Museum Sri Baduga Pamerkan Bokor Emas Kerajaan Islam Cirebon

0
1431
Ilustrasi /google

Destinasi Bandung-Dalam rangka pameran gelar museum nusantara 2015 , museum Sribaduga Bandung memamerkan sebuah bokor emas murni 18 karat seberat 1,4 kg. Bokor emas tersebut ditemukan di Desa Gebang Hilir, Kabupaten Cirebon yang diperkirakan abad ke-16 Masehi atau masa kerajaan Islam di Cirebon.

Selain jadi unggulan, bokor emas ini juga jadi master piece di Museum Sri Baduga Jawa Barat, Jalan BKR, Kota Bandung yang sengaja dikeluarkan dan dipamerkan ke masyarakat.

Untuk keamanan bokor emas ini hanya dipamerkan dua hari, mulai hari ini, Rabu hingga Kamis (18-19/11/2015). Untuk selanjutnya, akan diganti dengan replika.

“Kami sengaja memamerkan koleksi museum yang jarang dipamerkan kepada masyarakat,” ujar Kepala Museum Sri Baduga Bandung, Sajidin Aries di sela-sela pembukaan pameran, Rabu (18/11/2015).

Menurut Aries, bokor ini terdiri dari tutup dan wadah, dengan ketebalan 5 cm dengan diametar 50 cm. Seluruh permukaan wadah dan tutup dipenuhi reliief motif vandel-vandel seperti kubah tervalik, motif saluran. Tepian bibir dihiasi ban melingkar berisi motif kawung.

Comments

Komentar Disini