Mengenal Alat Musik Tradisional Bersama SADAYA

0
34

Destinasi Bandung-Mengenal Alat Musik Tradisional Bersama SADAYA. Alat musik tradisional mungkin sudah jarang di minati oleh kebanyakan orang terutama generasi muda. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat masih minim pengetahuan mengenai alat musik tradisional. Untuk tetap melestarikan budaya sunda, Saung Budaya Unikom mengenalkan alat musik tradisional khas jawa barat yaitu angklung agar generasi muda tidak melupakan budaya asli Indonesia.

Sadaya / Destinasi Bandung

Saung Budaya atau yang sering di singkat SADAYA ini merupakan ukm di Universitas Komputer Indonesia. Berdiri pada tahun 2008, SADAYA mendalami alat musik tradisional seperti angklung, perkusi, rampak kendang, gamelan, dan tari tradisional.

Sadaya / Destinasi Bandung

Setiap tahunnya SADAYA selalu mengadakan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu tri dharma universitas. Namun pada tahun ini konsep yang di buat untuk pengabdian masyarakat berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini SADAYA mengajak anak anak dari SDN 128 Haurpancuh yang berada di jalan haur pancuh no 76 lebakgede, coblong Bandung untuk belajar bermain alat music tradisional angklung bersama.

Sadaya / Destinasi Bandung

Mulai dari belajar mengenai sejarah angklung, jenis jenis angklung, dan belajar menggertarkan angklung dengan baik dan benar, hingga memainkan 1 buah lagu Laskar Pelangi dengan menggunakan angklung.

Sadaya / Destinasi Bandung

Tak hanya bermain angklung, SADAYA pun mengadakan penyuluhan mengenai dampak dari penggunaan gadget. Dimana anak- anak di beri materi mengenai gadget dan menonton film pendek mengenai gadget.

Sadaya / Destinasi Bandung

Dengan sasaran anak kelas 4 SD, Negrita selaku ketua pelaksana berharap anak anak semakin sadar akan budaya indonesia sendiri jangan sampai budaya itu sendiri di lupakan, dan sebagai generasi yang sangat muda semoga budaya akan selalu di ingat, dipelajari, dan dilestarikan sebaik mungkin meskipun teknologi semakin canggih pun budaya harus tetap ada.(Tita Salsabila)

Comments

Komentar Disini