Mengenal Lebih Dekat Komunitas Cosplay Bandung

0
155

Destinasi Bandung- Mengenal Lebih Dekat Komunitas Cosplay Bandung. Bagi Anda yang pernah melintas di jalan Asia Afrika kota Bandung, tepatnya di sekitar Gedung Merdeka, pasti banyak menemukan tokoh-tokoh kartun dari Jepang seperti Naruto, Pikachu, Sailormoon, ultramen dan masih banyak lagi. Mereka yang menggunakan kostum ala tokoh dari negara matahari terbit ini atau Jepang ini biasa di sebut Cosplay.

Cosplay sendiri merupakan istilah bahasa inggris buatan jepang yang berasal dari gabungan kata “ custome “ ( kostum ) dan “play “ ( bermain ). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris dan rias wajah. Komunitas cosplay adalah salah satu komunitas yang di bentuk dari suatu tokoh– tokoh atau karakteristik animasi jepang . Komunitas ini pada tahun 2005 seiring merebaknya film dan komik dari negeri Sakura itu. Cosplay menjadi forum dan cara orang mengekspresikan kegemaran mereka terhadap kartun-kartun film Jepang.

.

Indonesia seringkali di banjiri oleh sub culture atau kebudayaan luar negeri, salah satunya adalah sub culture (kebudayaan) dari jepang. Hampir semua kota besar di Indonesia sudah merambah sub culture tersebut, salah satunya adalah kota Bandung.

.

Dikarenakan banyaknya peminat dan pehobi cosplay di kota Bandung. Maka dibuatlah pada bulan juli tahun 2008 komunitas yang bernama Cosplay Bandung sebagai wadah untuk pecinta Cosplay yang berada di kota Bandung.

Untuk kegiatannya, komunitas ini sudah berjalan cukup rutin, mulai dari Gathering yang diadakan tiap tahun. Dan juga acara tahunan cosplay bandung yaitu , ulang Tahun Cosplay Bandung. Sedangkan jumlah anggota komunitas cosplay Bandung sendiri sudah melebihi dari 2000 anggota.

.

Keanggotaan komunitas ini tidak memiliki syarat khusus, cukup hanya menjadi penggemar cosplay saja. Siapa saja bisa bergabung dalam komunitas ini. Namun, umumnya penggemar cosplay adalah para remaja hingga dewasa yang berusia 16-30 tahun. Mereka memiliki kesamaan hobi mengoleksi dan mengumpulkan referensi perkembangan terbaru tentang anime dan game-game online dari Jepang.

.

Pada 2011 misalnya, cosplay banyak di dominasi kostum-kostum anime, seperti tokoh anime Naruto dan tokoh game online Ragnarok asal Korea. Tahun 2012, trend kostum berubah lebih ke arah Indonesia, tetapi tidak sepenuhnya meninggalkan unsur-unsur kostum khas Jepang sesuai cosplay berasal. Anggota cosplay terdiri dari berbagai macam dan golongan, mulai usia muda sampai tua dari anak sekolahan sampai level manajer sebuah perusahaan. Koleksinya bahkan ada yang melebihi lima puluh kostum.

Bagi Anda yang berminat untuk bergabung atau sekedar ingin tahu tentang kegiatan dengan komunitas ini, bisa kunjungi sosial media yang dimiliki Cosplay bandung, di Fanpage Facebook : https://www.facebook.com/COS.BDG/.

Comments

Komentar Disini