“Nyai Anteh” Mengangkat Cerita Rakyat yang Dikemas Fashion Show

0
183
Fashion show nyai anteh

Destinasi Bandung-“Nyai Anteh” Mengangkat Cerita Rakyat yang Dikemas Fashion Show . Sebuah cerita rakyat ­ dari tatar pasundan,­yang mengisahkan sosok nyai anteh diangkat­ dalam ajang pertunjukan peragaan busana pengantin. Selain mengenalkan busana tradisional,peragaan busana ­tersebut menjadi ajang untuk mengenalkan kekayaan budaya sunda.

Tarian daerah, mengawali peragaan busana yang berlangsung di Bale­Asri Pusdai Jalan Dipinegoro kota Bandung ,Jumat (15/10/2016).

Alunan suara gamelan,­menjadi suguhan berbeda pada sebuah pertunjukan peragaan busana­ yang kerap diiringi ­alunan musik modern yang enerjik.

Tidak hanya itu,suguhan berbeda juga ditampilkan saat model memperagakan busanan pengantin ­diatas catwalk,dengan­ menggabungkan sebuah­ unsur cerita legenda­ dari tatar sunda.

Dengan tema nyai anteh yang di ambil dari­ cerita kerajaan galuh pakuan,yang dikenal­ sebagai kerajaan yang sangat subur dan memiliki panorama yang ­sangat indah di jawa ­barat.

Selain memperkenalkan­ bergam pilihan fashion pernikahan yang­bertemakan pakaian tradisonal sunda,peragaan busana yang dikemas dengan mengkolaborasikan cerita sunda juga sekaligus menjadi­ ajang mengenalkan kekayaan cerita dan sejarah sunda.

Fashion show "Nyai Anteh"
Fashion show “Nyai Anteh”

Derasnya arus budaya ­ luar yang masuk ke tanah air menjadi tantangan bagi para pelaku usaha dalam bidang­fashion. Untuk melakukan inovasi dalam merancang busana tanpa luput memadukan unsur ­budaya sebagai identitas bangsa.

Ide menggabungkan peragaan busana dengan cerita rakyat berawal ­dari keinginan ­Iman Sulaeman owner alone wedding gallery ­yang menggagas acara. Untuk mengangkat cerita­ dan sejarah budaya sunda ke khalayak luas­,dimana budaya sunda ­itu sangat kaya.

Acara semakin meriah ­dengan penampilan novita mulya,yang notabene merupakan mantan vokalis band UTOPIA. Senada dengan tema acara,novita mengenakan busana kebaya yang dirinya tampil prima di­hadapan tamu peserta­ yang hadir. Diakui Novita mulya, meskipun agak­ sedikit kaku dengan ­busana kebaya yang di­kenakan untuk tampil ­diatas panggung,tapi ­dia sangat percaya diri dengan busana yang­ dikenakan menambah kecantikannya sebagai ­penyanyi di atas panggung.

Dirinya juga bangga dengan busana kebaya,dan ia berharap kedepannya kebaya tidak hanya dikenakan dalam ­momen pernikahan saja­ akan tetapi,menjadi ­bagian dari busana ke­seharian.

Kolaborasi peragaan ­busana dengan menggabungkan unsur cerita atau sejarah menjadi sesuatu hal yang baru ­dalam dunia fashion khususnya di tanah air­.Dengan demikian diharapkan unsur budaya dapat melekat dalam setiap busana yang dipadu padankan dengan perkembangan zaman.

Comments

Komentar Disini