Mitra Gojek Siap Beri Pelayanan Prima Untuk Konsumen

0
74

Destinasi Bandung – Mitra Gojek Siap Beri Pelayanan Prima Untuk Konsumen. Sebagai perusahaan super-app terdepan di Asia Tenggara, Gojek terus berupaya mengukuhkan posisinya sebagai pilihan utama masyarakat. Sebagai garda terdepan pelayanan, jutaan mitra Gojek juga memegang peranan penting untuk memperkuat posisi tersebut. Untuk itu, Gojek terus menghadirkan ragam inisiatif seperti Bengkel Belajar Mitra (BBM) agar mitra Gojek selalu terdepan dalam pelayanan dan menjadi sumber daya yang semakin berkualitas.

Sebagai wadah pengembangan keterampilan pertama dan paling komprehensif di Industri ride-hailing di Indonesia, Gojek melalui BBM menggandeng Worldwide Quality Assurance (WQA APAC). WQA APAC merupakan badan sertifikasi internasional yang menyediakan sertifikasi berbagai sistem manajemen, untuk memberikan pelatihan pelayanan prima kelas dunia khusus mitra Gojek.

Wildan Kesuma, Head Regional Corporate Affairs Gojek mengatakan, “Sejak awal berdiri hingga menjadi platform penyedia layanan terdepan di Asia Tenggara, Gojek telah memiliki ragam inisiatif yang menjadikan mitra kami terdepan dalam kualitas dan pelayanan sehingga terus menjadi pilihan pelanggan. Untuk terus meningkatkan kualitas mitra driver kami, kali ini melalui BBM kami memfasilitasi pelatihan pelayanan prima agar mitra Gojek dapat memberikan pelayanan kelas dunia sehingga mendapatkan apresiasi yang tinggi dari konsumen dan mendapatkan bintang lima.”

Ada dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan di BBM yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra, yaitu Pengembangan Layanan Prima dengan Pelatihan Bahasa Inggris, P3K, dan Anti Kekerasan Seksual serta Pelayanan Prima terhadap Konsumen, dan juga Pengembangan Kemampuan Diri dengan Pelatihan Wirausaha dan Pengelolaan Keuangan.

Pada Pelatihan Pelayanan Prima ini, mitra Gojek diajarkan akan cara untuk memberikan pelayanan pelanggan yang baik. Selain itu mitra driver juga diajak untuk memahami apa kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga bisa melayani dengan lebih prima.

“Salah satu aspek dalam pelatihan ini adalah, mitra belajar bahwa mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan adalah langkah awal untuk dapat memberikan pelayanan prima. Misalnya, salah satu harapan pelanggan adalah supaya mendapatkan mitra Gojek yang ramah dan juga yang menjaga kebersihan. Kemudian, para mitra juga belajar mengenai empat tahapan pelayanan, yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan. Harapannya agar kedepannya para mitra kami bisa diapresiasi lebih baik oleh pelanggan karena pelayanannya prima yang mereka berikan,” kata Wildan.

Untuk tahapan pelayanan yang pertama adalah persiapan, yang termasuk dalam tahap ini adalah aspek kendaraan, pengemudi, dan peralatan. “Pastikan kendaraan mitra dalam keadaan prima. Selain kendaraan, mitra juga perlu mempersiapkan kondisi yang prima, pastikan kondisi sehat, cukup istirahat, bersih dan wangi. Selanjutnya adalah aspek peralatan, pastikan juga membawa helm, menggunakan atribut Gojek, kartu tol, power bank dan peralatan lainnya yang diperlukan,” tambah Wildan.

Tahapan pelayanan selanjutnya adalah pelaksanaan, beberapa aspek yang dibahas dalam lingkup ini adalah konfirmasi pemesanan lewat fitur chat, kemudian konfirmasi juga via chat apabila mitra telah sampai di lokasi pelanggan, selanjutnya bila sudah bertemu dengan pelanggan segera perkenalkan diri, konfirmasi lokasi yang akan dituju oleh pelanggan, dan bila diperlukan berinteraksilah dengan sopan. Misalkan mitra diminta untuk mengantarkan pesanan barang atau makanan maka jagalah barang atau makanan tersebut dengan baik hingga selesai diantarkan.

Sedangkan dua tahapan terakhir yaitu evaluasi diri bila misalkan mendapatkan rating pelayanan yang baik maupun yang kurang baik. Hal tersebut diperlukan untuk menjalankan tahapan pelayanan yang selanjutnya yaitu perbaikan. “Aspek evaluasi dan perbaikan ini penting untuk dilakukan karena kebutuhan pelanggan selalu meningkat, oleh karenanya kita perlu selalu belajar dan meningkatkan pelayanan,” ujar Wildan.

Sejak Oktober 2018, BBM telah menjangkau lebih dari 2.000 mitra yang bisa menambah kemampuan diri mereka sekaligus lebih banyak konsumen yang merasakan pelayanan prima dari mitra Gojek. Selain itu, Gojek berencana menghadirkan BBM di seluruh Indonesia secara bertahap dengan mengembangkan topik sehingga mampu menjawab tantangan yang dihadapi mitra dan konsumen. Gojek juga mengundang para pakar pengetahuan untuk berkolaborasi dan bersama-sama memberikan dampak sosial yang lebih besar lagi ke mitra GOJEK di Indonesia.

Dengan rencana pengembangan ini, Wildan berharap agar program BBM dapat menjangkau dan menaikkelaskan lebih banyak mitra dari Sabang sampai Merauke. “BBM merupakan salah satu bentuk tindakan nyata kepedulian Gojek terhadap kesejahteraan mitra driver. Diharapkan, dengan rangkaian kegiatan BBM, mitra driver Gojek mempunyai andil yang semakin besar untuk memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Kami mengajak mitra Gojek untuk gali ilmu baru dalam program BBM sehingga teman-teman mitra makin sejahtera,”pungkasnya.

Comments

Komentar Disini