Menikmati Kuliner Khas Betawi di Santap Mantap Day 2017

0
30

Destinasi Bandung- Menikmati Kuliner Khas Betawi di Santap Mantap Day 2017 . Indonesia kaya akan keberagaman kuliner nusantara sebagai bagian penting dari Mahakarya Indonesia karena begitu banyak kearifan lokal yang terkandung di dalamnya, dari mulai orisinalitas bahan, bumbu hingga ke teknik penyajiannya. Oleh karena itu, tahun ini, Santap Mantap Day kembali diadakan untuk merayakan sekaligus menjaga eksistensi keberagaman kuliner nusantara.

Arie Parikesit selaku pakar kuliner menuturkan, Salah satu bentuk Mahakarya Indonesia yang sangat berharga dan harus kita jaga dengan sempurna adalah kekayaan ragam kuliner nusantara. Terlebih lagi, banyak nilai-nilai luhur yang patut diteladani dari berbagai pelaku usaha kuliner legendaris, seperti halnya ’Jiwa Indonesia’ yang dipegang teguh ketika menjalankan usahanya tersebut.

Santap Mantap Day merupakan bentuk dukungan terhadap kuliner nusantara yang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian. Salah satu gerai hidangan nusantara yang berpartisipasi adalah Rumah Makan Sayur Asem Betawi H. Masa, Pondok Aren. Usaha rumah makan sayur asem ini sangat dikenal dan termasuk salah satu yang legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1980 dan memiliki ciri khas tersendiri.

“Membangun usaha kuliner tidak mudah, dibutuhkan kegigihan seperti yang dimiliki oleh bapak saya, H. Masa, sehingga rumah makan bisa sesukses sekarang. Saya juga masih ingat bagaimana bapak bersama ibu dengan sabar mencoba berbagai metode masak dan meracik bahan-bahan untuk menemukan resep sayur asem Betawi yang otentik dan ikonik. Beliau juga selalu memastikan hanya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas terbaik, termasuk bahan-bahan yang tergolong sudah langka,“ cerita Mpok Yuli, salah satu penerus usaha RM Sayur Asem Betawi H. Masa generasi kedua. Tidak hanya itu, dia juga memaparkan nilai luhur Jiwa Indonesia lain yang dijunjung tinggi oleh sang bapak sejak merintis usahanya,
“Ketika mengolah masakan, kami juga melakukannya secara gotong royong, bekerjasama memerhatikan tingkat kematangan sayuran untuk menjaga tekstur sayuran tetap renyah dan tidak terlalu matang, ataupun secara bergantian mengolah bahan masakan menggunakan peralatan masak tradisional.

Bapak juga mengajari kami untuk tetap rendah hati, jadi ketika ada kelebihan makanan, kami pasti akan berbagi dengan tetangga dan saudara sekitar.” Ciri khas sayur asem di RM Sayur Asem Betawi H. Masa yang menjadi daya tarik ini adalah penggunaan jengkol bewe (jengkol yang ditanam selama seminggu) serta kecipir. Kedua bahan yang sudah mulai jarang ditemukan ini diolah secara teliti bersama isian sayuran lain yang begitu beragam seperti kacang tanah, melinjo, jagung manis, dan lainnya untuk menghasilkan rasa yang unik dan kaya.

”Sayur asem merupakan salah satu sajian kuliner yang sangat sederhana bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat Betawi. Walau demikian, justru kesederhanaan ini yang membuatnya spesial karena seringkali mengingatkan akan rumah,” terang Arie. Dia juga menjelaskan bahwa sayur asem Betawi memiliki kuah yang khas, kuahnya keruh gurih asam yang terbuat dari asam jawa muda dan semakin lengkap dengan adanya campuran oncom. ”Jika ingin menemukan sayur asem Betawi yang paling komplit isinya, cari saja di RM Sayur Asem Betawi H. Masa. Selain bermacam-macam sayuran, di dalamnya ada pula pare dan jengkol yang bantu menyempurnakan rasanya,” tambah Arie.

Berbagai keistimewaan rumah makan Sayur Asem Betawi H. Masa inilah yang menjadikannya terpilih sebagai bagian dari gerai hidangan favorit yang diikutsertakan dalam Santap Mantap Day.
Terkait dengan acara ini, Darwan dari Citra Anugerah Jaya sebagai tim penyelenggara menjelaskan, ”Kami percaya bahwa kesuksesan para pelaku usaha kuliner mahakarya legendaris di Indonesia tidak lepas dari nilai luhur jiwa indonesia yang mereka jalankan, seperti halnya RM Sayur Asem Betawi H. Masa. Melalui gelaran Santap Mantap Day, kami ingin mengapresiasi nilai-nilai luhur jiwa Indonesia dibaliknya sebagai bagian dari Mahakarya Indonesia yang sangat berharga dan harus kita jaga dengan sempurna.” Santap Mantap Day 2017 digelar di 18 wilayah yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan melibatkan 45 gerai hidangan nusantara. Sembari menikmati santapan yang lezat, ketika acara Santap Mantap Day berlangsung, para pengunjung juga bisa berpartisipasi dalam rangkaian aktivitas menarik dan interaktif, seperti Cethe, yaitu kegiatan melukis menggunakan ampas kopi ke batang rokok yang membentuk motif-motif tertentu, seperti batik, sulur, tulisan, sampai tribal. ”Kami pun berharap dengan adanya Santap Mantap Day, para pecinta kuliner dapat semakin mengenal mantapnya citarasa kuliner kebanggaan mereka,” pungkas Darwan.

Comments

Komentar Disini