Pemprov Jabar Dukung 100 Ribu Lebih Wirausaha Baru

0
12

Destinasi Bandung- Pemprov Jabar Dukung 100 Ribu Lebih Wirausaha Baru .Wirausaha baru di Jawa Barat tiap tahunnya terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mencetak 129.191 wirausahawan baru hingga tahun 2018. Hal tersebut menunjukkan program pencetakan 100.000 wirausahawan baru yang dicanangkan pada 2014 lalu berjalan dengan baik.

“Empat tahun terakhir kami bisa mencetak 100.000 lebih WUB (wirausahawan baru),” tutur Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pada kegiatan Gelar Produk 1.000 Wirausaha Baru Jabar di Gedung Sate, Bandung, Minggu (6/5/2018).

Lebih lanjut Ahet menagatakan, capaian tersebut telah melebihi target yang sebelumnya telah ditetapkan. Bahkan, Aher memastikan bahwa data tersebut akan terus bertambah lantaran tahun pendaftaran peserta program pada 2018 masih berjalan.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar, Dudi Sudrajat mengatakan bahwa pihaknya turut memfasilitasi pengembangan usaha melalui balai pelatihan bagi calon wirausahawan. Setelah mendapatkan pelatihan, para wirausahawan juga bakal dididik dan difasilitasi dalam memasarkan produknya.

“Memang telah melampaui target, tapi, kan, ibaratnya kami ini baru menanam pohon. Untuk terus tumbuh perlu perawatan. APBD yang kami punya hanya cukup untuk menanam,” kata Dudi. Hal ini pula yang akhirnya mendorong Pemprov Jabar mencanangkan program Jabar Masagi yang berbentuk kerja sama antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

“Intinya harus komunikatif. Salah satunya memberikan pendidikan dasar dari rumah, ke sekolah, dan mungkin tahun depan bukan hanya kuantitas yang ditingkatkan, tapi juga kualitas. Karena konsepnya nanti kita pengin UMKM naik kelas,”katanya.

Comments

Komentar Disini