Prodia Selenggarakan Kegiatan Edukasi Kesehatan di Bandung

0
46

Destinasi Bandung- Prodia Selenggarakan Kegiatan Edukasi Kesehatan di Bandung . Menjaga kesehatan agar tetap prima menjadi salah satu hal yang perlu menjadi perhatian khusus. Namun, di tengah gaya hidup yang serba instan, kesadaran masyarakat untuk menyadari pentingnya kesehatan prima masih terbilang minim. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kondisi kesehatan sejak dini Prodia menyelenggarakan kegiatan edukasi kesehatan melalui seminar nasional bagi para awam dan para dokter, serta kegiatan Prodia Healthy Fun Festival (HFF) bagi kaum muda.

Kegiatan Seminar Nasional dan Prodia Healthy Fun Festival ini menjadi kegiatan rutin tahunan Prodia yang juga diselenggarakan di beberapa kota di ‘lndonesia, khususnya kota Bandung. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar menyadari pentingnya menjaga kesehatan sejak dini, dengan mulai melakukan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sebagai langkah preventif terhadap munculnya risiko penyakit.

Rangkaian kegiatan edukasi kesehatan ini berlangsung di Cihampelas, Bandung pada 28-29 April 2018. Adapun kegiatan edukasi yang dilakukan adalah seminar nasional bagi para awam dengan tema Keep Strong Stay Healthy-Kanker Serviks pada 28 April 2018 mulai pukul 07.30-13.00 di Grandia Hotel, Bandung. Seminar nasional awam ini menghadirkan Dr. dr. Yudi M. Hidayat, Sp.OG (K) selaku dokter spesialis obgyn yang nantinya akan memaparkan seputar patofisiologi kanker serviks, faktor risiko, pencegahan dan diagnosis dari kanker serviks; serta Regional Product Executive Prodia Riska Widyasari, S.Si. yang akan memaparkan seputar pemeriksaan-pemeriksaan lab penunjang diagnosis kanker serviks.

dr. Yudi mengatakan bahwa banyaknya angka kejadian kanker serviks membuat para wanita sangat perlu berhati-hati dengan menjaga pola hidup sehat. ”Saat ini kanker serviks menjadi pembunuh nomor 1 perempuan di Indonesia. Sudah banyak sekali kejadian kanker serviks yang seharusnya menjadi ”warning” sendiri bagi para wanita. Tapi justru terkadang kita mengabaikan, tidak aware sejak awal sehingga ketika sudah muncul penyakit, baru mulai berobat. Ada baiknya jangan tunggu sampai dia bergejala baru mulai melakukan pengobatan.”

Regional Product Executive Riska Widyasari menyatakan Prodia mendukung para wanita untuk melakukan tindakan preventif pencegahan kanker serviks dengan menghadirkan produk dan layanan khusus. ”Untuk melindungi para wanita dari kemungkinan kanker serviks, Prodia telah menyediakan pemeriksaan sebagal langkah preventif, seperti pemeriksaan Pap Smear dan HPV DNA. ” imbuhnya.

Pada hari yang sama Prodia juga menggelar acara Prodia Healthy Fun Festival (HFF) yang berlangsung di Ciwalk mulai Pkl. 14.00-22.00. Dalam acara HFF ini Prodia menyalikan acara zumba glow part bersama Zes Olivia. Selain itu akan ada rangkaian acara yang dapat diikuti oleh para peserta seperti fun workout, art workshop, sport performance, entertainment performance, beauty zone, dan food & beverages bazaar. Para peserta juga berkesempatan untuk meraih doorprize menarik. Tidak hanya itu, para peserta dan juga penonton yang hadir akan dihibur oleh penampilan Kunto Aji.

Regional Head IV Prodia Dr. Mona Yolanda mengatakan bahwa edukasi kesehatan masih terus dilakukan kepada para anak muda Bandung agar mereka mulai menyadari penting hidup sehat sejak dini. “Bandung telah dua kali menjadi kota penyelenggaraan Prodia Healthy Fun Festival. Anak muda di Bandung memang dapat dikatakan cukup banyak clan kreatif. Banyak juga kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan para anak muda Bandung. Dengan kehadiran Prodia HFF di Bandung ini, kami ingin mendukung kegiatan kreatif para anak muda tersebut dalam bentuk edukasi kesehatan. Kami berharap melalui HFF kesadaran anak muda untuk menjaga kesehatan lebih meningkat lagi, khususnya bagi anak muda Bandung. Hal ini baik bagi mereka agar bisa terhindar dari risiko penyakit yang dapat membahayakan mereka kelak.” tuturnya.

Pada 29 April 2018, Prodia akan menyelenggarakan seminar nasional bagi para dokter umum (General Practitioners) yang ada di kota Bandung. Acara seminar mengangkat tema Good Doctor for Better Autoimmune Treatments dan akan berlangsung di Grandia Hotel, Bandung pada pukul 08.00-13.30 WIB. Hadir sebagai pembicara dr. Nanang Sukmana, SpPD-KAI dan dr. Rachmat, G., Sp.PD-KR yang akan memaparkan patofisiologi, jenis-jenis autoimun, faktor risiko, diagnosis pencegahan dan pengelolaan (termasuk nutrisi); serta Product Specialist Prodia Gianni Yosephine, S.Si. yang akan memaparkan seputar peran biomarker dalam penegakan diagnosis autoimun serta pemeriksaan pendukung.

dr. Nanang mengatakan, penting bagi kita untuk meng-update informasi terkait penyakit autoimun kepada rekan-rekan dokter, agar para dokter dapat melakukan tindakan medis yang tepat bagi pasien. ”Penelitian terkait penyakit autoimun memang jarang, karena jenis penyakit autoimun sendiri ada 80 jenis. Oleh karena itu sangat penting bagi para dokter untuk mendapatkan update informasi, agar para dokter dapat melakukan tindakan medis yang tepat bagi pasien. Autoimun memang paling banyak terjadi karena genetik, tetapi saat ini telah ada penelitian yang menyatakan bahwa defisiensi atau kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh dapat menjadi salah satu faktor risiko seseorang mengalami penyakit autoimun. Karena setelah diteliti ke mereka yang mengalami penyakit autoimun ditemukan nilai kadar vitamin D-nya sangat kecil. Kita juga perlu berhati-hati dengan ini dan para dokter perlu tahu” jelasnya.

Marketing Communications Manager Prodia Reskia Dwi Lestari berharap melalui rangkaian kegiatan edukasi kesehatan yang dilakukan Prodia dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kondisi kesehatan dan mulai melakukan tindakan preventif sejak dini. ”Kegiatan ini telah kami lakukan sejak lama. Seperti seminar awam telah kami mulai sejak 2006, seminar dokter sejak 2010, dan Prodia Healthy Fun Festival sudah sejak 2010. Semoga melalui kegiatan edukasi yang Prodia selenggarakan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kondisl kesehatan yang prima. Kami juga berharap masyarakat mulai melakukan pola hidup sehat yang dilengkapi dengan pemeriksan kesehatan secara rutin, sebagai langkah preventif terhadap risiko penyakit yang buruk.” tuturnya.

Prodia menjadi salah satu Iaboratorium klinik yang rutin melakukan edukasi kepada masyarakat agar sejak dini melakukan tindakan preventif terhadap risiko penyakit. Seminar nasional awam yang digelar Prodia pada tahun 2018 ini diselenggarakan di 22 kota di Indonesia dengan tema kanker serviks dan autoimun. Di mana seminar kanker serviks digelar di 14 kota sedangkan seminar autoimun digelar di 8 kota. Sedangkan untuk seminar nasional bagi para dokter akan berlangsung di 18 kota di Indonesia.

Acara Prodia Healthy Fun Festival (HFF) 2018 sendiri beriangsung di iima kota, yaitu Yogyakarta, Medan, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Bandung menjadi kota ke-4 terselenggaranya Prodia HFF, kota ke-7 penyelenggaraan seminar nasional awam kanker serviks, dan kota ke-G penyelenggaraan seminar nasional dokter autoimun.

Comments

Komentar Disini