Mahasiswa&Komunitas Lingkungan Tanam Bunga di Hulu Sungai Citarum

0
54

Destinasi Bandung-Mahasiswa & Komunitas Lingkungan Tanam Bunga di Hulu Sungai Citarum. Hari Minggu, 25 Maret 2018 telah dilaksanakan kegiatan penanaman bunga di Situ Cisanti, KM 0 Sungai Citarum. Kegiatan ini diinisiasi oleh Spektrum Citarum, sebuah gerakan yang terdiri dari 3 mahasiswi yang berasal dari Universitas Brawijaya (UB) dan 1 mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan ini dilaksanakan bersama 13 komunitas dan 7 relawan para pegiat lingkungan di Jawa Barat yang peduli dengan kebersihan Sungai Citarum.

Penanaman ini dilaksanakan dengan tujuan memperindah hulu sungai Citarum agar dapat meningkatkan kesadaran generasi muda untuk menjaga lingkungan Sungai Citarum yang telah dibersihkan secara bertahap melalui program yang diusahakan pemerintah-TNI-POLRI bernama Citarum Harum. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 berangkat dari Kodam III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat bersama-sama menaiki 2 bis TNI Kodam III.

Para mahasiswa/i sampai di Situ Cisanti pukul 10.00 dan diadakan briefing oleh anggota TNI selaku koordinator penanaman bunga di Situ Cisanti, Pak Saoda.

Pembagian tugas kemudian dilakukan, ada yang melakukan penggemburan tanah, pelepasan bunga dari polybag dan melakukan penanaman bunga. Setelah istirahat sholat dan makan siang, pekerjaan dilanjutkan dengan menyiram dan memberikan pupuk pada bunga. Di penghujung acara, relawan yang berasal dari macam-macam komunitas dan universitas, yaitu antara lain KOPHI Jawa Barat, HMTL ITB, Komunitas Pendaki Gunung Regional Bandung, Satuan Komunitas Pramuka Kabupaten Bandung Barat, Klub Aktivis Pegiat dan Pemerhati Alam FIKOM UNPAD, Komunitas GOWES YON 1 ITB, HMTL Wasser Univ Kebangsaan Bandung, Kabinet KM ITB, Menwa YON XI, dan beberapa relawan yang berasal dari Universitas lainnya di Jawa Barat berkesempatan untuk keliling Situ Cisanti dengan menaiki perahu karet didampingi oleh anggota TNI Kodam III.

Para relawan dibawa mengitari hulu sungai, melihat langsung mata air sungai Citarum dan berkesempatan mengunjungi pintu mata air yang dijaga oleh juru kunci. Di sepanjang jalan menuju mata air, terlihat sungai begitu bening dan terdapat tumbuhan dan ikan-ikan yang dapat dilihat secara kasat mata dari atas perahu. Kegiatan ini selesai pada pukul 15.30 dan dilanjutkan dengan perjalanan pulang ke Kodam III Siliwangi di Bandung sampai pada pukul 18.00.

Para relawan menyebutkan terdapat kesan yang membekas setelah melakukan kegiatan dan jadi sadar bahwa hulu Sungai Citarum sebenarnya begitu bersih dari sampah dan baiknya dijaga dengan baik oleh semua masyarakat. Vania Sembiring (UB) selaku ketua Spektrum menjelaskan, Sungai Citarum adalah salah satu dari masalah yang ada di Indonesia khususnya lingkungan, untuk itu dibutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk menyelesaikan masalah di Indonesia secara bersama-sama. Kartika (UB) selaku marketing Spektrum menambahkan, jika ada rasa memiliki pasti kepedulian akan tumbuh dengan sendirinya, maka penting bagi kita semua khususnya generasi muda di Indonesia untuk punya rasa memiliki pada alam dan turut ambil bagian dalam penjagaannya demi keberlangsungan di masa depan.

“Semangat generasi muda ini sangat penting untuk dibina dan diselaraskan dengan aksi nyata” Theo (UGM), logistic Spektrum. Gabriela (UB) selaku Humas Spektrum juga berharap semoga teman-teman relawan dan komunitas yang hadir dalam kegiatan penanaman bunga di Situ Cisanti dapat menjadi penggerak di lingkungannya masing-masing setelah pulang dari kegiatan ini dan kelak kawasan hulu sungai Citarum ini dapat menjadi tempat wisata yang dijaga baik oleh masyarakat.

Comments

Komentar Disini