Lebih Gaya dengan Jaket Bomber

0
665
Jaket Bomber

Destinasi Bandung- Lebih Gaya dengan Jaket Bomber. Jaket bomber saat ini tengah menjadi trend yang banyak diburu oleh kalangan kaum muda di Indonesia. Sebenarnya tren ini sudah lama ada, namun akhir-akhir ini Popularitas jaket tersebut semakin naik setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menggunakan jaket bomber. Jokowi memakainya saat berpidato tentang aksi damai di Jakarta pada 4 November 2016 lalu. Sontak membuat penasaran para netizen yang ternyata Jaket Bomber tersebut merupakan salah satu koleksi Zara terbaru.

Jaket Bomber
Jaket Bomber

Namun jika kita telaah kembali Banyak dari Fashion Pria itu berhutang budi pada sejarah Militer. Dari model kemeja hingga jaket, banyak dari pakaian yang kita pakai saat ini bermula dari pakaian Militer. Salah satunya adalah jaket Bomber atau yang biasa dikenal sebagai Flight Jacket. Sejarah panjang pun terdapat pada jaket ini, siluet bulky jaket ini berawal dimiliki oleh para pilot militer di United States Air Force saat perang Dunia II.

Jaket Bomber
Jaket Bomber

Saat itu,  sebagian besar pesawat tidak memiliki kokpit tertutup, sehingga pilot memerlukan pakaian yang tebal agar membuat mereka merasa nyaman dan hangat. Material kulit yang berat dan tebal pun dipercaya karena dapat menahan angin kencang saat pilot mengudara.

Jaket Bomber
Jaket Bomber

Inovasi pada seragam pilot pun berkembang, dari bahan kulit dan bulu binatang dirubah menggunakan bahan wool dan nylon anti air. Desain jaket bomber saat ini tak mungkin ada tanpa pengaruh dari jaket terdahulu yaitu A-2 dan B-15. A-2 memakai material berbahan kulit, memiliki kerah tinggi serta dua flap pocket bagian depan. Jaket Bomber yang sedang trend saat ini berawal dari desai B-15. Jaket ini mendapat sedikit modifikasi, nama lain jaket B-15 dikenal dengan jaket MA-1 yang dipakai United States Force pada tahun 1949.

Jaket Bomber
Jaket Bomber

Lalu di era tahun 1960-an, jaket Bomber yang identik dengan Militer mulai dipakai oleh pihak sipil. Jaket Bomber menjadi tren andalan komunitas Punk dan Skinhead di Inggris. mereka menggunakan Jaket Bomber dengan setelan Kaos Oblong (Polos), Celana Panjang Denim dengan lipatan di ujungnya, Sepatu Doc Martens dan atribut lainnya yang terinspirasi atribut militer. jaket Bomber pun diadaptasi juga oleh para masyarakat Jepang namun dengan gaya tradisional.

Jaket Bomber kembali mencuat dan menjadi tren besar saat jaket ini dipakai oleh actor Amerika yaitu Steve McQueen untuk film klasik The Hunter pada tahun 1980. Tidak hanya actor, bahkan anggota kerajaan Belgia Pangeran Phillipe menggunakannya saat ia berlatih menjadi Pilot Militer pada tahun 1981. Tak padam, popularitas jaket Bomber pun kian berlanjut hingga saat ini.

Terbukti kepopuleran jaket bomber mampu menyihir para pecinta fashion, dari mulai masyarakat biasa, selebgram, musisi dunia hingga Presiden Indonesia Joko Widodo menggunakan jaket yang sangat identik dengan Militer ini. namun yang paling terkenal adalah Kanye West yang sudah menggunakannya sejak tahun 2013 dan saat ini menjadi tren yang ikonik dari dirinya.

Comments

Komentar Disini