Komunitas Bartstard : Membentuk Tubuh Ideal Tidak Harus Mahal

0
108
.

Destinasi Bandung-Komunitas Bartstard : Membentuk tubuh Ideal tidak Harus Mahal. Banyaknya kegiatan terkadang membuat kita mengabaikan kesehatan. Dampaknya tubuh kita menjadi cepat lemas, dan mudah terserang penyakit. Tentunya banyak cara untuk menjaga kebugaran tersebut salah satunya dengan olahraga. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai manfaat, tidak hanya bisa menjaga kebugaran tubuh, tapi dengan olahraga kita akan terhindar dari pengaruh stress secara berlebihan. Namun yang menjadi masalah padatnya rutinitas membuat kita bingung mencari luang untuk berolahraga. Jangan khawatir, di Bandung terdapat salah satu komunitas yang melakukan kegiatannya pada malam hari.

Berbicara mengenai komunitas, tentunya Bandung memiliki banyak komunitas olahraga yang tersebar di Kota Bandung. Bartstard (Bandung Street Workout Addict) adalah Bastrad adalah sebuah komunitas olahraga dimana kita mengedepankan pembentukan badan, jadi bastrad ini adalah komunitas olahraga Street Workout dimana kita menggunakan metode Calisthenics Sebagai inti latihan dalam pembentukan badan maupun pembakaran lemak. Secara umum, calisthenics merupakan sebuah metode latihan beban dengan menggunakan bobot badan sendiri.

.

Menurut Ilham Awal mulanya terbentuk komunitas ini oleh sekelompok anak muda Bandung yang memiliki keinginan sama yaitu sama-sama suka berolahraga, ingin menyadarkan kepada masyarakat, merubah mindset bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat bugar bahkan sampai tubuh yang ideal itu tidaklah sulit dan tidak mahal. karena mindset orang itu masih berpikir kalau ingin punya badan yang fit itu mereka harus ketempat gym dan harus membayar mahal. Sedangkan sebetulnya dengan metode ini kalian dapat melakukan dimanapun dan kapanpun dan hasilnya juga sangat menjanjikan, dan itu yang mendorong kita membentuk komunitas seperti Bartstard ini. Ilham sendiri merupakan penanggung jawab komunitas sekaligus yang mendirikan komunitas Bartstard (Bandung Street Workout Addict).

.

“Sebetulnya bukan hanya saya saja yang membawa komunitas ini namun ada beberapa orang juga cuma memang sekarang yang tersisa memang hanya saya karna yang lain sudah berkeluarga dan memiliki kesibukkannya masing-masing,”ujar Ilham.

Terbentuk pada 19 Oktober 2013 dan sudah diikuti sekitar 250 orang, komunitas ini melakukan kegiatannya setiap hari Senin hingga Jumat malam pukul 19.00-21.00 bertempat di Taman Persib tepatnya Jalan Supratman Bandung. Kagiatan dari hari ke hari tentunya dengan materi yang berbeda-beda. Diawali dengan warming up bersama, masuk materi inti hingga di akhiri oleh coolingdown, dan penutupan.

Bagi yang ingin membentuk tubuh yang ideal dengan biaya yang relative murah bisa langsung gabung dengan komunitas ini. Menurut Ilham untuk masuk ke komunitas ini tidak ada pantangan sedikit pun. “Sama sekali tidak ada syarat apapun jadi bagi siapapun masyarakat dari kalangan manapun, agama apapun, usia berapapun, atau status apapun bisa langsung datang ke tempat kita latihan, dan itu gratis tidak ada persyaratan apapun, tidak ada registrasi apapun,”katanya.

.

Ilham berbagi Tips bagi kalian yang baru mau bergabung dengan komunitas ini. “Pemula itu kadang malu dan minder untuk join bareng sama kita, sebetulnya itu mental kita dilihat dari situ, sebetulnya kita kan mulai dari nol dari yang cungkring jadi berisi, dari yang gemuk jadi ideal, dari yang gabisa apa-apa jadi bisa, intinya ya itulah proses belajar. Jadi pesan kita untuk kalian percaya diri saja, niat, belajar bersama-sama”bebernya

Tentunya dengan mengikuti komunitas ini memiliki keuntungan tersendiri. “Keuntungannya itu banyak banget yah, pertama kita tidak memerlukan biaya yang mahal untuk mendapatkan badan yang ideal, kedua kalian dapat merasakan sensasi baru berolahraga dengan teknik Calisthenics yang mungkin belum pernah kalian rasakan sebelumnya karena kita dilakukan di Outdoor, Jauh lebih fresh, bersama-sama, jauh lebih seru, dan yang ketiga tidak membosankan karna ya kita fun aja.” Ujar Ilham

Ilham menambahkan, harapan saya pribadi untuk teman-teman ya saya ingin komunitas ini tetap hidup. “Tetap hidup dalam artian bisa mengajak masyarakat dalam mengenal olahraga ini dan lebih banyak tau orang tentang pentingnya tubuh yang sehat dan bugar dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, dan saya juga berharap kepada masyarakat untuk dapat memperhatikan olahraga ini karna ini salah satu kreatifitas anak muda kota Bandung,”ujarnya.

Selain terdapat di Taman Persib, Komunitas ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia. di Bandung sendiri itu kurang lebih itu ada 5/6 tim, di sabuga, Soreang, Telkom, Widyatama, dan Cimahi. Untuk di Luar Bandung terdapat di Jakarta Bogor, Tasik, Banten. Palembang, Padang, Aceh, Lampung, Batam, Pontianak, balik papan, di Samarinda, makasar, bali, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Bagi yang ingin mengikuti dan bergabung bersama komunitas Bartstard (Bandung Street Workout Addict) bisa langsung mengikuti latihannya yang diadakan setiap hari Senin hingga Jumat pukul 19.00-21.00 tepatnya di Taman Persib di Jalan Supratman tepatnya di depan Pussenif atau bisa kepoin media Sosial Twitter dan Instagram @barstardbdg dan bisa add Official Linenya yang tertera di akun media sosial Instagramnya.

Comments

Komentar Disini