Peringati Hari Bahasa Ibu Sedunia Unpad Gelar Pasanggiri Tarucing Sunda

0
80

Destinasi Bandung- Peringati Hari Bahasa Ibu Sedunia Unpad Gelar Pasanggiri Tarucing Sunda. Universitas Padjadjaran menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu se Dunia. Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Program Studi Bahasa Sunda Unpad, Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda dan Lembaga basa Jeung Sastra Sunda.
Kegiatan ini di sponsori oleh Telkomsel. Kegiatan di selenggarakan pada hari jumat ,21 Februari 2020 .

Rangkaian kegiatan yang di selenggarakan yaitu “ Pasanggiri Tarucing Cakra “ yang dimulai pada pukul 08:00 – 11:00 Wib di gedung Graha Sanusi Hardjadinata .

Acara ini diikuti oleh pelajar SMU dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh 358 peserta , dalam kategori umum atau mahasiswa. Peserta umum sebanyak 277 orang dan 81 pelajar.

“Secara umum minat masyarakat tampak sudah cukup baik,kita berharap kedepannya semakin banyak berpartisipasi dan skala kegiatannya diperbesar. Agar bahasa sunda semakin di jaga dan di pelihara oleh masyarakat” ujar Prof.Ganjar Kurnia selaku ketua pelaksana.

Pasanggiri Tarucing Cakra yang biasanya disebut Teka Teki Silang dalam Bahasa Sunda. Kegiatan ini dilakukan UNPAD untuk melestarikan budaya daerah Sunda khususnya Bahasa Ibu sebagai budaya yang akan diwariskan kepada generasi yang akan datang. Pada kegiatan Tarucing Cakra ini menggunakan pertanyaan dan kosakata berbahasa Sunda . Tarucing Cakra ini disiapkan menggunakan teknologi komputerisasi.

Peserta yang ikut dalam kegiatan lomba ini menjawab soal dengan smartphone. Sebelum itu peserta wajib melakukan registrasi untuk mendapatkan kode unik untuk login ke situs resmi yang sudah disiapkan. Sejumlah peserta mengisi kolom-kolom pertanyaan teka teki silang berbahasa sunda, yang di beri waktu 60 menit untuk menyelesaikan soal. Sistem penilaiaannyapun dilakukan komputerisasi sehingga proses nilai dapat dilakukan dengan cepat. ( Siti Roslina Gusti)

Comments

Komentar Disini