OYO Luncurkan Program Kualifikasi Sanitized Stay di Indonesia

0
27

Destinasi Bandung- OYO Luncurkan Program Kualifikasi Sanitized Stay di Indonesia. OYO Hotels & Homes secara resmi meluncurkan program kualifikasi “Sanitized Stay’ di Indonesia, setelah sebelumnya program serupa diluncurkan di berbagai wilayah operasional OYO di Asia. Sebagai program jangka panjang, Sanitized Stay merupakan bagian dari komitmen OYO untuk terus memberikan rasa aman dan tenang bagi konsumen serta membantu bisnis mitra hotel untuk dapat terus berjalan di tengah pandemi, dengan memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional hotel secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out.

Melalui program kualifikasi ini, OYO akan menerapkan standar baru untuk meminimalisir kontak fisik pada kegiatan operasional hotel mitra OYO selama pandemi dan pada fase the new normal. Dalam program ini terdapat protokol yang telah didesain berdasarkan peraturan pemerintah dan regulasi lainnya terkait dengan penerapan social distancing dan prosedur keselamatan selama pandemi. Adapun protokol yang diterapkan secara komprehensif pada program Sanitized Stay meliputi 1) flow operasional; 2) proses check-in dan check-out; 3) penanganan barang bawaan; 4) panduan kebersihan; 5) penanganan COVID-19 di properti; 6) SOP untuk tamu diduga COVID-19; 7) regulasi untuk tamu dan staf.

Eko Bramantyo, Country Head Emerging Business, OYO Hotels and Homes Indonesia, mengatakan, “Pandemi membawa berbagai perubahan di industri ini, baik dari sisi pola pelayanan maupun preferensi konsumen. Program kualifikasi ini menjadi salah satu strategi OYO untuk beradaptasi pada perubahan dan menghadapi the new normal. Di tengah pandemi ini, kami akan memastikan untuk dapat terus memberikan rasa aman dan tenang kepada para pelanggan kami, dengan menjadi pionir perubahan protokol kesehatan dan keselamatan dalam industri perhotelan. Kami berharap program ini juga dapat membantu bisnis para mitra kami dan turut membangkitkan kembali gairah industri hospitality.”

Properti yang telah sesuai dan mengikuti protokol program ini akan mendapatkan label dan logo “Sanitized Stay” serta akan muncul jika tamu menggunakan search filter “COVID-19 Safe Properties”. Sehingga inisiatif ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan tenang bagi tamu saat menginap sekaligus menjadi peluang bagi mitra untuk kembali mendapatkan pangsa pasarnya.

Carlo Ongko, Country Stock Head, OYO Hotels and Homes Indonesia, mengatakan, “Protokol ini kami buat agar memastikan tamu-tamu kami senantiasa merasa tenang, aman dan nyaman ketika menginap di hotel-hotel OYO yang sudah memenuhi kualifikasi Sanitized Stays. Program ini akan secara bertahap diaplikasikan pada hotel-hotel OYO. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para mitra, serta pemerintah setempat atas dukungannya terhadap inisiatif ini. Kami juga mengharapkan kerjasamanya dari para pelanggan untuk dapat menjaga kebersihan dan protokol jaga jarak sosial demi kesehatan kita bersama. Program ini akan terus menjadi program jangka panjang sebagai bagian dari komitmen OYO dalam menjaga keamanan dan kenyamanan para pelanggan kami.”

Sementara itu, Cucu Ahmad Kurnia, S.T., M.Si, M.B.A, selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mengatakan, “Kami mengapresiasi OYO Indonesia yang turut berperan aktif dalam mengawal dan menjaga kembalinya geliat industri pariwisata dan perhotelan di tengah pandemi COVID-19. Saat ini, yang menjadi prioritas kita semua adalah menjaga protokol jaga jarak sosial dan memastikan keselamatan setiap individu yang terlibat di lapangan, mulai dari staf hotel hingga para wisatawan agar mereka dapat menginap dengan rasa aman dan tenang. Kami berharap kedepannya lebih banyak lagi hotel-hotel yang turut bergabung dengan program Sanitized Stay ini sehingga dapat membantu mendorong kembali pemulihan ekonomi lokal.”

Lebih lanjut, di sisi konsumen, program ini memiliki tujuh janji utama dari properti dengan kualifikasi Sanitized Stay, seperti:

Lingkungan higienis. Melakukan desinfeksi secara rutin di semua kamar dan area umum hotel yangs sering disentuh seperti gagang pintu dan kunci pintu, serta menempatkan hand sanitizer di area publik di hotel seperti resepsionis

Keamanan tamu. Memastikan ketersediaan pembersih tangan dan masker untuk tamu hotel

Keamanan staf. Memastikan adanya pembersih tangan, masker dan seragam Personal Protective Equipment atau alat pelindung diri (opsional) untuk karyawan hotel di lapangan

Kontak fisik minimal. Memberikan pengalaman menginap mulai dari check-in hingga check-out dengan kontak fisik yang minimal

Staf yang terlatih. Melakukan pelatihan bagi karyawan dan tim lapangan terkait dengan prosedur kesehatan dan keselamatan selama pandemi

Penerapan social distancing. Memastikan penerapan jaga jarak fisik secara maksimal di lingkungan hotel

Saluran bantuan darurat & rute rumah sakit terdekat. Berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat jika ada tamu yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Comments

Komentar Disini