PJT II Gratiskan Air Bendungan Jatiluhur Untuk Para Petani Jabar

0
61
Direktur I Perum Jasa Tirta II (PJT II ) Sumyana Sukandar / Destinasi Bandung

Destinasi Bandung-  PJT II Gratiskan Air Bendungan Jatiluhur Untuk Para Petani Jabar.  Bendungan Jatiluhur yang di kelola oleh Perum Jasa Tirta II (PJT II) perannya sangat vital bagi kehidupan masyarakat Jawa Barat dan juga DKI Jakarta. Hal tersebut karena hampir 60% beras di Jawa Barat area persawahan dan pertanian dialiri secara gratis dari air Waduk Jatiluhur, Purwakarta yang membuat ketahanan pangan nasional. Tidak hanya itu, hampir 90 persen air yang dipompa melalui pompa Tarum Barat sampai ke Bekasi ini yang kelola oleh PDAM DKI Jakarta ternyata menjadi tumpuan orang Jakarta untuk kebutuhan mandi dan minum di suplai dari air bendungan terbesar di Indonesia.

Perusahan Umum (Perum) Jasa Tirta II yang akan merayakan ulang tahun emas pada tanggal 26 agustus ini, berperan mengelola air baku dan listrik. Dalam penyediaan pangan nasional terutama beras, perusahaan mengupayakan penyediaan air rata-rata 5,75 milyar m3 setiap tahun. Bahkan, PJT II menyediakan air irigasi untuk sawah seluas 305.000 hektar dengan 240.000 hektar sawah yang mendapatkan air dari Bendungan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto dan 56.000 hektar sawah yang mendapatkan air dari sumber setempat.

Direktur I Perum Jasa Tirta (PJT II ) Sumyana Sukandar mengatakan, sebagai BUMN PJT II mendapatkan amanah dari pemerintah untuk mengelola penyediaan air baku dan listrik ini untuk masyarakat. Untuk air di wilayah Jabar diberikan secara gratis, sementara di PAM DKI dijual dengan tarif rendah.

“Sementara untuk listrik yang dihasilkan dari turbin, sepenuhnya dijual kepada PLN. Semua diberikan untuk kemakmuran masyarakat,”ujar Pria lulusan Fakultas Ekonomi Unpas Bandung ini kepada media di Purwakarta Selasa (7/3/2017).

Perum Jasa Tirta II berdiri tahun 1967 seiring dengan pembangunan bendungan jatiluhur di bangun tahun 1957 selesai di bangun tahun 1967 tanggal 26 Agustus yang meliputi Bendungan Utama dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Comments

Komentar Disini