bermanfaat bagi masyarakat. Ia menjelaskan beberapa peraturan yang harus setiap rakom ikuti, seperti frekuensi radio yang tidak boleh mengganggu frekuensi pesawat.

“Mampu berdiri dan siaran bukanlah hal yang mudah bagi rakom. Edi mengapresiasi radio yang mampu berdiri dan mengudara dengan biaya sendiri tersebut,”ujarnya.

Sementara itu pemateri kedua Yoharman Syamsu dalam pemaparannya mengenalkan konsep pariwisata halal yang tengah Disparbud canangkan. Pariwisata merupakan salah satu pemasukan besar Indonesia. Kemudahan dalam berwisata, seperti tempat ibadah dan makanan halal, perlu ada di setiap tempat wisata. Salah satu alasannya karena banyak turis asing beragama Islam yang mengunjungi Indonesia.

“Semangatnya adalah pemerintah bersama-sama dengan kota dan kabupaten salah satu komitmen untuk mengembangkan pariwisata halal dengan membuat atau kesepakatan untuk bersama-sama mendukung dan mengembangkan pariwisata di Jawa Barat,”pungkasnya.

Dihadiri oleh 20 peserta dari 10 radio komunitas se-Kabupaten Bandung dan sekitarnya, sosialisasi berlangsung dengan lancar.

Peserta antusias mendengarkan pemaparan dari kedua pemateri. Mereka juga tak segan bertanya mengenai penyiaran radio dan pariwisata Indonesia. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan jargon “Pesona Indonesia, Wonderful”. (Erwina Rachmi / Putri Desyana)

Comments

Komentar Disini