Kongres Alumni Doktor Ilmu Komunikasi Unpad Lahirkan 3 Pernyataan Sikap

0
126

Destinasi BandungKongres Alumni Doktor Ilmu Komunikasi Unpad Lahirkan 3 Pernyataan Sikap . Alumni program Doktoral Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran sukses menggelar kongres untuk pertama kalinya. Alumni program Doktor ilmu komunikasi ini di hadiri sebanyak 150 peserta yang bertempat di gedung Unpad Training Center (UTC) jalan Ir.H. Djuanda Bandung, Rabu (13/12/2017).

Selain kongres, juga di selenggarakan diskusi ilmiah dengan tema “Peran Serta Kaum Intelektual dalam Menjembatani Gap Komunikasi dan Mengantisipasi Persaingan Masyaralat Global”.

Dalam kongres tersebut juga sekaligus diadakan pemilihan ketua komunitas alumni Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Dalam sambutannya, ketua terpilih alumni program Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Rahmat Edi Irawan mengatakan, Alumni Doktor Unpad sudah menghasilkan 150 orang Doktor ilmu Komunikasi, 10 guru besar dan profesor di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air.

“Unpad sudah memberikan warna tersendiri bagi pembenahan ilmu komunikasi di Indonesia, maka pada hari ini kita mencoba berkumpul untuk membuat organisasi yang mewadahi alumni doktor ilmu komunikasi Unpad. Jadi kita sudah sepakat ada pemilihan ketua dan membuat pernyataan sikap seputar situasi dan kondisi terakhir yang di hadapi oleh bangsa Indonesia,”paparnya.

Lebih lanjut Rahmat menambahkan, intinya adalah kita menyadari bahwa perlu ada penyiapan sumber daya manusia yang mumpuni dan cukup siap, baik dari kualitas dimana untuk menghadapi persaingan.

“Maka mau tidak mau perlu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dan kita dari Doktor ilmu Komunikasi Unpad menyadari merupakan tantangan kedepannya baik bagi alumni lulusan doktor ilmu komunikasi Unpad,”ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, pihaknya menyambut baik terbentuknya ikatan alumni doktor ilmu komunikasi Unpad. Ini merupakan salah satu ikhtiar saja dari komunitas komunikasi untuk melakukan kolaborasi dan aliansi strategis , didalam komunitas komunikasi tetapi itu bukan untuk kepentingan komunikasi tapi lebih jauh lagi bagaimana komunikasi ini bisa berkontribusi terhadap perkembangan bangsa dan negara ini, memperbaiki permasalahan -permasalahan yang muncul.

“Karena tidak sedikit permasalahan yang muncul tentang masalah kebangsaan. Artinya bagaimana orang-orang komunikasi bisa menjembatani permasalahan komunikasi. Dan sekaligus juga mengantisipasi persaingan masalah global yang ditandai dengan perubahan teknologi informasi yang begitu cepat,”papar Dadang.

Kalau perkembangan komunikasi tidak diimbangi dengan cepat tambah Dadang, tantangan itulah yang akan dijawab oleh forum doktor ilmu komunikasi ini.

“Kita bisa Kolaborasi dengan forum komunikasi lainnya, ada iski, perhumas dan lain-lain.Juga bagaimana lintas dan trans disiplin ilmu dan ahli-ahli atau pakar praktisi lainnya.

Merespon apa yang terjadi dalam situasi dan kondisi bangsa sekarang ini. Komunitas alumni Doktor Ilmu Komunikasi ingin fokus yang berkaitan langsung dengan ilmu komunikasi yang menjadi tanggung jawab para alumni ilmu komunikasi.

Berikut pernyataan sikap ikatan doktor ilmu komunikasi unpad :
1.Mendukung etika komunikasi dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat.
2. Membangun kemampuan literasi media informasi kepada masyarakat.
3. Menolak informasi bohong dan provokatif yang mengarah kepada disintegrasi bangsa.

Comments

Komentar Disini