Mencari Surga di Indonesia Timur? Jelajahi Wisata Bawah Laut di 5 Pulau Eksotis Ini

0
58

Destinasi Bandung-Mencari Surga di Indonesia Timur? Jelajahi Wisata Bawah Laut di 5 Pulau Eksotis Ini. Pulau Sulawesi yang menjadi bagian dari Indonesia Timur memiliki pesona keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata lain di Indonesia. Eksotisme yang dihadirkan oleh pulau-pulau kecil disekitarnya, membuat Sulawesi menyimpan banyak surga wisata alam yang masih belum terjamah. Keindahan ini juga tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan Indonesia, namun juga telah menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang berasal dari berbagai belahan negara di dunia.

Tercatat, hingga bulan Mei 2019, Provinsi Sulawesi Utara sukses mendapat kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 32.927 orang (Sudarwan, 2019). Sementara itu, berdasarkan statistik tren pemesanan akomodasi dari OYO, jaringan hotel terbesar di Indonesia (berdasarkan jumlah kamar), juga menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk berkunjung ke wilayah Indonesia Timur ini cukup tinggi. Seperti di Makassar, tingkat okupansi hotel OYO di kota yang menjadi pusat bisnis di Pulau Sulawesi ini mencapai 65-70%, dengan rata-rata pemesanan terjadi setiap 1 menit.

Lebih lanjut, untuk turut mendukung geliat perkembangan industri pariwisata di Indonesia Timur, OYO Hotels, jaringan hotel terbesar di Indonesia (berdasarkan jumlah kamar) telah siap melebarkan jaringan hotelnya ke berbagai daerah destinasi pariwisata, termasuk ke pelosok daerah, di wilayah Sulawesi. Meta Rostiawati, Head of PR & Communications OYO Indonesia mengatakan, “Tidak hanya sebagai pusat ekonomi dan pintu gerbang Indonesia Timur, Sulawesi memang memiliki beragam potensi pariwisata yang belum banyak terekspos. OYO melihat Makassar dan Manado sebagai kota pilihan utama empat singgah bagi para wisatawan yang mencari wisata laut sembari menjelajahi pulau-pulau eksotis yang tersebar di Pulau Sulawesi. Sehingga, melalui kehadiran kami di Sulawesi ini dapat memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk menemukan ragam pilihan akomodasi berkualitas dengan harga kompetitif.”

Jika Anda, penyuka wisata alam khususnya wisata laut, dimana sajakah surga di wilayah Indonesia Timur yang menyimpan pesona wisata bawah laut nan eksotis? Berikut 5 pulau kecil yang akan membuat Anda terpukau akan keindahannya:

Pulau Samalona

Tidak begitu jauh dari Kota Makassar, Pulau Samalona menghadirkan pemandangan yang cantik dengan hamparan laut biru dan pasir putihnya. Pulau ini memang berukuran kecil, namun banyak sekali pengunjung memanfaatkan waktu untuk snorkeling dan diving karena pulau ini menyimpan banyak keindahan ragam alam bawah laut di dalamnya. Lokasi yang mudah dicapai dan dekat dengan ibu kota membuat Pulau Samalona sangat dikenal oleh para wisatawan, baik itu wisatawan asing maupun lokal. Dari Kota Makassar, jarak waktu yang ditempuh menuju pulau ini hanya dalam waktu 30 menit menggunakan perahu motor. Sebelum memulai petualangan ke Pulau Samalona, Anda bisa menginap terlebih dahulu di OYO 848 Hotel Sutomo yang terletak di sekitar area Losari dekat dengan dermaga untuk mengakses perahu motor di Kota Makassar.

Pulau Liukang Loe

Pulau Liukang Loe terletak di sekitaran depan kawasan Tanjung Bira, di Kabupaten Bulukumba. Pulau ini memiliki pantai dan hamparan laut biru, dengan pasir putih yang bersih dan halus di tepiannya. Selain keindahan pantai, Pulau Liukang Loe juga merupakan tempat terbaik untuk melakukan snorkeling karena memiliki keindahan alam bawah lautnya yang sangat indah dengan air laut biru dan tenang. Hal yang menarik dari kawasan pulau ini adalah penangkaran penyu yang juga menjadi salah satu fasilitas di kawasan Pulaunya. Anda akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan merasakan sensasi berenang bersama penyu-penyu besar tersebut. Untuk perjalanannya, jarak tempuh dari Kota Makassar ke Tanjung Bira memakan waktu 5 jam. Seringkali wisatawan dari luar singgah dulu ke Kota Makassar sebelum berangkat ke Tanjung Bira untuk menuju Pulau ini. Capital O 1276 Aswin Hotel & Spa dapat menjadi salah satu pilihan hotel yang bisa Anda kunjungi ketika singgah di Makassar. Ada layanan spa di hotel ini yang bisa Anda coba sebelum memulai bertualang ke Tanjung Bira.

Pulau Kambing

Bukan berarti dengan nama ini Anda akan melihat banyak kambing berkeliaran di dalamnya. Masih berada di sekitaran Tanjung Bira, Pulau Kambing memiliki pesona yang tak kalah indahnya dari Pulau Liukang Loe. Tebing-tebing yang terjal di sekitar pulaunya menjadikan pulau ini sangat terlihat eksotis. Anda bisa melihat panorama laut yang indah dari menaiki tebing ini. Pulau Kambing juga merupakan tempat terbaik untuk melakukan snorkeling dan diving dengan air laut kristal nya. Anda akan menemukan ikan-ikan badut yang banyak berkeliaran di dalam laut. Yang unik dari pengalaman ini adalah Anda juga bisa menemukan beberapa hiu yang sedang bersembunyi di balik batu karang. Kapan lagi Anda bisa mendapatkan pengalaman seru berenang bersama Hiu? Seru bukan! Sebelum bermain bersama Hiu, Anda bisa menginap di Capital O 454 Raising Hotel ketika bersinggah di Makassar.

Pulau Lembeh

Beralih dari Selatan, kini kita ke bagian Utara dari Pulau Sulawesi. Pulau Lembeh yang terletak tepatnya di Kota Bitung menjadi destinasi favorit di Provinsi Sulawesi Utara. Memang keindahan dari Pulau Lembeh sendiri tidak diragukan lagi, terutama keindahan alam bawah lautnya sehingga banyak dijadikan tujuan utama wisatawan untuk bersantai dan juga diving melihat keindahan lautnya. Pulau Lembeh merupakan surga bagi para pecinta diving karena memiliki 92 titik penyelaman dan juga dihuni oleh sekitar 300 famili binatang bawah laut, dengan ribuan spesies (ksmtour.com). Untuk menuju Pulau Lembeh, Anda harus singgah dulu di Manado untuk menuju Kota Bitung yang menempuh jarak selama 45 menit – 1 jam. Selama di Manado, Anda bisa menginap di 11 pilihan hotel terstandarisasi OYO yang ada di kota Manado, salah satunya OYO 1318 Hotel Prince Boulevard. Setelah itu, Anda dapat menaiki perahu dari dermaga menuju Pulau Lembeh hanya dalam kisaran waktu 15 menit.

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga memang tidak seterkenal Pulau Bunaken atau Pulau Lembeh yang ada di kawasan Provinsi Sulawesi Utara. Namun, pemandangan yang disuguhkan oleh pulau ini tidak kalah menarik dan bahkan akan memberikan pengalaman yang unik bagi Anda yang suka berpetualang ke pulau yang tidak berpenghuni. Walaupun tidak berpenghuni, pulau ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama saat di akhir pekan. Masih banyak wisatawan-wisatawan yang memang hobi berpetualang menjadikan pulau ini sebagai destinasi untuk eksplorasi pantai dan laut yang ada di sekitaran pulau ini. Pulau Lihaga memang dianggap seperti Maldives nya dari Indonesia Timur karena pulau nya yang masih belum berpenghuni dan juga keindahan alamnya masih sangat terjaga. OYO 955 Hotel Boulevard bisa menjadi pilihan Anda ketika singgah di Manado.

Comments

Komentar Disini