Pentas Seni dan Budaya Sawala Pilgub Jabar Kampung Adat Kuta

0
23

Destinasi Bandung- Pentas Seni dan Budaya Sawala Pilgub Jabar Kampung Adat Kuta. Komisi Pemilihan Umum Bersama Universitas Padjadjaran kembali menggelar pentas seni dan budaya dalam rangka sawala Pilgub Jabar 2018. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kampung Adat Kuta tepatnya di desa Karangpaningal, kecamatan Tambaksari Ciamis. Dalam lawatanya kali ini rombongan Komisi Pemilihan Umum bersama Universitas Padjadjaran disambut dengan kesenian Dog Dog Rengkong. Nina Yuningsih sebagai perwakilan dari komisioner KPU terharu sekaligus bahagia atas sambutan masyarakat kampung adat kuta yang begitu meriah dan penuh dengan nilai nilai lokal yang sudah lama tidak dilihatnya. Dalam sambutanya Nina mengungkapkan kehadiran KPU bersama Universitas Padjadjaran ingin berbagi informasi terkait Pilgub Jabar maupun Pilkada di kabupaten Ciamis. Nina menyampaikan masyarakat harus mengetahui pasangan calon yang bertarung dalam pilkada serentak, tidak hanya tahu nama melainkan mengetahui progrm program yang ditawarkan oleh pasangan calon. Sehingga masyarakat dapat memilih calon pemimpin berdasarkan program program yang dirasa mampu menjawab harapan masyarakat atas peningkatan kualitas hidup.

Nina menegaskan jangan memilih pemimpin yang memberikan uang dan bingkisan sembako, uang dan sembako hanya bermanfaat 1 hari, sementara pemimpin terpilih akan memimpin masyarakat selama 5 tahun, jadi pilihlah pemimpin dilihat dari program program yang ditawarkannya terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu membangun Jawa Barat.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi yang mewakili Rektor Unpad, dalam sambutanya menekankan bahwa kehadiran Universitas Padjadjaran bersama Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat tidak hanya akan memberikan bewara seputar Pilgub Jabar 2018 melainkan sebagai media silahturahmi dengan komunitas budaya kampung adat Kuta. Selain itu, ini merupakan bentuk kongkrit keterlibatan Universitas Padjadjaran dalam membangun masyarakat Jawa Barat.

Beliau berharap penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018 dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat serta mampu meningkatkan indek kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Dekan Fikom berpesan pilihlah pemimpin sesuai hati nurani yang dirasa dapat memberikan manfaat bagi kemajuan Jawa Barat, kususnya bagi masyarakat komunitas budaya kampung Adat Kuta.

Acara Sawala yang dikemas dengan pentas seni dan budaya diwarnai dengan antusiasme masyarakat dalam menjawab pertanyaan seputar Pilgub Jabar 2018 yang dilontarkan oleh KPU dan Unpad. Meskipun letaknya di daerah perbatasan, masyarakat komunitas budaya kampung adat Kuta mampu menjawab pertanyaan seputar Pilgub Jabar dan Pilkada Kabupaten Ciamis dengan baik. Bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah dari KPU dan Unpad. Bahkan Ketua Adat kampung Kuta sangat berterima kasih atas kehadiran Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat dan Universitas Padjadjaran, beliau menekankan bahwa masyarakat komunitas budaya kampung adat Kuta akan berpartisipasi dalam pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati di Ciamis, ini sebagai wujud nyata bahwa komunitas budaya kampung adat Kuta mendukung program program dari pemerintah. Dalam konteks Pilgub beliau berharap, pasangan yang terpilih tetap memperhatikan nilai nilai budaya sunda.(AAP).

Comments

Komentar Disini