Menjalin Relasi Lewat Musang Bandung Community

0
993

Destinasi Bandung – Musang Bandung Community atau disingkat MBC ini berdiri tanggal 27 April 2012, pertama kali diketuai oleh Kang Arya. Walaupun komunitas ini usianya terbilang muda, tapi jumlah anggota di dunia maya sekitar 2000 orang dan yang aktif sekitar 100 orang. Komunitas ini merupakan naungan Musang Lover Indonesia yang berpusat di Jakarta, namun Bandung adalah komunitas ke dua setelah pusat.

Nama ini cakupannya lebih luas, bukan hanya pecinta musang saja yang bisa bergabung, tetapi orang awam pun bisa sharing, intinya bisa nambah relasi dan silaturahmi.

Anggota komunitas ini datang dari luar kota Bandung, bahkan member yang ikut komunitas hewan musang di Jakarta juga bergabung, intinya komunitas ini terbuka untuk siapa saja, seperti motto yang dimiliki komunitas ini, “Kucareuh, Batur Jadi Dulur”, artinya Dengan Musang Orang Lain Jadi Saudara.

Menurut Alvian Fathur Rahman, selaku Sekretaris dan Koordinator Bandung serta media sosial komunitas, menyatakan bahwa musang sendiri berjumlah 65 jenis, dan yang sudah ditemukan sekarang ini berjumlah 20 jenis. Untuk di komunitas sendiri musang yang dipelihara berjumlah 4 jenis, yaitu Musang Bulan dan Musang Pandan yang memiliki karakter sama, namun dari bodynya berbeda, Musang Akar berasal dari Sumatera, Kalimantan dan Jawa yang memiliki ekor paling panjang. Musang Rase dengan motif belang – belang.

Kegiatan yang dilakukan di komunitas ini adalah gathering setiap satu minggu sekali di Car Free Day Dago atau Taman Lansia, event cafe, yaitu pengunjung dapat berfoto dengan musang dan sekaligus ingin memperkenalkan bahwa musang tidak dianggap hama dan bisa dijadikan hewan peliharaan, kegiatan lainnya adalah sosialisasi kepada anak SD, SMP, SMA, yang bertujuan untuk menghibur, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap hewan peliharaan. Ada juga kontes nasional GARAS “ GatheRing nASional” yaitu kontes semua musang, seperti musang baby, sahabat musang, musang adult dan fashion show.
Cara bergabung di komunitas ini mudah, cukup datang ke acara gathering di hari minggu, atau bisa langsung datang ke basecampnya di Jalan Moochammad Toha Komplek PLN, Cigereleng No. 102 C dan untuk pendaftarannya tidak dipungut biaya apapun. Cari tahu juga informasi lebih lanjut ke akun twitter @MBC_Musang atau Facebook groupnya di Musang Bandung Community. (Erdhy Verdhian)

Comments

Komentar Disini