Polda Jabar Pecahkan Rekor Muri Mainkan Karinding dan Airbrush

0
84

Destinasi Bandung-Polda Jabar Pecahkan Rekor Muri Mainkan Karinding dan Airbrush. Polda Jabar diganjar rekor MURI karena mainkan alat musik tradisional Karinding secara bersamaaan oleh sekitar 1490 peserta dihalaman Polda Jawa Barat jalan Sukarno Hatta kota Bandung Sabtu (23/3/2019).

Para peserta yang memakai baju putih ini terlihat antusias dan semangat memainkan karinding meskipun di tengah terik matahari.

Menurut Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol. M. Aries, tujuan utama digelarnya Karinding adalah melestarikan seni budaya Jawa Barat, jarang sekali kaum muda atau milenial, mengenal musik Karinding.

“Padahal itulah musik tradisional dari nenek moyang kita dulu. Makanya kita berupaya dengan adanya pemecahan rekor MURI, alat ini akan tenar kembali, akan menjadi sesuatu yang dibicarakan oleh kaum milenial,”katanya.

Lebih lanjut Aris mengatakan, dengan viralnya kembali musik Karinding, kaum milenial menjadi penasaran dan ingin mencoba memainkannya.

“Kita tidak hanya semata-mata memecahkan rekor Karinding, tetapi ada tujuan lain. Kalau angklung kan sudah sering dilaksanakan. Bahkan sampai puluhan ribu. Maka Karinding ini yang belum, makanya kita sama komunitas Karinding se Jawa Barat, kumpulkan kita buat rekor MURI,”ungkapnya.

Sementara itu perwakikan dari MURI, Triyono mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap Polda Jawa Barat, karena dengan pemecahan rekor MURI ini selain pecahkan rekor nasional juga turut pecahkan rekor dunia.

“Karinding ini merupakan khasanah budaya Jawa Barat yang mulai dilupakan, khususnya oleh kaum milenial. MURI sangat mengapresiasi sekali dengan dilakukannya rampak Karinding,”katanya.

“Dengan adanya pemecahan rekor ini, kami ingin warga Jawa Barat khususnya bangga akan budaya mereka sendiri dan akhirnya mereka berpegang pada budaya mereka. Jadi daya tarik juga, bagi pariwisata, ekonomi,”ujarnya.

Selain pemecahan rekor rampak Karinding, MURI juga mencatat rekor airbrush kendaraan terbanyak yang terdiri dari kendaraan roda maupun roda empat, bahkan salah satu kendaraan taktis (Rantis) milik PT. Pindad pun dihias dengan lukisan airbrush.

Comments

Komentar Disini