Menelusuri Sejarah Kota Bandung Bersama Komunitas Aleut

0
31
Komunitas Aleut / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung- Menelusuri Sejarah Kota Bandung Bersama Komunitas Aleut. Di setiap kota besar di Indonesia selalu menyimpan warisan sejarah baik itu sejarah kotanya maupun gedungnya , tidak terkecuali kota Bandung. Bandung dikenal sebagai kota yang banyak menyimpan peninggalan sejarah. Berbagai warisan peninggalan Belanda dapat dengan mudah dijumpai di berbagai sudut kota. Sebagian besar peninggalan tersebut berwujud bangunan bergaya arsitektur zaman kolonial. Namun sayangnya sebagian masyarakat belum sepenuhnya tahu atau bahkan tidak mengenal beragam peninggalan sejarah tersebut.

Komunitas Aleut / Destinasi Bandung

Salah satunya adalah Komunitas Aleut yang mencoba ingin membangun kesadaran masyarakat untuk mengenal sejarah. Aleut sendiri merupakan kata dari bahasa Sunda yang artinya berjalan beriringan. Nama Aleut diambil karena setiap berkegiatan, aktivitas mereka selalu dilakukan bersama-sama saat mempelajari sebuah tempat bersejarah.

Komunitas Aleut / Destinasi Bandung

Uniknya komunitas ini mempelajari sejarah dengan cara mendatangi langsung tempat-tempat bersejarah yang dituju. Metode ini dinilai cukup efektif untuk memberikan pengetahuan baru bagi anggota yang ingin belajar sejarah secara langsung.

Komunitas Aleut / Destinasi Bandung

Komunitas yang berdiri sejak 2006 ini banyak menggelar kegiatan. Setiap hari Minggu ada acara ngaleut Komunitas Aleut rutin mendatangi lokasi-lokasi bersejarah. Di Hari Sabtu ada literasi buku, setiap hari selasa ada nonton film di sekretariat.

Komunitas Aleut / Destinasi Bandung

“Kita ngumpul di satu titik untuk briefing dulu, diberi pengantarnya dulu dan biasanya sebelum memulai kegiatan itu kita ada sesi perkenalan, asal dari mana, kuliah atau kerja di mana, setelah itu baru kita jalan. Rutinnya kegiatan ini dilakukan setiap Minggu. Namun ngaleutnya di luar hari Minggu juga ada, kalau akses yang agak sulit biasanya di hari kerja,” kata salah satu koordinator Komunitas Aleut Irfan kepada Destinasi Bandung di acara ngaleut sejarah ngabuburit di kota Bandung kerjasama dengan Best Western Premier La Grande Hotel Bandung saat bulan Ramadan yang lalu.

Komunitas Aleut / Destinasi Bandung

Saat ini jumlah anggota aktif Komunitas Aleut sekitar 800 – 1000 orang, tetapi yang aktif sekitar 50 orang. Selain berkegiatan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, komunitas ini juga menggelar kelas resensi buku. Kelas resensi buku ini digelar setiap hari Sabtu. Setiap anggota komunitas diwajibkan membaca salah satu jenis buku yang dipilih sesuai minatnya.

Komunitas Aleut / Destinasi Bandung

Nantinya masing-masing anggota menjelaskan isi buku yang dibacanya tersebut kepada anggota lain. “Jadi setiap hari Sabtu ada kelas resensi buku. Kita sharing buku-buku yang dibaca oleh setiap anggota. Tak melulu harus buku soal sejarah, bisa filsafat, militer, cerpen, buku apapun pokoknya,” katanya.

Salah satu tujuan utama dari Komunitas Aleut yakni membangun kesadaran warga untuk mencintai kotanya dengan mengenal sejarah. Namun penyampaiannya dikemas dengan cara lebih menyenangkan.

“Utamanya lebih ke kesadaran tempat tempat bersejarah. Dengan kenal kan lebih cinta kotanya. Setelah cinta pasti lebih menjaga kotanya. Itu sih tujuan kita seperti itu, kenal, cinta jaga. Selain itu, di Bandung banyak yang bukan asli orang Bandung, bisa dia kuliah ataun cuma kerja di Bandung. Kita harapkan semangat ini bisa mereka bawa ke kota mereka masing masing. Jadi ketika mereka meninggalkan Bandung. Semangat itu bisa dibawa dan bisa menular,” katanya.

Untuk menjadi anggota dari komunitas ini cukup mudah, tidak persyaratan tertentu yang penting cinta terhadap kota Bandung. Anggota cukup melihat rencana kegiatan yang diposting di media sosial Komunitas Aleut. Cukup follow akun twitter @komunitasaleut, Instagram @komunitasaleut fans page Facebook komunitas aleut.

Setiap anggota baru dikenakan biaya pendaftaran Rp 15 ribu untuk satu tahun plus dapet pin keanggotaan.

Comments

Komentar Disini