Punya HP ASUS? Hunting Bareng Yuk dengan Zenfonegraphy Indonesia

0
184
Zenfonegraphy Indonesia

Destinasi Bandung- Punya HP ASUS? Hunting Bareng Yuk dengan Zenfonegraphy Indonesia. Berbicara tentang fotografi, saat ini telah banyak komunitas yang menghimpun para pecinta fotografi. Tidak hanya fotografi dengan kamera DSLR, pocket atau mirrorless, komunitas fotografi dengan smartphone pun terus bermunculan. Zenfonegraphy Indonesia merupakan salah satu dari komunitas smartphone fotografi yang cukup tersohor.

Zenfonegraphy Indonesia

Zenfonegraphy Indonesia mewadahi para pecinta fotografi dengan pengguna Asus, smartphone yang mendukung para penggunanya dalam bidang fotografi. Zenfonegraphy sendiri mulai berdiri tanggal 13 Oktober 2014. Awalnya Teddy Gunawan, sang pendiri Zenfonegraphy mendirikan komunitas ini di kota Bandung, yang diberi nama Zenfonegraphy Jawa Barat. Awal mula berdiri komunitas ini menghimpun kurang lebih 20 anggota.

Zenfonegraphy Indonesia

Dengan keinginan kuat untuk bersama-sama belajar fotografi menggunakan smartphone Asus Zenfone, pria asal Bandung ini membuat grup komunitas di Facebook. Pada tanggal 26 Oktober 2016 yang bertempat di Balai Kota Bandung, Teddy beserta beberapa anggota lainnya berkumpul dan mulai membentuk grup untuk berkomunikasi melalui jejaring sosial BBM.

Zenfonegraphy Indonesia

Tidak hanya mencakup Jawa Barat saja, seiring berjalannya waktu Zenfonegraphy Jawa Barat berganti nama menjadi Zenfonegraphy Indonesia. Dengan jumlah anggota yang semakin banyak dari berbagai kota di Indonesia. Mencakup Jabodetabek, Lampung, Medan, Aceh, Lombok, Jogja, Padang dan berbagai kota lainnya.

Zenfonegraphy Indonesia

Sejak pertama kali berdiri, komunitas ini sering berkumpul dan melaksanakan gathering setiap 2 minggu satu kali yang bertempat di Balai Kota Bandung. Komunitas ini juga pernah mengadakan penggalangan dana untuk korban longsor di pangalengan dengan cara berkeliling dan hunting foto sepanjang jalan di Bandung.

Zenfonegraphy Indonesia

Kini member Zenfonegraphy Indonesia mencapai 20.000 orang, yang terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan swasta maupun wiraswasta. Berbagai kegiatan yang sering dilaksanakan yaitu sharing mengenai fotografi dan kendala ataupun pengaturan yang harus digunakan untuk menghasilkan foto terbaik dengan Asus Zenfone, member bebas upload foto dengan berbagai tema, yang tentu sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Dan apresiasi untuk foto terbaik, yaitu Photo Of The Day (POTD).

Zenfonegraphy Indonesia

Karena jumlah anggota yang semakin hari bertambah, Zenfonegraphy Indonesia mulai membuat komunitas regional, tepatnya pada tanggal 19 Februari 2015, Zenfonegraphy Lampung mulai diresmikan. Ide ini bermula dari Apri Setiawan alias obenk, pemuda asal Sukadana, Lampung Timur. Sampai saat ini Zenfonegraphy Lampung telah memiliki kurang lebih 25 anggota. Mulai dari Lampung Tengah, Metro, Lampung.

Zenfonegraphy Indonesia

Seiring berkembangnya jejaring media sosial, Zenfonegraphy Indonesia mulai membentuk grup Line dan Instagram. Sharing dan komunikasi antar member yang sebelumnya tidak saling mengenal dari berbagai penjuru Indonesia, saling bersilaturahmi secara kekeluargaan.

Zenfonegraphy Indonesia

Adapun kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah upload bareng (UPBAR) di instagram setiap hari minggu dengan berbagai tema, dari landscape, toysphotography, food, potrait, human interest, macro dan beragam tema lainnya. Edit Bareng (EDBAR) yang dilaksanakan setiap hari senin, dengan foto yang berasal dari member Zenfonegraphy itu sendiri. Hari Rabu, sharing pengalaman fotografi dari beberapa member yang telah dijadwalkan waktunya oleh admin. Adapun tutorial mengenai fotografi yang dilaksanakan setiap hari Jumat di grup Line dan hari sabtu di grup instagram. Selain itu ada kegiatan di luar jadwal yaitu cucumber (curhat-curhatan member) dan bedah foto (evaluasi foto member).

Zenfonegraphy Indonesia

Selain itu, Zenfonegraphy Indonesia pun melaksanakan kegiatan workshop dan miniwalk dengan mengundang narasumber. Beberapa hari yang lalu, bahkan komunitas ini melaksanakan workshop foodphotography dengan narasumber terpilih yang mahir di bidang food ini.
Dengan bertambahnya member dari berbagai kota, Zenfonegraphy Indonesia membuka kembali Zenfonegraphy regional Aceh, regional Medan dan Jabodetabek. Zenfonegraphy Indonesia yang kini diketuai oleh Tian Abdul Hanip (ketua periode ketiga) dan wakil ketua Rieski Ferdian Putra, yang memiliki tujuan untuk belajar bersama tentang fotografi dengan memanfaatkan smartphone Asus Zenfone yang mendukung penggunanya dalam bidang fotografi.

Sebagai ketua periode ketiga, Tian berharap agar Zenfonegraphy Indonesia ini sukses dan lebih dikenal banyak orang lagi, terutama pengguna Asus Zenfone. “Saya berharap di ulangtahun Zenfonegraphy Indonesia yang ke-3 ini, apa yang telah direncanakan dapat tercapai dan ingin mengadakan gathering nasional”, ujar pria kelahiran 30 November 1994 asal Garut ini.

Untuk kalian yang ingin bergabung dengan komunitas ini, langsung aja join grup facebook Asus Zenfone Fotografi Indonesia | Zen-UI. Adapun akun instagramnya, yaitu Zenfonegraphy Indonesia, dan untuk join grup line kalian bisa DM langsung ke akun instagram tersebut. Syarat menjadi member salah satunya tentu saja pengguna Asus Zenfone dan tertarik di bidang fotografi.

Comments

Komentar Disini