Riang Gembira the Project, Melihat Tren dari Sehelai Kerudung

0
40

DESTINASI BANDUNG-Riang Gembira the Project, Melihat Tren dari Sehelai Kerudung. Selalu saja ada hal baru dan menarik dari Kota Bandung. Di dunia fashion muslim misalnya, terus bermunculan pelaku-pelaku usaha baru yang berkreasi dalam industri hijab.

Meskipun industri ini sudah lama bermula dan bahkan terus memuncak, peminatnya terus bermunculan karena pangsa pasar yang tak terbatas.

Seperti yang dilakukan oleh Riang Gembira the Project, brand hijab baru yang menyasar anak-anak. Tak ingin hanya membuat dan memasarkan produk hijab, brand ini membuat sesuatu yang berbeda.

Mereka memotret tren untuk kemudian diabadikan di atas hijab yang bisa juga dikenakan sebagai scarf.

Seperti yang terlihat dalam desain “Bike”. Brand ini membuat dua desain dalam satu helai kerudung, namun keduanya bertemakan sepeda. Ya, beberapa waktu terakhir, aktivitas bersepeda di luar rumah memang kembali digandrungi masyarakat. Selain membantu tubuh aktif bergerak, aktivitas ini juga menjadi “rekreasi” yang relatif aman di tengah pandemi.

Desain 2 in 1 juga tampak pada sebagian besar kerudung buatan brand yang diperkenalkan pada Juni 2020 ini. Founder Riang Gembira the Project, Endah Asih, mengatakan bahwa pemilihan desain 2 in 1 itu didasari oleh alasan efektivitas.

“Kalau membeli kerudung lalu bisa dikenakan bolak-balik, pasti lebih menyenangkan. Seperti membeli satu, tapi mendapatkan dua. Kerudung dengan desain 2 in 1 juga bisa lebih mudah dipadupadankan, dan bisa dikenakan dalam kesempatan yang berbeda,” ucap Endah, ketika ditemui di Bandung pada Senin, 21 September 2020.

Selain desain “Bike”, desain 2 in 1 juga tampak pada koleksi “Unicorn X Ice Cream”, “Unicorn Rainbow X Unicorn Castle”, “Sea X Space”, dan “Theme Park X Candyland”. Semuanya bercerita mengenai dunia anak-anak.

Keunikannya terletak pada desain ekslusif yang presisi. Sehingga, terlihat pas ketika dikenakan anak-anak. Anak-anak juga leluasa menambahkan custom nama di ujung kerudung, sehingga terkesan lebih ekslusif.

Tak hanya itu, brand ini juga menyediakan pilihan untuk menjadikan kerudungnya sebagai hijab instan, sehingga nyaman dikenakan anak-anak seharian. Jahitan pada leher dibuat sedemikian dinamis, sehingga memungkinkan untuk dilepas tanpa menimbulkan kerusakan ketika anak-anak sudah berusia lebih besar.

“Biasanya, alasan anak-anak tidak betah mengenakan hijab adalah karena takut tertusuk jarum, atau material bahan yang membuat gerah. Kami menghindari keduanya,” ucap Endah.

Semua desain diprint di atas material Voal Ultrafine yang lembut, adem, dan menyerap keringat, sehingga nyaman dikenakan anak-anak beraktifitas seharian di luar rumah. Selain itu, bahan ini memungkinkan posisinya untuk tegak di dahi, tidak mudah lecek, dan tidak kedap di telinga.

Dari segi harga, brand ini juga menawarkan harga menarik jika dibandingkan dengan kerudung premium lainnya. “Bisa dibilang murah untuk ukuran hijab premium, tapi dengan kualitas yang tak murahan,” ujarnya.

Pangsa Pasar Meluas
Meskipun awalnya ditujukan untuk pasar anak-anak, banyak pula kalangan dewasa yang tertarik membeli. Disebutkan Endah, biasanya hal itu dilakukan karena orang dewasa ingin mengenakan kerudung yang sama dengan anak, atau keponakan yang juga membeli kerudung dengan desain yang sama dari Riang Gembira the Project.

“Tapi tidak selalu begitu, sih. Banyak juga yang membeli karena suka sama desainnya, enggak harus matching atau couple-an sama anak-anaknya,” tuturnya.
Beberapa desain yang juga disukai oleh kalangan dewasa, misalnya “Flamingo” dan “Jungle”. Meski bisa dikenakan kalangan dewasa, namun ciri khas riang dan gembira pada desainnya tetap muncul pada seri tersebut.

Yang paling anyar, brand ini mengeluarkan koleksi “KPOP” untuk mengabadikan tren budaya populer yang saat ini sedang melanda masyarakat dunia. Tak hanya 2 in 1, desain ini memungkinkan untuk dikenakan di empat sisi yang berbeda. Setiap sisi menggambarkan empat band KPOP yang saat ini sedang digandrungi anak muda, yakni BTS, Blackpink, EXO, dan Itzy.

“Kita ambil sisi positifnya saja, bahwa dengan desain ini, bisa mengajak anak-anak berusia belia untuk belajar mengenakan hijab dan mengenakannya saat beraktivitas di luar rumah,” tutur Endah.

Tak hanya difungsikan sebagai kerudung, produk Riang Gembira the Project juga banyak dikenakan sebagai scarf yang memberi aksen pada leher. Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan usia pemesan, antara 80×80 cm hingga untuk dewasa, yaitu 115×115 cm.

Lalu, desain apa lagi yang akan dikeluarkan Riang Gembira the Project?
“Saat ini lagi mempersiapkan desain tentang tanaman, karena sekarang kan orang juga semakin menyukai berkebun dan segala hal mengenai tanaman. Mungkin karena pandemi, jadi orang banyak di rumah dan mencari cara agar betah dan semakin menyenangkan di rumah. Salah satu caranya adalah dengan merawat tanaman,” katanya. ***

Comments

Komentar Disini