Menyusuri Destinasi Wisata Kuningan Curug Putri & Kolam Cigugur Jalan-jalan Kuningan

0
166
curug putri palutungan Kuningan Jawa Barat / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung- Menyusuri Destinasi Wisata Kuningan Curug Putri & Kolam Cigugur. Kuningan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang banyak memiliki potensi wisata yang sangat indah. Sebagai daerah yang berada di ketinggian, Kuningan memiliki banyak tempat wisata dengan nuansa gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat seperti air terjun, waduk, tempat pemandian alami dan wisata sejarah.

curug putri palutungan Kuningan Jawa Barat / Destinasi Bandung

Beberapa waktu lalu Destinasi Bandung mengunjungi dua tempat wisata di Kabupten Kuningan yakni Curug Putri di kawasan bumi perkemahan Palutungan dan pemandian alami Cigugur.

Curug Putri, Palutungan, Cirebon – Palutungan dan Curug Putri merupakan objek wisata alam yang cukup terkenal di Kabupaten Kuningan. Palutungan dan Curug Putri adalah kawasan hutan dan air terjun yang letaknya di kaki Gunung Ceremai. Curug Putri juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Ciremai. Hutan wisata yang memiliki luas areal 50 hektar ini dikelola oleh Perum Kehutanan Kabupaten Kuningan.

curug putri palutungan Kuningan Jawa Barat / Destinasi Bandung

Curug dengan tinggi 20 meter ini terletak di kawasan Bumi Perkemahan Palutungan yang dikelola Perum Perhutani. Letak Curug Putri menjorok ke dalam dan dikelilingi rimbunnya pepohonan serta tebing-tebing terjal. Di sebelah kiri curug, pengunjung akan menemukan pohon beringin besar yang bisa dipakai untuk berteduh.

Di depannya ada kolam untuk menampung air terjun yang tidak terlalu dalam, sepinggang orang dewasa kira-kira. Karena cukup dangkal, maka bisa digunakan untuk berendam dan berenang. Apalagi airnya sangat jernih, jadi pengunjung tidak perlu ragu untuk menyelaminya.

Area Bumi Perkemahan Palutungan yang cukup datar sangat cocok untuk mendirikan tenda dan berkemah sambil menikmati rindangnya pohon pinus merkusi bersama keluarga. Pengunjung bisa mendengarkan senandung burung-burung yang terbang ke sana-kemari, dari pohon satu ke pohon lainnya. Meskipun kelihatannya sederhana, tapi cukup membuat stress di pikiran pengunjung sedikit demi sedikit menghilang.

Curug Putri terletak di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jaraknya dari pusat Kota Kuningan tidak terlalu jauh, hanya 10 km dan bisa ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan. Akses menuju lokasi tidak sulit dijangkau, karena jalanannya sudah beraspal. Walaupun tidak terlalu lebar dan berkelok-kelok, tapi cukup memadai untuk dilalui segala jenis kendaraan.

kolam alami Cigugur Kabupaten Kuningan / Destinasi Bandung

Destinasi wisata yang kedua adalah pemandian alami Cigugur cukup dengan membayar karcis masuk seharga Rp15.000, pengunjung sudah boleh masuk dan berlama-lama bersantai di objek wisata ini. Sesuai dengan namanya, daya tarik utama tempat ini adalah kolam besar berisi beberapa ekor ikan berwarna hitam yang disebut Ikan Dewa. Tak hanya itu, kolam besar berair bening itu juga menjadi habitat ribuan ikan hitam keemasan besar dan kecil yang disebut Ikan Mangut.

Kolam alami Cigugur Kuningan Jawa Barat / Destinasi Bandung

Di sekeliling tepian kolam, disediakan tempat bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi ikan. Ya, ikan-ikan yang hidup di kolam ini adalah ikan yang tidak takut manusia. Sekali pengunjung mencelupkan kaki ke dalam air, ratusan Ikan Mangut datang dan mengerubuti kaki mereka.

Namun, jangan khawatir, gigitan ikan-ikan ini tidak menyakitkan, banyak pengunjung yang tidak kuat membiarkan kakinya terus di dalam air, bukan lantaran kesakitan oleh gigitan ikan, melainkan karena merasa geli. Oleh penduduk Cigugur, ikan-ikan di kolam ini dipercaya sebagai mahluk keramat. Konon, ikan-ikan itu sudah ada di kolam itu sejak ribuan tahun yang lalu. Jumlahnya pun, menurut kepercayaan warga setempat, tidak pernah berkurang ataupun bertambah.

Ikan Dewa merupakan merupakan salah satu spesies unik dan penting yang hidup di balong Cigugur, ikan ini di Jawa Barat memiliki nama lokal ikan kancra bodas yang memiliki nama latin Labebobarbus douronensis, yang merupakan ikan air tawar endemik yang hanya hidup di wilayah Kabupaten Kuningan.

Bagi Anda yang dari arah Bandung bisa untuk menuju ke pemandian Cigugur bisa melalui rute Bandung- Tasikmalaya – Kuningan – Cirebon. Sebelum masuk kota Kuningan (sesudah Waduk Darma) atau di Cigadung belok ke kiri melewati Cigugur – lalu menuju Kolam ikan Dewa (sebelah kiri jalan utama

Comments

Komentar Disini