Kerennya Mitsubishi New Triton Saat Melintas di Alam Pulau Lombok

0
25

Destinasi Bandung- Kerennya Mitsubishi New Triton Saat Melintas di Alam Pulau Lombok. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar test drive empat produk andalannya yakni Xpander Cross, Outlander PHEV, Eclipse Cross, dan New Triton. Uji mengemudi untuk media ini dibagi ke dalam tiga batch yakni di Jawa Timur, Bali, dan Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Beritasatu.com berkesempatan menjajal empat produk Mitsubishi ini dalam Batch 3 dengan rute mengelilingi Pulau Lombok 6-8 Februari 2020.

Jalur Hotel Illira menuju Sesela Market dijalani tanpa hambatan berarti. Pengemudi hanya harus waspada karena banyaknya pengendara motor. Jarak sekitar 35 km dilalui dengan mulus, apalagi ditunjang dengan performa New Triton yang sebenarnya disiapkan untuk menempuh medan offroad atau ekstrem.

New Triton merupakan model pikup terbaru Mitsubishi Motors yang dikembangkan dengan konsep “Engineered Beyond Tough”
Pada model terbaru, terdapat perubahan dan pengembangan besar baik dari sisi desain, performa pengendaraan, serta kemampuan pintar yang dikombinasikan dengan kenyamanan sebuah mobil. Ketangguhan New Triton mulai terlihat dari sisi eksterior dengan image yang lebih kuat dan tangguh, menggabungkan konsep desain Dynamic Shield yang stylish.

New Triton juga mendapatkan penyempurnaan sistem 4WD untuk memberikan peningkatan performa lewat off-road mode untuk memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai kondisi medan serta peningkatan sistem keamanan.

New Triton juga dilengkapi dengan fitur bantuan untuk pengemudi seperti Hill Decent Control (HDC) untuk menjaga kecepatan kendaraan dengan kondisi berbagai medan.

Secara keseluruhan, berbagai fitur pada New Triton mendapat pembaharuan signifikan dari sisi daya tahan dan keandalan yang dibutuhkan oleh konsumen komersial namun tidak melupakan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, New Triton juga dilengkapi dengan fitur keamanan canggih, seperti tujuh SRS airbag, Forward Collison Mitigation System (FCM) mengaplikasikan pengereman darurat dengan sensor visual di depan kendaraan. New Triton juga dilengkapi dengan Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS) untuk mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor mendeteksi ada halangan dari arah depan maupun belakang.

Berkendara terasa semakin aman dengan Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) akan memperingatkan pengemudi terhadap keberadaan kendaraan lain di titik blind spot atau yang melaju cepat dari belakang. Rear Cross Traffic Alert (RCTA) untuk memonitor laju kendaraan di belakang kendaraan, Automatic High Beam secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah lewat sensor dan monitor.

Setelah selesai melalui acara di Sesela Art Market, rombongan pun berangkat ke Kuta Mandalika yang berjarak sekitar 52 kilometer. Kami menempuhnya sekitar 1 jam. Dengan mengendarai New Triton, semua medan pun kami lalui dengan mudah.

Puas menjajal New Triton, kami juga berkesempatan mencoba Xpander Cross. Tak banyak penyesuaian yang harus kami lakukan saat berganti dari New Triton ke kendaraan yang memiliki mesin 1500 cc ini. Semua fiturnya membuat pengemudi bisa dengan mudah mengemudikannya.

Model terbaru Mitsubishi Motors yang baru saja diluncurkan pada November 2019 lalu tersebut menjadi kendaraan utama dalam perjalanan #AyoGasTerus Media Adventure. Kendaraan crossover yang menjadi varian tertinggi dari Xpander ini memberikan keunggulan berkendara di berbagai medan bagaikan SUV namun tetap memberikan kenyamanan dari sebuah MPV.

Kenyamanan berkendara semakin terasa dengan suspensi khusus, juga ground clearance 225mm yang dimiliki Xpander Cross semakin mantap melewati medan yang menantang dan perbukitan serta jalan berkelok. Xpander Cross dibekali mesin gasoline 1.5 L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) DOHC 16 valve.

Mesin 4A91 pada Xpander Cross merupakan pembaruan dari seri 49A, di mana secara efisiensi bahan bakar lebih tinggi dan suara mesin lebih halus.

Xpander Cross menjadi “Your Adventure Buddy” alias “Sahabat Petualangan Anda” yang siap untuk mengawal petualangan dengan semua keistimewaan yang dimilikinya. Mengusung tagline “Don’t Stop, Xpand Your Adventure”, Xpander hadir dengan DNA SUV, yang merupakan realisasi dari arah strategis brand Mitsubishi Motors sesuai dengan tagline global “Drive your Ambition”.

Dengan fitur LED headlamp dan foglamp, yang dipadukan dengan kaca depan yang luas dan posisi duduk yang tinggi semakin meningkatkan visibilitas saat melewati area pegunungan yang berkabut. Tidak hanya itu, berkendara menjadi semakin nyaman dengan fitur cruise control untuk memudahkan pengendara mengontrol kecepatan selama perjalanan.

Xpander Cross hadir dengan desain eksterior yang sangat gagah dipadu dengan kenyamanan serta fungsionalitas interior yang siap menunjang petualangan bersama keluarga.

Untuk menuju kawasan tersebut, peserta ditantang untuk melewati jalur pegunungan yang terjal dan berliku. Daerah ini juga merupakan titik pusat Gempa Lombok yang terjadi pada bulan Juli 2018 lalu. Di kanan kiri jalan, dapat pula disaksikan sisa-sisa reruntuhan bangunan dan juga rumah-rumah beratap seng sebagai pengganti atap yang runtuh.

Di sepanjang perjalanan di kaki gunung Rinjani tersebut, peserta test drive disuguhkan pemandangan bukit yang indah, pepohonan rindang, hingga ditemukan monyet liar yang turun dari hutan ke jalanan, terutama di daerah Sembalun.
Memasuki kawasan Rinjani. Hujan mulai turun. Pengemudi harus sangat hati-hati karena jalanan licin namun Expander dengan mudah melibasnya.

Kendaraan ini bisa bermanuver dengan baik meski melewati jalanan yang sempit menuju Rinjani. Perjalanan semakin nyaman dan menyenangkan, karena pada rute perjalanan ini peserta dapat mencoba kenyamanan special tuned suspension dengan ground clearance terbaik di kelasnya (225mm), yang dipadukan dengan kabin yang luas dan nyaman serta desain sporty model crossover MPV, Xpander Cross.

Kegiatan #AyoGasTerus Media Adventure 2020 dilanjutkan menuju kawasan Lombok Utara yaitu Pondok Bangket. Peserta melalui jalur menurun dan berkelok menyusuri pantai utara Lombok untuk mencapai destinasi ini. Petualangan media ditutup di Pantai Senggigi yang menawarkan pemandangan indah.

Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga.

Sedangkan, pada Hybrid Driving Mode dibagi menjadi 2 (dua) mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak. Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstratenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi).

Comments

Komentar Disini