Mengetahui Awal Berdirinya Kota Bandung di Museum Sejarah Bandung

0
91

Destinasi Bandung-Mengetahui Awal Berdirinya Kota Bandung di Museum Sejarah Bandung. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, itulah pidato Bung Karno Pada peringatan hari pahlawan 10 November 1961yang lalu.

Museum sejarah kota Bandung / Destinasi Bandung

Sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya kita mengingat,menghargai,dan belajar dari tokoh bangsa dimasa lalu ,untuk membangun negara ini.

Museum sejarah kota Bandung / Destinasi Bandung

Untuk mengenalkan sejarah kota Bandung kepada warganya, Pemerintah Kota Bandung menghadirkan museum yang khusus menceritakan sejarah Bandung. Museum ini berlokasi di Jalan Aceh tepat di seberang Taman Sejarah. Museum ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial, Rabu (31/1/2018) yang lalu

Museum sejarah kota Bandung / Destinasi Bandung

Ketika memasuki museum ini dibagian depan museum pengunjung akan disambut patung tokoh perintis pendidikan untuk kaum wanita, Dewi Sartika dan Emma Poeradiredja, yang merupakan tokoh pergerakan Sunda.

Sementara itu bangunan museum Bandung sendiri terdiri dari dua gedung utama. Area pertama adalah area depan yang merupakan gedung cagar budaya tipe A. Di area ini ditampilkan tentang perjalanan Kota Bandung mulai dari pembentukannya oleh pemerintah kolonial Belanda hingga sekarang. Terdapat banyak peristiwa bersejarah terjadi selama Kota Bandung berdiri. Di area belakang diisi dengan produk budaya Kota Bandung. Di gedung modern setinggi 3 lantai itu rencananya akan diisi dengan beragam artefak mulai dari foto, dokumen arsip, grafis dan artefak lain.

Museum sejarah kota Bandung / Destinasi Bandung

Pengunjung baru bisa menikmati dua ruangan saja yang berisi pelbagai gambar dan teks. Keduanya berada di bangunan tua. Ruangan pertama berisi gambar Walikota Bandung dari masa ke masa, mulai dari Bertus Coops sampai Oded M. Danial, yang berada di dinding sebelah selatan. Di seberang dinding tersebut terdapat gambar beberapa tokoh yang kehadirannya berkaitan dengan linikala sejarah Bandung seperti Sukarno, Dewi Sartika, Abdul Muis, Bosscha, Daendels, Gatot Mangkupraja, dan lain-lain.Sementara itu di sisi sebelah barat terdapat sejarah Bandung mulai tahun 1810 saat ibukota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Dayeuhkolot ke sisi Jalan Raya Pos sampai tahun 1960 saat Kota Bandung menjadi sister city Kota Braunscweigh, Jerman.

Museum sejarah kota Bandung / Destinasi Bandung

Dan di sisi timur dihiasi gambar masa-masa awal berdirinya Kabupaten Bandung yang berkaitan dengan Kerajaan Mataram dan peristiwa pemindahan ibukota Kabupaten Bandung yang melibatkan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels dan Bupati Wiranatakusumah II.

Sedangkan di ruangan kedua, diisi dengan informasi sejarah “Bandung Awal Mula”. yang dimulai dari tahun 1841 ketika Kabupaten Bandung berdiri sampai 1895 saat Gedung Societeit Concordia sekarang menjadi Gedung Merdeka.

Keberadaan Sejarah Kabupaten dan Kota Bandung memang tak bisa dipisahkan. Setelah Dipati Ukur yang memberontak terhadap Mataram ditangkap, Sultan Agung mengangkat tiga orang bupati di daerah Priangan, salah satunya Ki Astamanggala yang diangkat menjadi bupati Kabupaten Bandung pertama dengan gelar Tumenggung Wira Angun-angun.

Setelah Daendels menyelesaikan Jalan Raya Pos yang memanjang dari Anyer sampai Panarukan, ibukota Kabupaten Bandung yang semula di Krapyak (Dayeuhkolot sekarang) dipindahkan ke sisi jalan tersebut. Dan pada 1906, ibukota baru itu menjadi kotapraja atau gemeente.

Di museum ini pengunjung akan disuguhkan benda-benda koleksi dan materi museum berasal dari berbagai sumber sejarah, baik peninggalan sejarah yang ada di masyarakat, materi sejarah dari museum-museum di Indonesia dan Belanda.

Dengan hadirnya museum ini juga selain diperuntukan untuk pelajar juga dapat menarik wisatawan. Sehingga mereka dapat mengetahui sejarah tentang Bandung.

Museum yang telah digagas sejak tahun 2015 ini dibangun dengan menggunakan dana APBD tahun 2016 dan 2017. Sementara pengisian materi museum berasal dari dana Corporate Social Responsibility Bank BJB.

Kedepannya museum kota Bandung ini selain menampilkan koleksi, informasi juga harus ada semacam daya tariknya salah satu lewat atraksi atraksinya, termasuk teknologi itu juga bisa menjadi salah satu atraksi di museum Kota Bandung.

Comments

Komentar Disini