Kontes Kopi Spesialti Indonesia Digelar 17-19 Oktober di Bandung

0
65

Destinasi Bandung-Kontes Kopi Spesialti Indonesia Digelar 17-19 Oktober di Bandung. Bagi Anda para penyuka kopi ataupun peminat di industri kopi jangan lupa untuk daftar ya, karena PT Langit Biru Maharaya bersama Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) akan menggelar Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-11 di Gedong Sabilulungan, Soreang, Bandung, pada 17 – 19 Oktober 2019 mendatang. Selain KKSI, event ini juga akan dimeriahkan oleh Pasar Kopi.

KKSI merupakan acara tahunan yang digelar AEKI sejak 2008 lalu. AEKI c.q. Kompartemen Kopi Specialty bekerjasama dengan PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api), PT Excelso Multirasa, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia serta BPD AEKI DKI Jaya dan atas prakarsa Pranoto Soenarto menyelenggarakan Kontes Kopi Specialty Indonesia 2008. Sejak saat itu, acara ini menjadi menjadi acara tahunan (Annual Event),” ucapnya.

Menurut ketua penyelanggara kontes kopi dari PT Langit Biru Maharaya Adep Husni mengatakan, Tujuan acara ini adalah untuk menginventarisasi karakteristik mutu fisik dan citarasa kopi spesialti dari seluruh Indonesia, memilih kopi specialty dari seluruh Indonesia hasil panen tahun kontes yang memiliki mutu fisik dan citarasa terbaik, serta mendukung pemantapan dan pengembangan produksi kopi specialty di Indonesia untuk pasar ekspor dan pasar domestik.

“Kontes ini bisa mendorong lahirnya kopi-kopi yang berkualitas dan bercitarasa baik, mendorong agar kopi-kopi spesialti di Indonesia dapat terus mempertahankan citarasanya, mendorong peningkatan nilai jual kopi Indonesia khususnya kopi-kopi yang berkualitas baik yang dihasilkan di Indonesia, mempromosikan kopi-kopi yang bercitarasa baik, serta menciptakan hubungan yang lebih terintegrasi antara Pemerintah, pelaku kreatif dan stakeholder untuk komoditas Kopi,”katanya.

Lebih lanjut Adep mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan dan mempromosikan daerah penghasil kopi sebagai destinasi wisata yang ada di Indonesia. dengan demikian, akan ada peningkatan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara ke daerah penghasil kopi di Indonesia.

“KKSI dapat juga memperkenalkan kreativitas dan inovasi dalam pengolahan ketiga komoditas tersebut sehingga menjadi produk andalan bagi masyarakat dan wisatawan,”katanya.

Sementara itu untuk ketentuan dan hadiah lomba yakni para peserta bisa berasal dari perorangan, kelompok tani, koperasi,perusahaan, Dinas pemerintah, Lembaga penelitian ,Coffe shop,eksportir kopi dan lain-lain.
Adapun Proses seleksi dilakukan melalui 2 tahap yaitu :
Tahap awal yang di lakukan oleh PPKKI di jember yaitu peserta mengirimkan sample kopi,dan dari seleksi awal akan diambil 15 kopi terbaik dengan urutan score tertinggi , dan untuk yang terpilih akan di sampaikan melalui social media baik Instagram dan facebook.
Seleksi tahap akhir (Final) yang akan di lakukan di Gedong Sabilulungan Bandung pada tanggal 19 Oktober 2019.
Yaitu dari 15 peserta yang sudah terpilih akan diberikan hadiah berdasarkan masing-masing kelompok arabika, Robusta dan natural dimana akan mendapatkan hadiah sebagai berikut :
*Juara 1 : 10.000.000 (Sepuluh juta rupiah)
*Juara 2 : 7.500.000 (Tujuh juta lima ratus ribu rupiah )
*Juara 3 : 5.000.000 (Lima juta rupiah )
*Piala
*PIagam souvenir

Untuk pemenang akan di kirimkan sertifikat kepesertaan beserta score tahap awal melalui Email /whats up dan panitia juga akan mengirimkan seluruh hadiah kepada para peserta yang menjadi juara apabila yang bersangkutan tidak hadir pada saat Gala Dinner.

Panitia akan mendiskualifikasi terhadap kopi yang di kirim apabila :
Pengiriman sudah lewat dari tanggal yang sudah di tentukan
Biji kopi tidak memenuhi syarat
Pengiriman kopi tidak disertai dengan formulir
Peserta tidak bisa di konfirmasi oleh panitia

Berikut Rundown acara KKSI ke 11 :
Tgl 17 Oktober 2019 (Kamis)
Jelajah kopi
Forum Diskusi kopi nasional
KKSI Sight tour sabilulungan
Kompetisi manual Brewing
Welcoming Dinner

TGl 18 Oktober 2019 (Jumat)
Asia kopi symposium
Kompetisi manual brew (Final)
Opening Ceremony KKSI ke 11

Tgl 19 Oktober 2019 (Sabtu )
Final KKSI ke 11
Fun Cupping competition
Expose profile member of Asia
Pasar Kopi

Comments

Komentar Disini