Menikmati Keindahan Curug Batu Templek Yang Eksotis

0
2280
Foto : Muhammad Agies

Destinasi Bandung-Bagi Anda yang hobi petualang atau ingin menikmati suasana alam yang masih asri di Bandung. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk mengunjungi  Curug Batu Templek di Pasir Impun Bandung. Keunikan Curug ini adalah aliran airnya keluar dari sela-sela bebatuan.Menurut para ahli Batu Templek ini merupakan fenomena menarik khas Cekungan Bandung yang pada ketinggian tertentu air mengalir dari sela-sela batuan beku.  Batu Templek merupakan jenis batuan metamorf yang terbentuk karena perubahan tekanan dan suhu yang tinggi atau panas bumi.

Foto : Muhammad Agies
Foto : Muhammad Agies

Templek, lempeng atau yang lebih dikenal dengan Slate terbentuk dari lempung dan batuan shale. Dinamakan batu templek atau batu lempeng karena batu nya menyerupai lempengan tipis. Tinggi curug Batu Templek ini diperkirakan berkisar atara 10-15 m, airnya berasal dari sungai yang berada di atasnya dan terpecah menjadi beberapa aliran.Di lokasi ini pengunjung bisa menikmati alam dengan bebatuan yang eksotis dan memanjakan mata Anda. Tempatnya sangat cocok untuk berfoto dengan teman ataupun keluarga. Tidak hanya di bawah saja, di bagian atas juga terdapat beberapa spot yang bagus untuk dijadikan sebagai spot berfoto.Bagi Anda yang  ingin naik ke atas tentu harus berhati-hati dan disarankan menggunakan sepatu yang memiliki daya cengkram yang tinggi.

Foto: Muhammad Agies
Foto: Muhammad Agie

Apalagi untuk pengunjung wanita disarankan untuk tidak menggunakan sepatu berhak tinggi.Bagi anda yang penasaran ingin mengunjungi ke curug ini, lokasinya sangat mudah dan dekat dari kota Bandung.  Kalau dari arah terminal Cicaheum masuknya  dari Jalan Pasir Impun, 200 m dari LP Sukamiskin ke arah Ujung Berung langsung Belok ke kiri.

 

Foto: Muhammad Agies
Foto: Muhammad Agie

Terus ke atas kira-kira 2 km sampai ketemu Jalan Terusan Pasir Impun. Terus jalan ke atas kira-kira 1,5 km sampai ke Jalan Cisanggarung, letak Air Terjun Batu Templek terletak di Jalan ini.Perhatikan di sebelah kanan ada jalan yang menuju ke bawah di daerah yang banyak pohon bambu. Tidak jauh dari jalan   karena jalan itu akan mengarahkan  ke curug. Curug Batu Templek ini tidak dipungut biaya masuk dan biaya parkir .

Comments

Komentar Disini